IndeksP O R T A LCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Otak kiri & Otak kanan ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Saitou Shin
Advanced
Advanced


Age : 16
Contribute : 2
Jumlah posting : 242
Lokasi : Jakarta Pusat

PostSubyek: Otak kiri & Otak kanan ?   Tue 14 Jan 2014 - 14:38

Ada yg bisa bantu gmn cara buat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan..?? bengong
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sang newbie beraksi
Administrator
Administrator


Age : 13
Contribute : 167
Jumlah posting : 3326

PostSubyek: Re: Otak kiri & Otak kanan ?   Tue 14 Jan 2014 - 16:17

Ini gak tau bener gak tau nggak HAMMER HEAD
Cuma kan katanya otak kiri itu ngejalanin fungsi kanan, otak kanan itu ngejalanin fungsi kiri HAMMER HEAD

Kalau aku biasanya ya ngebiasain aja ngerjain sesuatu pake tangan kanan sama kiri gantian HAMMER HEAD
Kalau gambar dan lagi pengen, usahain pake dua tangan.
Paling itu aja.

_________________

"I am a poor lonesome cowboy." - Lucky Luke
Find me on : deviantart.com , ourartcorner.com and brainly.co.id
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Saitou Shin
Advanced
Advanced


Age : 16
Contribute : 2
Jumlah posting : 242
Lokasi : Jakarta Pusat

PostSubyek: Re: Otak kiri & Otak kanan ?   Tue 14 Jan 2014 - 20:08

Cara itu efektif ya?? Apa bedanya sama senam otak bengong
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
nekochan
Advanced
Advanced


Age : 20
Contribute : 41
Jumlah posting : 1100
Lokasi : INDONESIA

PostSubyek: Re: Otak kiri & Otak kanan ?   Thu 16 Jan 2014 - 14:11

mau seimbang? ._.
caranya, di puter, dijilat, dicelupin :3 HAMMER HEAD
enggak deng..
latihan aja senam otak,, atau biasakan beraktifitas pake tangan kiri. tapi kalo makan mah ga usah pake tangan kiri ._.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vicaksana
Advanced
Advanced


Contribute : 49
Jumlah posting : 2366
Lokasi : Unknown

PostSubyek: Re: Otak kiri & Otak kanan ?   Fri 17 Jan 2014 - 10:50

Nyimak aja kk metal 
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Saitou Shin
Advanced
Advanced


Age : 16
Contribute : 2
Jumlah posting : 242
Lokasi : Jakarta Pusat

PostSubyek: Re: Otak kiri & Otak kanan ?   Fri 17 Jan 2014 - 12:48

Coba ahh Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sang newbie beraksi
Administrator
Administrator


Age : 13
Contribute : 167
Jumlah posting : 3326

PostSubyek: Re: Otak kiri & Otak kanan ?   Sat 18 Jan 2014 - 6:31

Okeh, mumpung lagi waktu senggang, aku coba jawab HAMMER HEAD

Katanya, kan otak kiri itu menjalankan fungsi tubuh bagian kanan, dan otak kanan itu menjalankan fungsi tubuh bagian kiri.

Nah kalau kita biasa menggunakan fungsi tubuh bagian kanan, bisa dipastikan kita lebih condong ke otak kiri. Begitu pula sebaliknya.

Dan katanya untuk menyeimbangkan kedua otak juga ada caranya :

Dikutip dari :http://99rahasiaotakkanan.blogspot.com/2013/02/cara-melatih-keseimbangan-otak-manusia.html wrote:

Latihan Untuk Otak Kiri
Otak kiri adalah analitis. Latihan yang cocok untuk otak kiri termasuk melakukan teka-teki silang, nomor permainan seperti Sudoku dan mengorganisir daftar sangat efektif untuk membantu mengembangkan sisi kiri otak. Jika Anda seorang penulis, cobalah merencanakan cerita Anda sebelum Anda mulai. Saat menulis umumnya dianggap sebagai aktivitas otak kanan yang kreatif, merencanakan membutuhkan pemikiran urutan logis, yang membantu mengembangkan sisi kiri otak. Jika Anda rentan untuk memakai taji saat perjalanan, memaksa diri untuk duduk dan merencanakan setiap aspek dari perjalanan sebelum Anda mengambilnya.

