Saran Skenario Penjebakan Pencuri di Kelas
satyoadhyaksa
Tue 21 May 2013 - 22:37
rekan-rekan NDI
Jadi ceritanya gini,di kelas XI IPS 3 tempat saya belajar,ada pencurian uang milik bendahara kelas.Bendahara kelas saya baru sadar kalo uang 50rb milik kas kelas hilang(uangnya 1 lembar 50rb) saat selesai jam olahraga.Akan saya ceritakan detailnya gan,karena saya curiga teman satu kelas saya sndiri pelakunya
20 Mei 2013 jam 07.00
Saat itu adalah hari upacara kebangkitan nasional,jadi para siswa berkumpul di halaman upacara dari jam 07.00-07.45 an
Pas saya berangkat ke lap upacara,ada banyak teman satu kelas saya yang masih belum datang,tetapi bendahara saya saat itu sudah datang dan sudah pergi ke lap upacara.
20 Mei 2013 jam 07.45-07.50
Setelah selesai upacara,teman-teman saya kembali ke kelas,nah saat saya kembali ke kelas,ternyata ada beberapa temen saya yang tidak ikut upacara dan memilih tinggal di kelas selama upacara berlangsung
20 Mei 2013 jam 07.50-09.30
Setelah upacara saya sama teman-teman memulai pelajaran olahraga.Ada beberapa teman saya yang tidak ikut pelajaran olah raga.
20 Mei 2013 jm 09.30-13.45
istirahat lalu pelajaran hingga pulang.Saya rasa pelakunya tidak punya kesempatan pada saat jam ini.
Lalu ada juga keterangan dari bendahara.(saya belum melakukan pertanyaan yg mendalam,karena saya hanya mendengar dari teman-teman)
1.Dia terakhir mengecek uang kas pada hari Senin 13 Mei 2013 lalu dicek lagi pd hari Senin 20 Mei 2013 pada saat setelah selesai jam olahraga dan sudah hilang
2.Uang kas tsb ditaruh di dalam tas(uang 50rb tsb berupa 1 lembar)
kira-kira bagaimana saran skenario penjebakannya dan kapan waktu yang terbaik dilakukannya?(menurut saya lebih baik pada hari senin tsb)sementara saya cari informasi lebih mendalam.
Bila teman-teman NDI butuh informasi lebih mendalam akan saya usahakan jawab
Jadi ceritanya gini,di kelas XI IPS 3 tempat saya belajar,ada pencurian uang milik bendahara kelas.Bendahara kelas saya baru sadar kalo uang 50rb milik kas kelas hilang(uangnya 1 lembar 50rb) saat selesai jam olahraga.Akan saya ceritakan detailnya gan,karena saya curiga teman satu kelas saya sndiri pelakunya
20 Mei 2013 jam 07.00
Saat itu adalah hari upacara kebangkitan nasional,jadi para siswa berkumpul di halaman upacara dari jam 07.00-07.45 an
Pas saya berangkat ke lap upacara,ada banyak teman satu kelas saya yang masih belum datang,tetapi bendahara saya saat itu sudah datang dan sudah pergi ke lap upacara.
20 Mei 2013 jam 07.45-07.50
Setelah selesai upacara,teman-teman saya kembali ke kelas,nah saat saya kembali ke kelas,ternyata ada beberapa temen saya yang tidak ikut upacara dan memilih tinggal di kelas selama upacara berlangsung
20 Mei 2013 jam 07.50-09.30
Setelah upacara saya sama teman-teman memulai pelajaran olahraga.Ada beberapa teman saya yang tidak ikut pelajaran olah raga.
20 Mei 2013 jm 09.30-13.45
istirahat lalu pelajaran hingga pulang.Saya rasa pelakunya tidak punya kesempatan pada saat jam ini.
Lalu ada juga keterangan dari bendahara.(saya belum melakukan pertanyaan yg mendalam,karena saya hanya mendengar dari teman-teman)
1.Dia terakhir mengecek uang kas pada hari Senin 13 Mei 2013 lalu dicek lagi pd hari Senin 20 Mei 2013 pada saat setelah selesai jam olahraga dan sudah hilang
2.Uang kas tsb ditaruh di dalam tas(uang 50rb tsb berupa 1 lembar)
kira-kira bagaimana saran skenario penjebakannya dan kapan waktu yang terbaik dilakukannya?(menurut saya lebih baik pada hari senin tsb)sementara saya cari informasi lebih mendalam.
