IndeksP O R T A LCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Fri 22 Jul 2011 - 9:38

dari judulnya aja kita udah bertanya tanya..
Sebenernya bahasa indonesia itu gampang apa susah sih..? bengong
Ada yang berpendapat kalau bahasa Indonesia bahasa termudah didunia.
Mungkin enggak juga. Karna orang asing kan ga lahir dan tinggal di Indonesia. Pastinya juga susah belajar bahasa selain bahasa kesehariannya.
Mungkin menurut orang jepang, bahasa jepang itu paling gampang. Ya iyalaah.. pastinya.. Dia kan lahir dan tinggal disitu. Demikian juga pendapat orang indonesia kalau bahasa indonesia itu paling gampang ya karna dia orang indonesia. Razz

Tapi ini ada beberapa fakta yang membakar semangat kita. Fakta yang bener2 buat kagum bangsa ini.
Saya boleh nemu dari website. Eh nemu yang beginian.. XD
Sebenernya nyari di gugel karna ada signatur orang yang buat saya penasaran.. ngakak

Ok langsung aja yaa.. XD

Tanpa kita sadari ternyata Bahasa Indonesia adalah Bahasa tersulit ke 3 di Asia gan. Seharusnya kita sangat bangga akan hal ini.
Lebih lagi, ternyata bahasa Indonesia dipelajari di 45 negara !!Gila kan gan ? Walaupun dari segi yang lain Indonesia masih belum bisa berkata banyak, ternyata bahasa kita sudah lebih diakui dunia

Banyaknya kebudayaan di Indonesia kerap kali membuat negeri-negeri lain iri dan ingin menelitinya, bahkan ada yang mengaku/mengklaim budaya itu miliknya (ga nyebut merek). Sebenarnya Indonesia bisa dibilang negara paling sempurna dari segi alam dan kebudayaannya. Semua ada di Indonesia, mulai dari ragam bahasa, budaya, kuliner, sumber daya alam, wisata, iklim, letak strategis, dll

Berikut ada beberapa fakta bahwa kita harus bangga menggunakan bahasa Indonesia:

-Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi pada rapat pleno Kongres IX Bahasa Indonesia,

“Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya,” katanya. Mengambil contoh Australia, Andri Hadi menjelaskan, di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia”.

-Lebih dari itu menurut KOMPAS, bahasa Indonesia merupakan bahasa kedua di Vietnam. Berikut kutipannya.

-”JAKARTA, KOMPAS.com–Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, kata seorang diplomat Indonesia.

-”Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,” kata Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta pada Jumat.

Perguruan tinggi disitu juga mengadakan lomba pidato dalam Bahasa Indonesia, lomba esei tentang Indonesia dan pameran kebudayaan. Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC dan Universitas Sosial dan Humaniora membuka studi Bahasa Indonesia.

-”Jumlah mahasiswa yang terdaftar sampai Nopember 2008 sebanyak 63 orang dan menurut universitas-universitas itu, minat untuk mempelajari Bahasa Indonesia cenderung meningkat,” kata Irdamis.

-Bahkan menurut Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia. dan tersulit ke 3 di Asia.

“Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,” ujar Ivan Lanin, penggiat jumlah bertambahnya jumlah, di Jakarta, Selasa.

-Menurut penelitian lembaga bahasa di dunia, dilihat dari segi gramatikal dan kompleksitivitasnya bahasa-bahasa yang dianggap sangat sulit di dunia adalah:

1. bahasa ibrani (bahasa kaum Yahudi)
2. bahasa yunani
3. bahasa latin
4. bahasa jepang
5. bahasa korea

Sedangkan bahasa Indonesia sendiri berada diperingkat 15 didunia gan

Ada kemungkinan bahasa Indonesia akan menjadi lebih dikenal dan digunakan di Asia , bahkan dunia. Semoga aja hal itu bisa terjadi, bayangin aja gan,jika Indonesia menjadi bahasa Asia, bahkan bahasa internasional, pasti banyak dampak positif yang bisa diraih dari situ .

sumber : banyak website yang naro beginian HAMMER HEAD

Keren banget kan ya gan.. kagum

Jadi makin cinta sama negara ini.. terharu

Maap kalo repost.. Maaf
Karna ini kan tempat buat repost ngakak

Makasih buat yang naro signature tentang ini.. Lupa nama ID nya apa.. Tepokjidat

Terima Kasih peaceee....


