IndeksP O R T A LCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Case File: Ledakan di Dapur

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next

genre case untuk next case?
Chronology Case
65%
 65% [ 15 ]
Code Case
35%
 35% [ 8 ]
Total Suara : 23
 

PengirimMessage
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 29 Apr 2012 - 11:27

First topic message reminder :

PERHATIAN:
 

OPEN!:
 

CASE BEGIN! yahooo....
Dua hari lagi Dion bersama keluarganya akan pergi menginap di villa. Hari itu bertepatan dengan ulang tahun ibunya yang ke-48. Sudah menjadi suatu tradisi dalam keluarga Dion untuk menginap di villa milik keluarganya ketika ada anggota keluarganya yang berulang tahun. Dion adalah seorang remaja berusia 19 tahun, mahasiswa jurusan akuntansi di sebuah universitas negeri ibukota. Ia memiliki seorang ibu dan seorang ayah, dua orang kakak laki-laki dan seorang kakak perempuan, serta seorang adik laki-laki. Kakak laki-laki Dion yang pertama telah berkeluarga karena saat ini usianya memang sudah cukup untuk berkeluarga, 27 tahun.

Suatu sore yang agak mendung, hari ini adalah tepat sehari sebelum ulang tahun ibu Dion. Persiapan pun dilakukan, Lita, kakak perempuan Dion menelpon Mang Didi, penjaga villa untuk mempersiapkan villa dan hal-hal lainnya di villa. Dika, kakak laki-laki Dion yang masih melajang, pergi ke pasar swalayan untuk membeli keperluan untuk di villa nanti, buah, sayur, makanan ringan, daging untuk barbeque, dan bahan-bahan makanan lainnya. Ayah Dion sibuk mengecek mesin mobil, yah memang butuh pengecekan yang detail karena menimbang tempat tujuan adalah puncak yang tentu menanjak, jadi mesin harus dalam keadaan prima agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Dion dan Ricky, adik Dion, memiliki tugas untuk mempersiapkan barang bawaan seperti pakean dan segala macamnya untuk diangkut ke mobil. Sedangkan Ardi, kakak Dion yang telah berkeluarga belum datang ke rumah Dion. Ardi memutuskan untuk tinggal terpisah dengan keluarganya setelah menikah, ya tujuannya untuk lebih mandiri dan memang tak enak juga jika sudah berkeluarga namun masih tinggal serumah dengan keluarga. Tepat jam 4 sore Ardi dan sang istri, Citra, datang. Citra sedang hamil 2 bulan, memang belum terlihat tanda perut membesar yang jelas, tapi Ardi dan Citra sudah mengeceknya ke dokter kandungan.

“Yak, persiapan selesai! Are you ready???” kata ayah Dion. “READY!” anggota keluarga yang lain menjawab dengan serempak. Kemudian semuanya bergegas masuk ke dalam mobil, ada dua mobil yang digunakan, karena jika hanya satu mobil tentu takkan bisa mengangkut semuanya ditambah lagi banyak barang-barang bawaan yang dibawa, tentu akan terasa sangat sesak di dalam mobil. Mereka pun berangkat.

15 menit sejak keberangkatan, mereka menemukan pom bensin dan memutuskan untuk mengisi bensin agar tak kehabisan bensin saat menuju puncak. Mereka mengisi bensin sampai penuh, tentu saja untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Setelah selesai dengan pengisian bensin, mereka pun melanjutkan perjalanannya. Wajah mereka tampak riang dan menikmati perjalanan ini, dalam hati mereka sudah bisa membayangkan apa yang akan mereka lakukan dan rasakan di villa nanti. Mereka tentu akan bersenang-senang merayakan hari ulang tahun ibu Dion.

“Akhirnya sampai juga!” kata Ricky sembari meregangkan tubuhnya yang sudah 3 jam berada di dalam mobil selama perjalanan menuju puncak. “Iya ya, hhhmmmmm.” Lenguh Dion sembari menarik nafas panjang-panjang. Saat itu sudah jam 8 malam, mereka segera memasukkan barang-barang ke dalam villa dan membereskannya. Malam ini akan ada acara barbeque, mereka tak makan malam di villa, karena memang sudah makan malam di rumah makan dalam perjalanan tadi.

Barbeque dimulai jam 12 malam, semua sudah siap saat jam 11, mereka kemudian berkumpul di halaman belakang villa dan bernyanyi-nyanyi gembira sambil menunggu jam 12 malam tiba. “Wah sudah jam 11:50, 10 menit lagi kita mulai acara barbeque-nya ya!” kata ayah Dion mengingatkan dan dijawab dengan sorakan gembira dari yang lainnya. Jam 12 tiba, mereka memulai acara barbeque. Daging sapi, ayam, jagung bahkan ubi pun mereka jadikan bahan barbeque mereka. Tak lupa mereka mengucapkan selamat ulang tahun kepada ibu Dion dan sebuah upacara yang biasa dilakukan saat perayaan ulang tahun, tiup lilin dan make a wish. Malam itu mereka lewati dengan sangat gembira. Acara barbeque berakhir jam 3 pagi dan dilanjutkan dengan beristirahat.