Bila teman-teman NDI butuh informasi lebih mendalam akan saya usahakan jawab
1. ada beberapa hal yang ingin sy minta kamu tanyakan ke dia.
a. jam berapa dia mengecek uang itu?
b. saat pulang sekolah, apa tempat menaruh uang kas itu dibiarkan di taruh di kas atau ditaru di temapat luar?
c. ada gak dari keluarganya yang tau kalau dia bendahara kelas dan tau tempat penyimpanannya?
klu bisa di tanyakan..
2. coba suruh dia periksa tas nya lagi, atau ingat2 barang kali dia ada memakai uang itu namun lupa utk menggantinya.
3. masih ada kemungkinannya dia bohong kan? skenario yang diciptakannya utk menciptakan asumsi publik bahwa dia bukan lah yang mencuri, padahal dia sendiri yang mencuri ny. sejauh ini masih ada kemungkinannya kan? atau lebih tepatnya, belum ada yang tidak memberatkannya jadi tersangka
4. Skenario yang bisa saya tawarkan sih. yaa gampang. suruh aja temenmu yang biasanya pelupa naruh barang2 nya dimana utk berpura2 naruh uangnya di meja.. waktu yang tepat mungkn saat di waktu yang lain kosong gitu, kayak di upacara.
klu di waktu istirahat, kan biasanya ada tuh temen kita yang tetep di kelas aja. jadinya agak susah utk dia beraksi, keculi dia udah sedikit mahir atau gimana gitu.
5. Salah satu solusi yang bisa saya tawarkan sih ya mencari kebenarannya. klu buat skenario utk menjebak, klu saya jadi pelakunya sih saya gk mungkin terjebak. Karena aneh aja klu berita kehilangan ini udah menyebar di kelas, lalu tiba2 ada uang lagi yang tertinggal di kelas. yaa nampak banget itu jebakan.
Saya mungkin akan menunggu beberapa bulan utk memulai aksi pencurian lagi. tapi layak di coba sih
a. jam berapa dia mengecek uang itu?
b. saat pulang sekolah, apa tempat menaruh uang kas itu dibiarkan di taruh di kas atau ditaru di temapat luar?
c. ada gak dari keluarganya yang tau kalau dia bendahara kelas dan tau tempat penyimpanannya?
klu bisa di tanyakan..
2. coba suruh dia periksa tas nya lagi, atau ingat2 barang kali dia ada memakai uang itu namun lupa utk menggantinya.
3. masih ada kemungkinannya dia bohong kan? skenario yang diciptakannya utk menciptakan asumsi publik bahwa dia bukan lah yang mencuri, padahal dia sendiri yang mencuri ny. sejauh ini masih ada kemungkinannya kan? atau lebih tepatnya, belum ada yang tidak memberatkannya jadi tersangka
4. Skenario yang bisa saya tawarkan sih. yaa gampang. suruh aja temenmu yang biasanya pelupa naruh barang2 nya dimana utk berpura2 naruh uangnya di meja.. waktu yang tepat mungkn saat di waktu yang lain kosong gitu, kayak di upacara.
klu di waktu istirahat, kan biasanya ada tuh temen kita yang tetep di kelas aja. jadinya agak susah utk dia beraksi, keculi dia udah sedikit mahir atau gimana gitu.
5. Salah satu solusi yang bisa saya tawarkan sih ya mencari kebenarannya. klu buat skenario utk menjebak, klu saya jadi pelakunya sih saya gk mungkin terjebak. Karena aneh aja klu berita kehilangan ini udah menyebar di kelas, lalu tiba2 ada uang lagi yang tertinggal di kelas. yaa nampak banget itu jebakan.
Saya mungkin akan menunggu beberapa bulan utk memulai aksi pencurian lagi. tapi layak di coba sih
Re: Saran Skenario Penjebakan Pencuri di Kelas
Sang newbie beraksi
Wed 22 May 2013 - 4:02
kayak case saya
1. Kalau misalkan di kelas rame-rame, susah buat maling duitnya. Jadi mungkin yang maling yang gak ikut berpartisipasi mengobrol atau ngerjain tugas pas lagi diem di kelas.
2. Bisa aja bendaharanya bohong
Mending minta bantuan guru aja.
Re: Saran Skenario Penjebakan Pencuri di Kelas
L .