Latihan Untuk Otak Kanan
Jika Anda lebih dari seorang pemikir otak kiri, dengan menggunakan sisi kanan otak Anda dapat menantang. Otak kiri pemikir tidak rentan terhadap perilaku spontan. Latihan sederhana untuk otak kanan mungkin termasuk mengubah kebiasaan. Lihat sesuatu yang berbeda di TV, mengubah apa yang Anda pesan di restoran favorit Anda tanpa menganalisis menu pertama. Cobalah mendengarkan musik sambil membersihkan rumah atau bekerja di halaman. Otak kanan pemikir berpikir secara acak dan dengan mudah dapat menangani lebih dari satu tugas pada satu waktu, sedangkan otak kiri pemikir lebih mungkin untuk berkonsentrasi pada satu tugas pada satu waktu.

N.B. : Bete banget nyari-nyari banyak artikel tapi isinya 100% sama bacok
Kenapa sih banyak yang copas tanpa nyebutin sumber HAMMER HEAD

Oke, balik lagi HAMMER HEAD

Lalu :

Quote :
   Membiasakan Aktif Menjadi Kidal (aktif Tangan Kiri) Dan Juga Kanan


Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, jika biasanya dominan tangan kanan maka gunakan tangan kiri (kidal) dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan mouse komputer, menyikat gigi dan mengikat tali sepatu dengan arah yang berlawanan. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.

   Membaca


Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Dan menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, membaca dapat membantu membangun cadangan kognitif untuk menunda timbulnya demensia.

   Bermain Puzzle Atau Teka-teki Sliang


Teka-teki silang, puzzle, sudoku dan jenis puzzle lainnya, dapat melatih otak khususnya otak kiri. Menurut pusat pelatihan kognitif Learning Rx. Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.
Bermain Permainan Strategi
Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

   Ubah Rutinitas


Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center. Mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.

   Belajar Bahasa Asing


Dengan belajar bahasa asing akan mengaktifkan bagian otak yang belum digunakan sejak anda mulai berbicara. Sebuah studi tahun 2007 di York University di Toronto, menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi saraf.

   Menikmati Musik


Selain mendengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Para ahli juga merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

Nah, untuk khusus yang pernah saya lakukan :

- Menggambar dengan menggunakan dua tangan. Dan entah itu bisa dijadikan sebagai penyeimbang atau tidak :hammer:Tapi saya belum bisa fokus untuk menulis menggunakan dua tangan.

- Menggambar dan menulis secara upside down (terbalik). Menggambar secara terbalik memfokuskan kita pada 'Apa yang kita lihat' bukan 'apa yang ingin kita gambar', sehingga memfokuskan mata untuk menggambar apa yang terlihat, bukan membuat gambar kita 'semirip mungkin' dengan gambar tersebut.

Sedangkan untuk menulis, itu memfokuskan kita untuk mengingat tiap coretan dalam sudut pandang yang berbeda.

- Musik. Musik sambil belajar, musik sambil menggambar, musik sambil baca, gitu deh pokoknya =D

Kalau bahasa asing sih emang udah ada di sekolah :okay:

Jadi intinya sih, lakukan hal-hal yang berbeda dari kebiasaan aja. Awalnya emang agak susah, tapi nanti terbiasa XD
*N.B. : Asal jangan nyalain sama matiin saklar pake kaki, efeknya nanti dimarahin orang tua HAMMER HEAD:yaoming:

Mungkin cukup.

_________________

"I am a poor lonesome cowboy." - Lucky Luke
Find me on : deviantart.com , ourartcorner.com and brainly.co.id
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Rina Akane
Newbie
Newbie


Age : 16
Contribute : 8
Jumlah posting : 256
Lokasi : selalu disampingmu~ :love:

PostSubyek: Re: Otak kiri & Otak kanan ?   Fri 11 Apr 2014 - 15:30

Dapat ilmu juga dari sini :yaoming:
Nyeimbangkan otak kanan, dan kiri udah dijelasin sejelas-jelasnya diatas HAMMER HEAD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Otak kiri & Otak kanan ?   Today at 18:52

Kembali Ke Atas Go down
 

Otak kiri & Otak kanan ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Net Detective Indonesia :: Warung Net Detective Indonesia :: Free Talk-