Saat jam 8 pagi, ibu Dion sudah akan menyiapkan sarapan. “cklek” “BOOOMMM!” terdengar ledakan dari arah dapur. Semuanya terkejut dan bergegas ke arah dapur. Ibu Dion sudah tewas terbakar, tersisa tabung gas yang diduga sumber dari ledakan itu. Mereka tidak percaya, wajah mereka mengekspresikan ketakpercayaannya dan kesedihan yang amat sangat. Tak lama kemudian ambulance dan polisi tiba di villa.

“Selamat siang, Pak. Apakah bapak suami korban?” seorang polisi bernama Marwan menyapa ayah Dion. “Benar, pak. Saya Zaenal.” Kata ayah Dion. “Saya turut berduka atas kejadian ini. Bisakah anda memberikan keterangan mengenai kejadian ini pada saya, pak?” tanya Pak Marwan. “Jadi hari ini adalah hari ulang tahun istri saya, Pak. Keluarga kami memang biasa merayakan ulang tahun di villa ini, oleh karena itu kami berada di sini sekarang.”
“Villa ini milik anda?”
“Benar, pak.”
“Lanjutkan.”
“Iya, kami sampai di villa ini sekitar jam 8 malam, pak. Kemudian beres-beres dan jam 11 malam kami berkumpul di halaman belakang itu untuk acara barbeque. Acara barbeque selesai jam 3 pagi kemudian kami tidur, pak. Kemudian tadi saya bangun jam setengah 8 dan duduk di kursi depan villa sembari minum kopi. Lalu saat saya minum kopi, terdengar suara ledakan dari arah dapur sampai-sampai kopi saya tumpah ke pakaian saya.” Kata ayah Dion sembari menunjukkan noda kopi di baju yang dikenakannya.
“Bagaimana dengan yang lainnya? Apa saja yang dilakukan tadi malam setelah barbeque hingga kejadian tadi?” tanya Pak Marwan kepada anggota keluarga yang lain.
“Setelah merayakan ulang tahun ibu tadi malam, saya langsung tidur karena sudah merasa ngantuk sekali. Lalu bangun jam 6 pagi untuk berjalan-jalan ke kebun teh di depan villa itu. Ya saya sendirian saat itu. Kemudian kembali ke villa jam setengah 8 pagi, tanya saja ayah jika anda tak percaya. Lalu saya mengambil air di kulkas dan duduk di depan televisi di ruang keluarga.” Kata Ricky.
“Saya dan istri saya juga langsung ke kamar, tapi saya sempat mandi sebelum tidur. Tentu di kamar mandi dalam kamar kami. Sedangkan istri saya sepertinya langsung tidur, dia merasa mengantuk sekali dan sedang hamil jadi seharusnya tidak tidur terlalu larut. Pagi harinya saya bangun jam 7 tadi, kemudian duduk di depan televisi untuk menonton siaran sepak bola. Saat itu istri saya masih tidur.” Kata Ardi.
“Benar apa yang dikatakan suami saya, saya sedang hamil jadi saat perayaan barbeque selesai, saya langsung tidur meskipun sebenarnya saya tidak tertarik untuk ikut acara ini, tapi...” “Tak seharusnya kamu ngomong begitu sekarang!” tiba-tiba Ardi memotong penjelasan istrinya itu. “Ya intinya saya tidur kemudian bangun saat mendengar suara ledakan itu.” Kata Citra melanjutkan.
“Semalam saya membereskan peralatan barbeque bersama kak Dika, kemudian kami mengobrol sebentar di ruang keluarga hingga akhirnya kami tertidur di sana. Entah itu jam berapa. Kemudian saya bangun karena dibangunkan oleh kak Lita dan dibuatkan kopi oleh kak Lita. Sementara kak Dika saat itu belum bangun, dia memang sulit dibangunkan.” Kata Dion.
“Ya begitulah, Pak. Saya merasa sangat ngantuk jadi saya tidak bangun saat Lita membangunkan saya. Kemudian saya bangun ketika mendengar ledakan yang cukup membuat saya terkejut. Dan bergegas ke dapur ternyata tabung gas meledak.” Kata Dika.
“Semalam saya pergi ke rumah Mang Didi, penjaga villa ini, untuk meminta tolong untuk membeli gas untuk pagi ini karena ternyata gas kami habis. Lalu saya kembali lagi ke sini untuk membantu membereskan peralatan barbeque, tapi ternyata sudah dibereskan oleh Dion dan Dika, jadi saya memutuskan untuk mencuci peralatannya saja. Setelah itu saya tidur. Kalau saya tak salah ingat, saat itu ibu dan ayah sudah kembali ke kamar mereka karena kelelahan. Saya bangun jam 7 pagi bersama ibu, saya kemudian membuatkan kopi untuk ayah dan Dion karena saya melihat mereka sudah bangun, sedangkan ibu bersiap untuk memasak. Saya kemudian pergi mandi, saat itu mungkin sekitar jam setengah 8. Dan baru saja saya mau keluar kamar mandi, saya mendengar ledakan yang mengejutkan, ternyata itu dari arah dapur.” Kata Lita.
“Hmm, begitu ya.” Kata Pak Marwan. “Terima kasih atas keterangan yang diberikan.” Katanya lagi.
Pak Marwan kemudian memerintahkan salah seorang polisi untuk memanggil Mang Didi.
“Anda Mang Didi? Saya Marwan.” Kata Pak Marwan ketika Mang Didi sudah datang.
“Benar, Pak. Ada yang bisa saya bantu?” Mang Didi menjawab.
“Apakah benar anda yang membeli gas yang di dapur itu?”
“Benar, dini hari tadi non Lita menyuruh saya untuk membeli gas untuk dipakai pagi ini, jadi saat jam 5 pagi saya pergi membeli tabung gas di bawah, cukup jauh memang, jadi saya harus pergi pagi-pagi agar tidak telat saat keluarga Pak Zaenal akan memakainya. Jam 6 saya sudah kembali dan menaruh gasnya di dapur, lalu saya kembali ke rumah saya karena harus mengurus kebun teh juga di depan sana.” Kata Mang Didi.
“Hmm baiklah, terima kasih, Mang.” Pak Marwan menyalami Mang Didi.