Terakhir diubah oleh Vicaksana tanggal Fri 22 Jul 2011 - 9:56, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Fri 22 Jul 2011 - 9:41

Pertamax ah.. hihihi...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Zx
Advanced
Advanced


Age : 19
Contribute : 10
Jumlah posting : 330
Lokasi : Anytime,Anywhere

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Fri 22 Jul 2011 - 14:02

I LOVE YOU INDONESIA!!!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dt.fisal
Case Solver
Case Solver


Contribute : 45
Jumlah posting : 2106
Lokasi : sea

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Fri 22 Jul 2011 - 16:56

kagum yah cinta banget kagum
angin tapi indonesianya gak bisa mengembangkannya jadi banyak pihak yang mengklaim milik negara kita deh HAMMER HEAD
kagum vic itu di dapat dari ampun_dj loh!! bengong yah deh kalau gak salah !! peaceee....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Fri 22 Jul 2011 - 19:13

Ya fisal.. kapan yaa bhs indonesia jadi bahasa internasional.. terharu
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Stranger
Villain
Villain


Age : 20
Contribute : 93
Jumlah posting : 5356
Lokasi : Bontang, Kalimantan Timur

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Sat 23 Jul 2011 - 15:04

bagi kita yang fasih berbahasa indonesia, bahasa indonesia itu jelas gampang XD

bagi orang asing, bahasa indonesia jelas susah karena bahasa indonesia itu banyak macemnya.

misalkan, bahasa inggrisnya aku = I ,me, my, dsb . sudah jelas bahwa itu bahasa inggrisnya .

tapi kalo bahasa indonesia:

aku = saya, aku, belum lagi ditambah dari bahasa daerah XD

jadi bahasa indonesia itu sulit buat orang asing Razz
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/stranianger
Kyuuki
Case Solver
Case Solver


Contribute : 39
Jumlah posting : 729

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Sun 24 Jul 2011 - 23:45

Dari hasil penelitian ttg Bahasa Indonesia pas semester satu dulu, pada dasarnya, Bahasa Indonesia tidaklah terlalu sulit. Kenapa?

1.
Dalam Bahasa Indonesia, banyak kata serapan dari bahasa asing, yang tentu memudahkan orang asing dalam melafalkannya/spelling (meski mungkin pelafalannya sedikit beda).
Bahasa asing yang paling banyak diserap ke dalam Bahasa Indonesia adalah Bahasa Belanda (Ada 3.280 kata. Link: http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kata_serapan_dari_bahasa_Belanda_dalam_bahasa_Indonesia ), Bahasa Inggris (Ada 1.610 kata. Link: http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kata_serapan_dari_bahasa_Inggris_dalam_bahasa_Indonesia ) dan Bahasa Arab (Ada 1.495 kata. Link: http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kata_serapan_dari_bahasa_Arab_dalam_bahasa_Indonesia ).
Selain ketiga bahasa asing tersebut, ada juga Bahasa Tionghoa/Mandarrin (290 kata), Portugis (131 kata), Parsi (63 kata), Tamil (83 kata) dan Hindi (7 kata).

2.
a. Bahasa Indonesia tidak mengenal tingkatan bahasa (tidak seperti Bahasa Sunda atau Bahasa Jawa). Misal, dalam Bahasa Indonesia, kata "makan" berlaku universal, bisa digunakan siapa saja. Bandingkan dengan Bahasa Sunda, yang mengenal beberapa tingkatan hanya untuk kata yang maksudnya "makan", yaitu:
- Tuang (halus, untuk orang lain yang lebih tua/dihormati).
- Emam (halus, untuk orang lain yang seumuran/sederajat/lebih muda).
- Neda (halus, untuk diri sendiri).
- Hakan (sangat kasar, untuk orang lain yang lebih muda/derajatnya lebih rendah).
- Dahar (kasar, untuk orang lain yang seumuran/sederajat/lebih muda).
- Nyatu (sangat kasar, untuk hewan).
- Lolodok (sangat kasar, untuk hewan).
- Nyapluk (sangat kasar, untuk orang lain yang seumuran/sederajat/lebih muda).
(perasaan harusnya ada sepuluh kata, tapi saya lupa dua lagi)

b. Bahasa Indonesia tidak mengenal pembedaan kata ganti sesuai gender atau sesuai objek/subjek (tidak seperti Bahasa Inggris). Misal:
Dalam Bahasa Inggris dikenal kata she (dia perempuan) dan he (dia laki-laki). Dalam Bahasa Indonesia? Hanya kata "dia" tanpa membedakan gender.
Dalam Bahasa Inggris juga dikenal kata I, me dan my (yang artinya sama: aku. Namun dipergunkan dalam objek yang berbeda). Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, katanya sama.

