IndeksP O R T A LCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Sang newbie beraksi
Administrator
Administrator


Age : 13
Contribute : 167
Jumlah posting : 3326

PostSubyek: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sat 7 Sep 2013 - 16:37

Selamat datang di thread saya yang aneh ini HAMMER HEAD
Yak, seperti judul di atas, saya iseng-iseng aja membuat artikel yang didasari hasil survei kepada beberapa orang.

Saya tidak akan menyebutkan namanya :hammer:Tapi wawancara itu saya dasari pada beberapa orang dengan tingkat sosial dan sejarah kriminalitas yang berbeda.

Saya lupa saya mulai mencoba untuk membuat artikel ini sejak kapan HAMMER HEAD
Yang pasti baru saya bikin sekarang.

Quote :

Arti kata dari KBBI Online :
ja•hat a sangat jelek, buruk; sangat tidak baik (tt kelakuan, tabiat, perbuatan)
ke•ba•ik•an n 1 sifat baik; perbuatan baik
ba•ik 1 a elok; patut; teratur 3 a berguna; manjur 4 a tidak jahat
Antara Kebaikan dan Kejahatan, apa artinya?

Ini adalah hasil wawancara dari saya kepada beberapa orang.

Pertanyaan :
”Apa sih menurut anda baik dan jahat itu?”

Warna ini menunjukkan jawabannya
Warna ini menunjukkan reaksi saya

Penjawab 1 (Seorang pelajar, teman saya sih =D)
”Kejahatan itu orang yang melakukan kejahatan. Kebaikan itu... Ya nggak jahat.
Ya iya lah kebaikan itu gak jahat, orang kebaikan itu kebalikan dari kejahatan.

Penjawab 2 (Guru Sosiologi suatu sekolah)
”Kejahatan itu adalah kelakuan yang menyimpang dari norma, sedangkan kebaikan...
Gak bisa jawab, oh please. Itu sebabnya saya tidak memaparkan namanya.

Penjawab 3 (Pengamen)
”Kebaikan tuh seseorang yang melakukan suatu hal yang baik kepada orang lain, sedangkan kejahatan itu orang yang melakukan kejahatan kepada orang lain.
Pada orang lain, ya? Bisa dipertimbangkan.

Penjawab 4 (Siswa yang pernah ditindak sekolah)
”Kejahatan itu suatu hal yang dianggap tidak baik oleh orang lain, kalau kebaikan sih biasa aja, monoton.
Apakah itu artinya, untuk membuat hidup yang menggairahkan kita harus berbuat kejahatan?

Penjawab 5 (Orang kerja kantoran)
Kejahatan itu perbuatan yang jahat, sedangkan kebaikan itu perbuatan baik
Semua orang juga tau kaliiii ==

Penjawab 6 (Preman, ada tatto di tangannya)

”Emangnya kenapa nanya kayak begituan?
”Oh, please, Cuma nanya doang pak ._. *Langsung cabut, jadi gak dapet jawabannya.

Dan setelah penjawab ke enam, saya gak berani nanya lagi ke orang dengan tampang yang menyeramkan HAMMER HEAD

Penjawab 7 (Seorang supir angkot)

”Kejahatan itu kayak orang yang ngerugiin banyak orang, Cuma mikirin dirinya sendiri. Sedangkan kebaikan itu orang yang bantuin orang lainnya.
”Jawabannya hampir sama kayak pengamen tadi.

Penjawab 8 (Mahasiswi)

”Kebaikan ya... sesuatu yang baik, lah, kalau kejahatan ya jahat.
”Oh pleaseee, emang pernah ada kebaikan itu sesuatu yang jahat?

Penjawab 9 (Gak mau kasih tau kerjanya apa, pokoknya saya pernah liat dia mukulin orang di salah satu perempatan di kota ini HAMMER HEAD)

”Baik itu Cuma cari tenar, cari muka. Jahat itu…”
Yang ini gak bisa jawab apa itu kejahatan HAMMER HEAD

Dan dari jawaban sembilan orang itu, bisa saya simpulkan.

