IndeksP O R T A LCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Belajar Bahasa Arab, Yuk?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Reid
Villain
Villain


Contribute : 125
Jumlah posting : 2887
Lokasi : di balik kata-kata

PostSubyek: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sat 17 Dec 2011 - 13:58

siapa bilang bahasa Arab nggak keren?
bahasa Arab itu bahasa dunia lo? sama kayak bahasa inggris, perancis, korea, cina, jepang, de el el..

apa pentingnya belajar bahasa Arab?
hm, kata Abu Bakar, bahasa Arab itu bagian dari agama Islam..
bahkan, sebagian ulama bilang belajar bahasa Arab itu wajib! buset dah..
apa alasan mereka?
usut punya usut, mereka bilang kalo belajar agama itu wajib dan tanpa bahasa Arab, belajar agama nggak akan sempurna, so, berdasarkan sebuah kaidah, sesuatu yg wajib nggak sempurna kecuali dengannya maka hukumnya wajib, ribet iah? okeh, lupakan..

terus, apa manfaatnya belajar bahasa Arab?
ternyata, eh, ternyata, belajar bahasa Arab itu bs dpt pahala lo,
loh? kok gitu? karena belajar bahasa Arab itu sama kayak belajar agama, yaitu ibadah..
hm, terus? belajar bahasa Arab buat kita lbh khusyu' dlm sholat, krn bs tahu artinya..
lbh bs menghayati Al-Qur'an ketika ngebacanya dan paham makna doa2..
keren, bukan?

so, belajar bahasa Arab, yuk?
__________

AD-DARSU AL-AWWAL
(Pelajaran Pertama)

HADZA = INI
ini otomatis untuk dekat

misal:
hadza baitun = ini rumah
hadza babun = ini pintu
hadza kitabun = ini buku
hadza qolamun = ini pena
hadza maktabun = ini meja
__________

MA = APA
HAL atau A = APAKAH
NA'AM = IA
LAA = TIDAK

misal:
ma hadza? = apa ini?
hadza baitun = ini rumah
a hadza baitun? = apakah ini rumah?
na'am, hadza baitun = ia, ini rumah
a hadza masjidun? = apakah ini masjid?
laa, hadza baitun - tidak, ini rumah
___________

latihan = tamrin
Spoiler:
 
__________

semoga bermanfaat good
untuk CP, mau ngasih atau nggak itu terserah kalian minum teh
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sherlock
Plain Clothe Man
Plain Clothe Man


Age : 21
Contribute : 64
Jumlah posting : 2436
Lokasi : SMA Modal Bangsa, Aceh

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sat 17 Dec 2011 - 15:50

share vocab2 bhasa arab dong kagum
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Reid
Villain
Villain


Contribute : 125
Jumlah posting : 2887
Lokasi : di balik kata-kata

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sat 17 Dec 2011 - 16:03

okeh, sedikit demi sedikit dulu aja iah kak sherly good
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
UltimateQuantum
Newbie
Newbie


Age : 21
Contribute : 0
Jumlah posting : 26
Lokasi : Depan monitor

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sat 17 Dec 2011 - 20:24

Seperti pelajaran di waktu di TPA dulu..
ngarep

Haadzaa digunakan untuk muzakkar, sementara untuk muannats gunakan "haadzihi"..
Untuk jarak jauh, (kata "itu"), gunakan "Dzaalika" untuk muzakkar dan "tilka" untuk muannats.. minum teh


siul Share ilmu saya yang sedikit ini, setidaknya bisa membantu dikit lah..
Maklum, saya masih pelajar di sebuah Madrasah Aliyah Negeri (kebetulan juga lulusan Madrasah Tsanawiyah Negeri).. ngakak
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://dandyfurqani.blogspot.com/
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sat 17 Dec 2011 - 20:34

aku bingung...! puyeng....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sherlock
Plain Clothe Man
Plain Clothe Man


Age : 21
Contribute : 64
Jumlah posting : 2436
Lokasi : SMA Modal Bangsa, Aceh

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sat 17 Dec 2011 - 20:51

UltimateQuantum wrote:
Seperti pelajaran di waktu di TPA dulu..
ngarep

Haadzaa digunakan untuk muzakkar, sementara untuk muannats gunakan "haadzihi"..
Untuk jarak jauh, (kata "itu"), gunakan "Dzaalika" untuk muzakkar dan "tilka" untuk muannats.. minum teh


siul Share ilmu saya yang sedikit ini, setidaknya bisa membantu dikit lah..
Maklum, saya masih pelajar di sebuah Madrasah Aliyah Negeri (kebetulan juga lulusan Madrasah Tsanawiyah Negeri).. ngakak

mkasih ya... eh ini fb'a dandy furqani ya ? hihihi...

sbelumnya intro dlu ya disini http://netdetective.forumotion.net/f1-member-introduction good
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Reid
Villain
Villain


Contribute : 125
Jumlah posting : 2887
Lokasi : di balik kata-kata

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sat 17 Dec 2011 - 21:26

@ultimate: good

@koryu: ulangi lagi dengan baik semangat

@kak sherly: siul
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
R6
NDI Modz
NDI Modz