c. Bahasa Indonesia tidak mengenal pembagian kata sesuai waktu, gender, objek/subjek (tidak seperti Bahasa Arab). Misal:
Dalam Bahasa Arab, kata "fa'ala/kerja" bisa berubah menjadi setidaknya 12 kata lain yang maknanya berbeda, yaitu:
Fa'ala <-- Ini kata dasar, sedangkan kata2 di bawah adalah perubahannya
Yaf'alu
Fa'lan
(fahuwa) Faa'ilun
(wadzaaka) Maf'uulun
If'il
Laa Taf'il
Maf'alun
Maf'alun
Mif'alun
Fu'ila
Yuf'alu
Sekilas, kata-kata ini hampir mirip. Namun, maknanya jelas berbeda. Penggunaan kata yang tidak tepat membuat sebuah kalimat akan menjadi salah.
Apalagi, setelah kata "faal" tersebut terbagi menjadi 12, masing2 kata bisa berubah lagi menjadi sekitar 3-14 kata lain, yang lagi-lagi maknanya berbeda.
Ini contoh perubahan kata dasar "Yaf'alu" (yg merupakan hasil perubahan dari kata "Fa'ala):
Yaf'alu
Yaf'alaani
Yaf'aluuna
Taf'alu
Taf'alaani
Taf'ilna
Taf'ilu
Taf'ilaani
Taf'iluuna
Taf'iliina
Taf'ilaani
Taf'ilna
Af'iluu
Naf'iluu
Rumit? Tentu. Saya saja belajar Bahasa Arab selama enam tahun, hingga kini belum terlalu lancar HAMMER HEAD
Maka, bersyukurlah, Bahasa Indonesia tidak serumit ini.

d. Tiap kata yang diucapkan dalam Bahasa Indonesia solid. Tidak ada pelafalan yang berubah (tidak seperti dalam Bahasa Inggris atau Prancis). Misal:
Dalam Bahasa Inggris, kata "tomorrow" dibaca tumarow. Pertanyaannya, kenapa "o" pertama dibaca "u", dan "o" kedua dibaca "a", sedangkan "o" ketiga tetap dibaca "o"?
Bahasa Prancis pun sama saja, seperti kata "je' t aime" yang dibaca "jutaim".
(teman saya menjuluki kedua bahasa ini sebagai bahasa penipu, karena antara pelafalan huruf dengan pelafalan katanya suka berbeda hehehehee... )
Bahasa Indonesia tidak mengenal pelafalan yang berbeda tersebut. Bahasa Indonesia lebih mirip Bahasa Belanda yang pelafalannya solid. Seperti kata "sombong", tetap dilafalkan seperti itu, tidak diubah menjadi "sambong" atau semacamnya.

3.
Huruf yang digunakan adalah huruf yang umum dipakai oleh banyak negara di dunia, yaitu huruf latin. Jadi, orang asing yang ingin mempelajari Bahasa Indonesia tidak perlu pusing karena harus mempelajari hurufnya terlebih dahulu (bandingkan dengan bahasa Arab, Mandarin, Jepang, Korea, Rusia, dll).

Jika memang mudah, lalu kenapa ada anggapan jika Bahasa Indonesia sulit? Mungkin ini alasannya:
1.
Imbuhan. Ya, Bahasa Indonesia mengenal banyak imbuhan seperti ke-, di- me-, per- (dan berbagai variasinya). Pada dasarnya, konsep imbuhan ini mirip konsep perubahan kata dalam Bahasa Arab (namun tentu saja, tidak serumit itu).
Yang menyulitkan adalah, imbuhan apa yang harus dipakai dalam suatu kondisi? Bagi kita, orang Indonesia, hal ini tentu mudah (meski ada juga sih yang masih salah sweat.
Selain itu, masalah peleburan huruf dalam imbuhan, juga menjadi kendala lain. Untuk masalah ini, lebih baik buka aja notes saya di Facebook (males nulisnya): http://www.facebook.com/note.php?note_id=489744139898

2.
Kebanyakan, orang Indonesia tidak berbicara dengan bahasa baku (yang sesuai KBBI). Misal:
KBBI - Saya sedang mendengarkan lagu.
Nonbaku - Saya lagi denger lagu.
Betawi version - Gue lagi denger lagu.
Sunda version - Sayah teh lagi denger lagu. <-- what's the meaning "teh"? hehehehee...