1. Orang dengan tingkat sosial yang mapan, cenderung tidak berfilosofi apa itu baik dan jahat, sehingga saya menyimpulkan jika orang yang memiliki kehidupan berkecukupan jarang melihat dunia luar dan mencoba menganalisisnya, karena mereka merasa kehidupan mereka ”SUDAH” cukup.
2. Orang dengan tingkat sosial yang rendah, cenderung sensitif terhadap pertanyaan itu. Mereka cenderung menganggap jika orang berada itu adalah orang yang jahat karena tidak mau berbagi pada mereka, dan mereka berharap jika mereka itu mendapatkan sesuatu yang lebih di hidupnya.
3. Orang dengan kehidupan yang penuh kekerasan cenderung merasa dirinya jahat, tapi dia tidak ingin orang lain yang mengatakan itu, dan mereka menganggap jika kebaikan itu hanya omong kosong, karena mereka merasa mereka tidak baik sama sekali.

Jadi, apa itu baik atau buruk? HAMMER HEAD
Well, dan kemudian saya membuat perdebatan dengan teman saya.

Sehingga saya menyimpulkan...
Quote :

Baik dan Jahat itu bersifat relatif, setiap individu memiliki pandangannya sendiri terhadap kebaikan dan kejahatan itu sendiri.

Contoh :
Seorang pembunuh membunuh seseorang karena sakit hati.

Pembunuh : Dia jahat karena telah membuat saya sakit hati!
Keluarga korban : Pembunuh itu jahat karena telah membunuh anggota keluarga kami!

Secara pasti, tak dapat diputuskan siapa yang jahat siapa yang baik, kan?
Begini saja : Seandainya pembunuh itu tak membunuh, lalu si korban bisa dikatakan penjahat, kan? Tapi saat pembunuh itu membunuh sang korban, barulah role itu tergantikan.

Jadi apa itu kebaikan atau kejahatan?
Kebaikan atau kejahatan itu hanyalah...

Suatu hal yang ada karena adanya PATOKAN yang menyebabkan itu semua ada.
Dan patokan itu dinamakan norma, peraturan, nilai, atau apalah itu.

Dan sejak itu lah seseorang bisa dikategorikan sebagai orang jahat atau orang baik.
Tapi pada dasarnya, KEBAIKAN dan KEJAHATAN itu tetap bernilai relatif pada individu masing-masing, tergantung cara pandang seseorang tersebut.

Seorang penjahat memiliki aturannya sendiri, tapi terjebak dalam dunia sosial yang memaksa dia untuk tidak mengikuti aturannya sendiri, maka dia lah yang akan dicap sebagai orang jahat.

Seorang yang baik memiliki aturannya sendiri, dan aturannya itu berbentuk aturan yang sama dalam dunia sosial, maka itu lah yang menyebabkannya dicap sebagai orang baik.

Dan mari kita lihat pada diri kita. Apakah kita pernah melakukan hal yang melanggar norma?

Dan jika iya, maka kita juga bisa dikatakan sebagai orang jahat, kan? Apakah kita pernah melakukannya? Hmm, mungkin tak pernah terpikirkan.
Bahkan dari hal yang paling kecil.

Penipuan (berbohong), misalnya?
Tapi apakah kita pernah merasa jika kita adalah orang jahat hanya dengan berbohong? Entahlah...
Lalu apa maksud dari saya menulis ini?

Saya Cuma mengajak XD
Pasti secara tidak sadar (atau malah sadar) kita pernah menjadi orang jahat.
Kepada siapapun itu, teman (nge-harkos), orang tua (berbohong), guru/dosen (nyontek, BUAHAHAHA), atau mungkin yang lainnya.

Dan juga tidak bisa dipungkiri.
Hanya saja mungkin kejahatan yang kita lakukan bukan kejahatan besar (Penipuan mama minta pulsa, pembunuhan, pemalingan, pemer.....asan terhadap orang lain, atau kejahatan besar lainnya), sehingga kita tak pernah merasa ada jiwa jahat dalam diri kita.

Jadi, paling tidak, mulai sekarang kita bisa mengakui itu.
Dan bisa berpendapat mengenai kejahatan seseorang secara seksama, tidak asal judge saja (biarpun mungkin itu salah), karena ada kalanya antara korban dan pelaku, dua-duanya bisa dikatakan orang jahat.

Dan sekali lagi, kejahatan dan kebaikan itu ada semenjak sebuah aturan didirikan.
Seandainya di sebuah kota membunuh itu dibolehkan sedangkan memberikan uang pada pengemis itu dilarang... bisa saja orang yang memberi uang itu dicap sebagai penjahat, kan?