Contribute : 54
Jumlah posting : 3817
Lokasi : Indonesia

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sun 18 Dec 2011 - 20:41

UltimateQuantum wrote:

Haadzaa digunakan untuk muzakkar, sementara untuk muannats gunakan "haadzihi"..
Untuk jarak jauh, (kata "itu"), gunakan "Dzaalika" untuk muzakkar dan "tilka" untuk muannats.. minum teh


apa itu "muzakkar" dan "muannats"?? bengong

_________________
Cool Cool Cool
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://irvansuryo.blogspot.com
Reid
Villain
Villain


Contribute : 125
Jumlah posting : 2887
Lokasi : di balik kata-kata

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Sun 18 Dec 2011 - 22:45

mudzakkar itu laki-laki..

sedangkan muannats itu perempuan..

jadi, dalam bahasa arab, setiap kata itu ada gendernya good

kalo dalam bahasa indonesia dan inggris kan benda mati nggak ada gendernya, bahasa arab ada.. minum teh
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sherlock
Plain Clothe Man
Plain Clothe Man


Age : 21
Contribute : 64
Jumlah posting : 2436
Lokasi : SMA Modal Bangsa, Aceh

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Mon 19 Dec 2011 - 2:21

suster ngesot bahasa arabnya apa ya ? bengong

tabibah ngesot ? Heh
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
UltimateQuantum
Newbie
Newbie


Age : 21
Contribute : 0
Jumlah posting : 26
Lokasi : Depan monitor

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Mon 19 Dec 2011 - 23:29

Kalo suster saya taunya syaqiiqoh.. (Thobiibah ==> dokter perempuan)

Kalo ngesot saya nggak tau apa lughotul 'arabiyahnya,
mumeet...


Sekedar share, selain gender, dalam bahasa Arab kalimat yang mengandung kata kerja juga dipengaruhi oleh waktu (yah, mirip dengan bahasa Inggris lah)..

Sewaktu di MTsN, berdasarkan apa yang telah saya pelajari, terdapat 3 jenis fi'il dalam bahasa Arab: Fi'il Madhi (untuk masa yang telah berlalu (lampau), Fi'il Mudhoori' (masa yang akan datang dan sekarang), dan Fi'il Amar (perintah)..

Contoh:
Fi'il Madhi: Katabath Thaalibul kitaabul fiqh fil maktabah (Siswa itu telah membaca buku Fiqih di perpustakaan)..
Fi'il Mudhoori': Aththaalib yaktubul kitaabul fiqh fil maktabah (Siswa itu membaca buku fiqih di perpustakaan)..
Fi'il Amar: Ijlis (duduklah)

Bentuk fi'il sendiri dipengaruhi oleh pelaku, seperti dhomir huwa (dia - laki2), hiya (dia - perempuan), huma (dua orang laki2 atau dua orang perempuan), hum (mereka - lebih dari 2 orang laki2), hunna (mereka - lebih dari 2 orang perempuan), anta (kamu - laki2), anti (kamu - perempuan), dan terus sampai ana (saya)..

Dhomir2 yang saya contohkan di atas tersebut ada 14 (saya ringkas):
Huwa, huma, hum (dia lk)
Hiya, huma hunna (dia pr)
Anta, antuma, antum (kamu lk)
Anti, antuma, antunna (kamu pr)
Ana (saya)
Nahnu (kami)

nb: dhomir yang dibaca dari kiri ke kanan (kecuali nahnu dan ana): tunggal, 2 orang, lebih dari 2..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://dandyfurqani.blogspot.com/
se7en
Case Maker
Case Maker


Age : 22
Contribute : 34
Jumlah posting : 1463
Lokasi : Purwokerto

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Wed 21 Dec 2011 - 10:47

hehe kaifa khalukum?
ana bikhoirin walhamdulillah,hehehehee...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ryuzakifaiz.blogspot.com/
VJ
Advanced
Advanced


Age : 22
Contribute : 41
Jumlah posting : 655
Lokasi : Accelarated World

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Thu 12 Jan 2012 - 9:56

min aina ji'ta....?
ana min jogjakarta..... hehehehee...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
se7en
Case Maker
Case Maker


Age : 22
Contribute : 34
Jumlah posting : 1463
Lokasi : Purwokerto

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Thu 12 Jan 2012 - 11:29

ana min purwokerto, wa lakin al an fi magelang
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ryuzakifaiz.blogspot.com/
VJ
Advanced
Advanced


Age : 22
Contribute : 41
Jumlah posting : 655
Lokasi : Accelarated World

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Thu 12 Jan 2012 - 11:41

fi ma'had...? hehehehee...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
se7en
Case Maker
Case Maker


Age : 22
Contribute : 34
Jumlah posting : 1463
Lokasi : Purwokerto

PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Mon 16 Jan 2012 - 5:59

vanjoglo wrote:
fi ma'had...? hehehehee...

Na'am wa anta?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ryuzakifaiz.blogspot.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: Belajar Bahasa Arab, Yuk?   Today at 6:48

Kembali Ke Atas Go down
 

Belajar Bahasa Arab, Yuk?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Net Detective Indonesia :: Warung Net Detective Indonesia :: Re-Post and Re-Discuss!-