BERSAMBUNG...
Lanjutin tar aja, lagi males nulis, ini juga udah kepanjangan. ngakak
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 25 Jul 2011 - 9:32

wah.. nais sare akang kyuu..
Spoiler:
 

Ya banyak banget kosakata bahasa indonesia yang diambil dari bahasa negara lain..
Ternyata paling banyak dari Belanda. Mungkin karna indonesia dijajah sangat lama itu makannya jadi banyak kata dari Belanda.. XD

Dan emang bener. Hampir semua orang indonesia ngomong bahasa yang gak baku. Gue,, Lo, nyokap, bokap, bonyok, nyit-nyit, dsb. Kayak bahasa saya ini ngakak

Gue gitu loh,, orang jakarta.. ngakak

Kata loh, sih, yuk, kok, dan kata sambung lainnya adalah kata yang sangat efektif dalam berkomunikasi. Namun gak ada di KBBI. Razz

Coba deh lebih enak mana dengernya.
1. X: Mengapa kemarin kamu tidak masuk sekolah?
Y: Saya kemarin tidak masuk sekolah karna saya sedang sakit.

2. X: Kok lu kemaren nggak masuk sekolah sih?
Y : Soalnya gue sakit.

Simpel yang mana menurut kalian..?

Memang penggunaan bahasa baku dan bahasa non baku ada tempatnya. Contohnya disini. Kita menggunakan bahasa yang setengah baku. Jarang saya ngedenger orang chat di CB pake bahasa, Gua, Gue, Lo, lu, dsb.

Menurut saya bahasa baku sangat menjaga kesopanan. Sangat penting untuk menjaga etika disini. Perkumpulan ini tentunya harus dijalankan dengan penuh etika. XD

Dan satu lagi,, Kenapa Indonesia malah ngambil banyak bahasa dari negara lain, padahal Indonesia memiliki beragam bahasa daerah.. Kenapa gak ngambil kata dari daerah aja yang terbukti kata itu dari indonesia..? Ooo

Saya jadi mikirin gitu.. Maaf
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 25 Jul 2011 - 9:45

Tambahan :

Kata "Teh" pada bahasa sunda.
Teh itu kayaknya sebuah kata semacam "to be" deh. "To be" yang bisa dipake buat semua subjek.

Kan kalo orang inggris misalnya ngomong gini: I am student
Orang sunda ngomong : Urang teh siswa

Inggris : They are driver
Sunda : Maranehna teh sopir

Kebayang gak maksud saya apa..? bengong
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
kimble
Case Maker
Case Maker


Age : 26
Contribute : 50
Jumlah posting : 1659
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 25 Jul 2011 - 11:08

sesungguhnya aq gak ngerti bahasa sunda cak HAMMER HEAD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 25 Jul 2011 - 11:21

Lah mble.. Kan ente punya kamus nya di free talk.. Heh

Sesungguhnya aku pun sama seperti kamu mble, tidak mengerti bahasa sunda. HAMMER HEAD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Kyuuki
Case Solver
Case Solver


Contribute : 39
Jumlah posting : 729

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 25 Jul 2011 - 18:55

Kalo soal kenapa Bahasa Indonesia banyak menyerap kata dari bahasa asing, mungkin alasannya:
- Untuk Bahasa Belanda, tentu karena kita lama banget dijajah oleh Belanda (catatan: Indonesia nggak dijajah selama 3,5 abad!). Jadi, tentu aja bahasanya pun ikut berpengaruh pada kita.
- Untuk Bahasa Arab, disadari atau pun tidak, negeri ini punya hubungan erat dengan orang-orang Arab. Baik dari sisi agama, sejarah, hingga ke politik. Jadi, itu pun berpengaruh pada bahasa yang kita gunakan.
- Sedangkan untuk bahasa Inggris, itu lebih disebabkan ledakan budaya pop yang muncul di negeri ini sejak tahun 60-an hingga sekarang. Orang Indonesia kan sering banget sok gaya2an pake Bahasa Inggris, sehingga tanpa disadari, itu jadi kebiasaan dan dianggap jadi bahasa sehari-hari kita. Khusus untuk masalah ini, kita patut berterimakasih pada Mantan Presiden Soeharto. Dialah yang memerintahkan agar kata serapan dalam bahasa asing diubah ke ejaan yang sesuai dengan bahasa negeri ini. Bayangkan jika kata "extreme" diserap mentah2 tanpa perubahan, betapa tidak enaknya dieja.