.....

Artikel ini ditulis oleh saya dengan wawancara kepada beberapa orang sebagai bahan patokan penilaian saya terhadap kebaikan dan kejahatan, juga saya pertimbangkan dalam makalah saya yang saya tujukan untuk memenuhi suatu tugas sekolah saya.

Terima kasih kepada teman debat saya, E. L. Yang bisa memberikan bahan tambahan untuk membuat artikel aneh ini HAMMER HEAD

Terima kasih atas perhatiannya XD
Semoga menghibur HAMMER HEAD

_________________

"I am a poor lonesome cowboy." - Lucky Luke
Find me on : deviantart.com , ourartcorner.com and brainly.co.id
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
blue_berry
Advanced
Advanced


Contribute : 45
Jumlah posting : 1840

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sun 8 Sep 2013 - 10:03

uwaaa...... keren nus...
sampe nyari mati aja nanya ke preman bertato .__."

CP send good
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sang newbie beraksi
Administrator
Administrator


Age : 13
Contribute : 167
Jumlah posting : 3326

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sun 8 Sep 2013 - 11:18

Bukan nyari mati blu HAMMER HEAD
Itu emang kadang aku liat orangnya suka nongkrong di suatu tempat, makanya aku coba buat nanya, aku gak asal pilih kok HAMMER HEAD tapi aku gak tau rekasinya bakal gitu HAMMER HEAD

_________________

"I am a poor lonesome cowboy." - Lucky Luke
Find me on : deviantart.com , ourartcorner.com and brainly.co.id
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Hexad
Villain
Villain


Age : 22
Contribute : 110
Jumlah posting : 1910
Lokasi : On My Table

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sun 8 Sep 2013 - 17:45

tadi sih niatnya aku tanya soal ini beb Malu
Quote :
Pembunuh : Dia jahat karena telah membuat saya sakit hati!
Keluarga korban : Pembunuh itu jahat karena telah membunuh anggota keluarga kami!

Secara pasti, tak dapat diputuskan siapa yang jahat siapa yang baik, kan?
Begini saja : Seandainya pembunuh itu tak membunuh, lalu si korban bisa dikatakan penjahat, kan? Tapi saat pembunuh itu membunuh sang korban, barulah role itu tergantikan.
tapi lupa ada tulisan contoh :yaoming:
bener sih atas dasar patokan dan bisa juga, tapi kaya nya gi ni bisa juga nus
Quote :
atas dasar EGOIS
Jika seorang bisa mengendalikan EGOISnya maka bisa di katakan kebaikan
Jika seseorang gak bisa mengendalikan EGOISnya maka sebaliknya HAMMER HEAD
ah mulai ngawur mulai ngawur :yaoming
segitu dulu ah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.hexadthekoala.blogspot.com
Sang newbie beraksi
Administrator
Administrator


Age : 13
Contribute : 167
Jumlah posting : 3326

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sun 8 Sep 2013 - 17:56

Tapi kan ke-egoisan itu sifatnya juga relatif beb di mata orang lain Malu
ke-egoisan sifatnya nilai, gak berpatok, kita gak bisa nentuin apakah orang itu egois atau tidak dimana kita juga tidak tau dia merasa egois atau nggak.

Gini deh :

Saya punya pulpen, temen saya pinjem, gak saya kasih, soalnya takut hilang.

menurut saya, saya gak egois, karena itu memang milik saya dan saya tidak mau meminjamkannya, karena takut pulpennya hilang.

menurut teman saya, saya egois karena gak mau minjemin pulpen.

menurut saya, saya gak jahat, karena saya punya alesan yang jelas kenapa gak mau minjemin.

menurut teman saya, saya jahat karena saya gak mau ngebantuin dia :yaoming:

Jadi ke-egoisan juga gak bersifat mutlak, tergantung pandangan orang itu :yaoming:
Yang bikin adanya kejahatan dan kebaikan itu, ya peraturan.
Kalau gak ada peraturan, semuanya jadi baik atau semuanya jadi jahat :yaoming:

N.B. : Lupa, kalau peraturan juga ada yang tertulis dan ada yang tidak, yak HAMMER HEAD

_________________

"I am a poor lonesome cowboy." - Lucky Luke
Find me on : deviantart.com , ourartcorner.com and brainly.co.id
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Hexad
Villain
Villain