Wed 22 May 2013 - 7:35
cari aja yang paling mencurigakan.. kalau anda mau saya kasi tau trik agar mengetahui orang itu bohong apa gk..
tanya orang yang dicurigai, kamu nyuri uang apa gk??
lalu lihat matanya.. kalau matanya tidak fokus ke matamu, berarti dia sedang berbohong, kalau matanya melirik ke kanan, berati dia berbohong.. itu menurut saya.. tips ini diajarkan oleh ayah saya yg seorang psikolog dan psikiater.. terserah anda mau percaya atau gk..
tanya orang yang dicurigai, kamu nyuri uang apa gk??
lalu lihat matanya.. kalau matanya tidak fokus ke matamu, berarti dia sedang berbohong, kalau matanya melirik ke kanan, berati dia berbohong.. itu menurut saya.. tips ini diajarkan oleh ayah saya yg seorang psikolog dan psikiater.. terserah anda mau percaya atau gk..
Re: Saran Skenario Penjebakan Pencuri di Kelas
Casers Ardan
Sun 26 May 2013 - 12:42
L . wrote:cari aja yang paling mencurigakan.. kalau anda mau saya kasi tau trik agar mengetahui orang itu bohong apa gk..
tanya orang yang dicurigai, kamu nyuri uang apa gk??
lalu lihat matanya.. kalau matanya tidak fokus ke matamu, berarti dia sedang berbohong, kalau matanya melirik ke kanan, berati dia berbohong.. itu menurut saya.. tips ini diajarkan oleh ayah saya yg seorang psikolog dan psikiater.. terserah anda mau percaya atau gk..
Nice
Re: Saran Skenario Penjebakan Pencuri di Kelas
Bakti Ramadhan
Sun 26 May 2013 - 14:02
Hai juga...
Ia mengecek uang nya 1 minggu sebelum uang nya hilang...
Jadi mau nanya dulu:
1.Hari apa pelajaran olahraga di mulai?
2.Siapa aja yang tahu letak lokasi uang bendahara?
3.Siapa saja yang tidak ikut pelajaran Olahraga?
4.Terakhir,tinggal di cocok kan aja siapa yang tahu lokasi uang nya,yang gak ikut upacara,dan yang gak ikut Pelajaran Olahraga!
*Jika jawaban ini benar,mohon di beri CS 1 Please...
-My Name_Is Bakti_Ramadhan-
Ia mengecek uang nya 1 minggu sebelum uang nya hilang...
Jadi mau nanya dulu:
1.Hari apa pelajaran olahraga di mulai?
2.Siapa aja yang tahu letak lokasi uang bendahara?
3.Siapa saja yang tidak ikut pelajaran Olahraga?
4.Terakhir,tinggal di cocok kan aja siapa yang tahu lokasi uang nya,yang gak ikut upacara,dan yang gak ikut Pelajaran Olahraga!
*Jika jawaban ini benar,mohon di beri CS 1 Please...
-My Name_Is Bakti_Ramadhan-
Re: Saran Skenario Penjebakan Pencuri di Kelas
Saitou Shin
Mon 23 Dec 2013 - 21:42
Tentukan tersangkanya dulu, tersangkanya yg ga ikut upacara (mungkin sakit), yg turun belakangan, dan yg duduk dekat si bendahara. Tapi karena saya jawabnya kelamaan mungkin casenya udh basi kali ya malah mungkin si bendahara udh lupa
Re: Saran Skenario Penjebakan Pencuri di Kelas
Ceretos
Sat 1 Mar 2014 - 22:24
karena cuma ambil satu lembar , maaf uang Kasnya lebih dari 50 ribu di tasnya kan ?
jadi coba lihat catatan buku bendahara tentang Kas Kelas ?
siapa aja bayar uang Kas Kelas dengan 50 ribu satu lembar .
omong2 Olahraga setelah upacara sepertinya agak mustahil kecuali itu hal biasa buat kalian
ada 2 kemungkinan pas bolos Upacara , pas bolos Olahraga
tanya aja anak yang tidak ikut acara Upacara ato acara Olahraga
ato cara simple minta kembalian 50 ribu dengan 100 ribu satu lembar dengan catatan dia tidak menggunakan
satu lembar 50 ribu
jadi coba lihat catatan buku bendahara tentang Kas Kelas ?
siapa aja bayar uang Kas Kelas dengan 50 ribu satu lembar .
omong2 Olahraga setelah upacara sepertinya agak mustahil kecuali itu hal biasa buat kalian
ada 2 kemungkinan pas bolos Upacara , pas bolos Olahraga
tanya aja anak yang tidak ikut acara Upacara ato acara Olahraga
ato cara simple minta kembalian 50 ribu dengan 100 ribu satu lembar dengan catatan dia tidak menggunakan
satu lembar 50 ribu
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|