Nah, kalo soal kenapa ga nyerap dari bahasa daerah saja? Saya juga nggak terlalu ngerti sebabnya. Kata serapan dari bahasa daerah sebenarnya cukup banyak (terutama Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda), tapi emang sih, nggak sebanyak kata serapan dari bahasa asing.
Lucunya, hingga kini, banyak kata dalam bahasa daerah yang sering dianggap sudah menyatu dengan Bahasa Indonesia. Padahal, kata itu belum diserap dan belum masuk KBBI. Misal:
- Saya haturkan terima kasih
Kata "hatur" adalah kata dalam Bahasa Sunda. Ungkapan "haturkan terima kasih" sangat identik dengan kata "hatur nuhun" yang artinya sama. Yang jadi masalah, kata "hatur" ini belum diserap ke Bahasa Indonesia dan belum ada di KBBI. hehehehee...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 25 Jul 2011 - 19:12

Iya .. setuju.. kita kan udah dijajah selama 350 tahun sama belanda. Jadi banyak deh kata serapan dari belanda.
Dan inggris, Kita mengikuti zaman.
Dan Arab, Kita mayoritas musli. XD

Bagaimana dengan kata "teh" dalam bahasa sunda..? bengong
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Nadifufu
Case Maker
Case Maker


Age : 17
Contribute : 13
Jumlah posting : 689
Lokasi : Di zaman dahulu kala ~

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 22 Aug 2011 - 16:32

Bangga beud terharu
klo gt...
Hijrah aja k vietnam, abis tch ikt lomba esay b. Ind. D-jamin mng dch HAMMER HEAD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ampun_dj
Advanced
Advanced


Age : 19
Contribute : 12
Jumlah posting : 722
Lokasi : Jakarta

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 22 Aug 2011 - 17:58

wah.. ternyata saya nggak sia-sia jadiin signature... kagum

mungkin aja bahasa indonesia itu sulit mungkin karna ada huruf "R".
orang eropa itu sulit berbicara huruf "R".

orang australia saja menyebut "KIKIL" jadi "KEKIL" (pernah lihat di TV ONE")

kalau sudah bangga kenapa tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Tue 23 Aug 2011 - 9:23

Nadifufu wrote:
Bangga beud terharu
klo gt...
Hijrah aja k vietnam, abis tch ikt lomba esay b. Ind. D-jamin mng dch HAMMER HEAD


Jiah.. rofl

Kalo ke Vietnam gak usah susah2 belajar bahasanya.. kan dia juga brbahasa Indo.. ngakak

ampun_dj wrote:
wah.. ternyata saya nggak sia-sia jadiin signature... kagum

mungkin aja bahasa indonesia itu sulit mungkin karna ada huruf "R".
orang eropa itu sulit berbicara huruf "R".

orang australia saja menyebut "KIKIL" jadi "KEKIL" (pernah lihat di TV ONE")

kalau sudah bangga kenapa tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar?

Iya kebanyakan orang eropa sangat sulit mengucapkan huruf "R"

Nah itu dia yang saat ini memprihatinkan bagi bangsa kita. HAMMER HEAD

Ayo tingkatkan terus saldo kosakata bahasa Indonesia kita..!! pahlawan
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
adie_nash
Newbie
Newbie


Contribute : 0
Jumlah posting : 3

PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Mon 30 Jul 2012 - 17:51

Vicaksana wrote:
Tambahan :

Kata "Teh" pada bahasa sunda.
Teh itu kayaknya sebuah kata semacam "to be" deh. "To be" yang bisa dipake buat semua subjek.

Kan kalo orang inggris misalnya ngomong gini: I am student
Orang sunda ngomong : Urang teh siswa

Inggris : They are driver
Sunda : Maranehna teh sopir

Kebayang gak maksud saya apa..? bengong


Hmm ini nih urang Sunda asli (USA) dateng.. :trollface:
Meskipun orang Sunda tp tetep kurang paham sama struktur bhasanya. Tp kalo menurutku kata-kata kaya 'teh', 'mah', 'jih', 'aih', 'atuh', dst. dlm bhsa Sunda tuh pungsinya buat penekanan aja n sipatnya pleksibel. Kalo d Inggris, ada yg namanya EMPHASIS. Nah,. hampir mirip gituh lah kira2..

Oya tambahan, bhasa Sunda jg sulit dipahami cz (ternyata) orang dr daerah berbeda pake bhs Sundanya juga beda, baik dr segi aksen, tata bahasa, istilah2, beuhh banyak lg dah. Masih mendingan English US sama English Britain. Jd kadang kalo aku ngomong Sunda di daerah Sunda lain suka banyak yang nebak, "ti Ciamis nya kang?"

Sini ta kasih rumus wong Sunda deh agan2 semua:
V / F = P

Artinya: - Siapa bilang org Sunda ga bisa nyebut F?? Itu PITNAH!!! Siul-siul
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?   Today at 19:28

Kembali Ke Atas Go down
 

Bahasa Indonesia bahasa tersulit apa tergampang yaa...?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Net Detective Indonesia :: Warung Net Detective Indonesia :: Re-Post and Re-Discuss!-