Age : 22
Contribute : 110
Jumlah posting : 1910
Lokasi : On My Table

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sun 8 Sep 2013 - 18:03

ya beberapa orang mengatakan begitu pada dasarnya :yaoming:
Berdasarkan pandangan dari orang yang berbeda beda :yaoming:
Menurutku begitu sih kira-kira :genius:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.hexadthekoala.blogspot.com
Takatsuka Naito
Advanced
Advanced


Age : 23
Contribute : 22
Jumlah posting : 248
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Mon 9 Sep 2013 - 16:35

Term "Jahat" itu ada karena ada term "Baik". Ada orang yang dikatakan jahat karena ada orang baik, ada orang yang dikatakan baik karena ada orang jahat. Pada hakikatnya jahat dan baik itu relatif dan bahkan arti dari kedua kata itu sebenarnya tidak ada. Yang ada sebenarnya hanya perbuatan yang dirasa enak atau tidak dirasa enak (itupun masih relatif jika ditinjau dari orang yang melakukan dan orang yang menerima perlakuan, karena pasti pendapatnya berbeda).
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://naito-intelligent.weebly.com
Sang newbie beraksi
Administrator
Administrator


Age : 13
Contribute : 167
Jumlah posting : 3326

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Mon 9 Sep 2013 - 17:47

Makanya kan saya tulis, jahat dan baik itu sifatnya relatif HAMMER HEAD

Tapi ada orang yang disebut sebagai penjahat dan pembaik HAMMER HEAD orang baik deh... HAMMER HEAD

oleh masyarakat itu semenjak dibuatnya peraturan yang mengikat orang-orang di sana HAMMER HEAD

_________________

"I am a poor lonesome cowboy." - Lucky Luke
Find me on : deviantart.com , ourartcorner.com and brainly.co.id
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Takatsuka Naito
Advanced
Advanced


Age : 23
Contribute : 22
Jumlah posting : 248
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Mon 9 Sep 2013 - 18:38

semua terikat dengan nilai dan norma yang berlaku di suatu masyarakat, dimana nilai dan norma itu bisa berbeda antara kelompok masyarakat yang satu dengan kelompok masyarakat lainnya, karena nilai dan norma itu merupakan hasil kesepakatan bersama yang kemudian menjadi sebuah budaya.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://naito-intelligent.weebly.com
blue_berry
Advanced
Advanced


Contribute : 45
Jumlah posting : 1840

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Tue 10 Sep 2013 - 16:36

sama aja nus, orang lagi nongkrong gitu tiba2 ditanyain yg aneh2 menurut mereka HAMMER HEAD

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
J.Zilluzar
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 65
Jumlah posting : 2145
Lokasi : Planet Mars

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Fri 13 Sep 2013 - 11:07

:derp: baik sama jahat itu relatif good

:derp: kebaikan itu suatu sikap tindakan yg membuat orang lain atau sekitarnya merasa senang atau nyaman

:derp: kalau kejahatan itu kebalikan dari yg diatas.. ,

Hmm tapi g selamanya baik itu baik dalam artian tertentu... dan g selamanya perbuatan jahat itu jahat... karena kadang perbuatan baik hanya dijadikan modus untuk sebuah kejahatan. dan kejahatan kadang dilakukan untuk kebaikan dalam sebuah situasi yg sedemikian rupa :derp:

:hhmm: terus yg jadi pertanyaan..

apakah kebaikan mutlak itu sebuah kejahatan? :derp: ya maksudku disini kayak tanpa ada toleransi gitu deh, tapi tujuannya untuk kedisiplinan :derp:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Takatsuka Naito
Advanced
Advanced


Age : 23
Contribute : 22
Jumlah posting : 248
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Fri 13 Sep 2013 - 18:54

dhimasDANZ wrote:
:derp: baik sama jahat itu relatif good

:derp:kebaikan itu suatu sikap tindakan yg membuat orang lain atau sekitarnya merasa senang atau nyaman

:derp: kalau kejahatan itu kebalikan dari yg diatas..  ,

:hmm:tapi g selamanya baik itu baik dalam artian tertentu... dan g selamanya perbuatan jahat itu jahat... karena kadang perbuatan baik hanya dijadikan modus untuk sebuah kejahatan. dan kejahatan kadang dilakukan untuk kebaikan dalam sebuah situasi yg sedemikian rupa :derp:

:hhmm:terus yg jadi pertanyaan..

apakah kebaikan mutlak itu sebuah kejahatan? :derp:ya maksudku disini kayak tanpa ada toleransi gitu deh, tapi tujuannya untuk kedisiplinan :derp:
Maksudnya dipukulin kayak di STPDN gitu?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://naito-intelligent.weebly.com
J.Zilluzar
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 65
Jumlah posting : 2145
Lokasi : Planet Mars

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sat 14 Sep 2013 - 6:36

Takatsuka Naito wrote:
dhimasDANZ wrote:
:derp: baik sama jahat itu relatif good

:derp:kebaikan itu suatu sikap tindakan yg membuat orang lain atau sekitarnya merasa senang atau nyaman

:derp: kalau kejahatan itu kebalikan dari yg diatas..  ,

:hmm:tapi g selamanya baik itu baik dalam artian tertentu... dan g selamanya perbuatan jahat itu jahat... karena kadang perbuatan baik hanya dijadikan modus untuk sebuah kejahatan. dan kejahatan kadang dilakukan untuk kebaikan dalam sebuah situasi yg sedemikian rupa :derp:

:hhmm:terus yg jadi pertanyaan..

apakah kebaikan mutlak itu sebuah kejahatan? :derp:ya maksudku disini kayak tanpa ada toleransi gitu deh, tapi tujuannya untuk kedisiplinan :derp:
Maksudnya dipukulin kayak di STPDN gitu?
ya mungkin seperti itu :derp: .. intinya g ada toleransi, tapi dalam kasus dipukulin itu malah bukan pendisiplinan yg jadi tujuan utama sweat dan yg aku maksudkan disini itu murni untuk tujuan positif namun aturannya mutlak dan g ada toleransi :derp:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Riasu_Guremori
Newbie
Newbie


Age : 28
Contribute : 29
Jumlah posting : 336

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sat 14 Sep 2013 - 7:53

Baik dan jahat sama seperti hakikat kebenaran

Sbuah hakikat yg d pandang dr mana dl Hihi
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sang newbie beraksi
Administrator
Administrator


Age : 13
Contribute : 167
Jumlah posting : 3326

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Sun 6 Oct 2013 - 12:58

Dari pandangan diri sendiri sih, semuanya pasti kerasa baik HAMMER HEAD

Terus yang dipukulin kayak gitu, kayaknya gak lebih ke pendisiplinan.
Tapi lebih ke senioritas HAMMER HEAD
Gak tau deh Malu

_________________

"I am a poor lonesome cowboy." - Lucky Luke
Find me on : deviantart.com , ourartcorner.com and brainly.co.id
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ringo_chan
Advanced
Advanced


Age : 26
Contribute : 146
Jumlah posting : 753
Lokasi : Jogja

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Mon 14 Oct 2013 - 13:10

Riasu_Guremori wrote:
Baik dan jahat sama seperti hakikat kebenaran

Sbuah hakikat yg d pandang dr mana dl Hihi
:derp: kalo ini saya ndak sepakat deh :derp: mungkin kalo kebaikan ma kejahatan bisa ya dibilang relatif :derp:

tapi,, kalo kebenaran itu ada standarnya :derp:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sang newbie beraksi
Administrator
Administrator


Age : 13
Contribute : 167
Jumlah posting : 3326

PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Mon 14 Oct 2013 - 13:25

Standar kebenaran = peraturan HAMMER HEAD

Gini deh biar jelas HAMMER HEAD

Baik Jahat = relatif = gak ada orang baik gak ada orang jahat
peraturan = mematok = baik jahat = ada standarnya = ada orang baik ada orang jahat HAMMER HEAD

tapi pada dasarnya tetep aja baik jahat itu relatif, peraturan itu cuma patokan doang yang diidamkan oleh masyarakat yang lebih banyak HAMMER HEAD

_________________

"I am a poor lonesome cowboy." - Lucky Luke
Find me on : deviantart.com , ourartcorner.com and brainly.co.id
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?   Today at 19:04

Kembali Ke Atas Go down
 

Antara Kebaikan dan Kejahatan, Apa Artinya?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Net Detective Indonesia :: Warung Net Detective Indonesia :: Free Talk-