Diketahui bahwa korban adalah istri kedua Pak Zaenal, istri pertamanya sudah meninggal dunia sejak lama. Ardi, Dika, dan Lita adalah anak dari istri pertama Pak Zaenal sedangkan Dion dan Ricky anak dari istri kedua Pak Zaenal yaitu korban.

Polisi masih sibuk memeriksa TKP, apakah ini hanya kecelakaan ataukah ada unsur kesengajaan? Entahlah, polisi masih mencari jawabannya, yang tersisa di dapur hanyalah tabung gas yang sudah mulai berkarat, mayat ibu Dion sudah dibawa oleh ambulance sejak tadi.
Misteri kematian ibu Dion masih belum terkuak, apa yang sebenarnya terjadi...


__________________________________________________________________________________________________

RULE:
- NO CS LIMIT Siul-siul
- NO JUNK, SPAM, PERTAMAX, OOT, RUSUH ---> langsung ane CP- Siul-siul
- NO DOPOST, klu mau edit jawaban atau postingan ente, gunain fasilitas edit di pojok kanan atas postingan ente Jabat tangan
- LIMITED INVESTIGATION, investigasi dibatasi sampai page 2, selebihnya tidak akan ada investigasi, dengan pertimbangan bahwa case ini sudah memuat info yang dibutuhkan Jabat tangan
- NO CLUE! jangan berharap saya akan memberikan clue Jabat tangan
- JAWABAN TANPA ALASAN (BRUTEFORCE) = GAK AKAN DITANGGAPI = SALAH Jabat tangan
- JAWABAN BENAR, ALASAN SALAH = SALAH Jabat tangan
- Tikung menikung dihalalkan :hohoho: hati2 jgn smpe tertikung :hohoho: efek tikungan di luar tanggung jawab TS Jabat tangan
- CS full 1, gada pembagian. Ane hanya menerima jawaban yang lengkap, gak setengah-setengah. jawaban diharapkan mendekati 90% karena faktor tertentu yang tak memungkinkan kebenaran 100%
- Jawaban yang gak lengkap gak akan ditanggapi Jabat tangan



Pertanyaan:
Kemukakan analisa ente untuk mecahin case ini, LENGKAP!


keterangan:
Jawaban lengkap meliputi:
- PELAKU + ALASAN (kalo emang pembunuhan)
- TRIK (jika memang memiliki trik tertentu)
- BUKTI
- MOTIF
__________________________________________________________________________________________________
Selamat menikmati jadi malu


Terakhir diubah oleh Seth D. Kei tanggal Mon 30 Apr 2012 - 9:19, total 2 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com

PengirimMessage
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 7 May 2012 - 19:20

aza_aja wrote:
tersangkanya adalah lita,,karna terakhir yg memakai kompor adalah dia,,utuk mmbuatkan kopi,,,,terjadi kbcoran gas sblum itu,,mka lita yg akan mnggl,,

cra mmbuat ldakan,,kmngkinan,,kompornya yg di rusak,dngan cara mlebarkan sluran gas yg akan klur dri kompor,,dan artinya volume gas akan kluar jauh lbih bsar,,jka bagian itu normal,,cba lhat di regulator,,regulatornya ada knop untuk penyetelan gas kluar jga gakk,,jka ada,,mka lhat rglator tersebut,,dalm stelan yg pas gak,,karna jka terlalu bsar,,mka akan ada tekanan gas yg berlbh terhadap kompor yg dapt mmicu ldakan,,jka normal jga lihat pada bagian penyetelan saluran kluar gas,,di tiap kmpor gas kebanyakan ada,,karna volume gas yg kluar bisa di rubah,,,dan dari ke tga pnybab itu tdak akan bcor gas nya,tdak perlu pmicu,,,,jdan dari ke 3 cra tersebut ika tdak normal atau teralu bsar,,mka ckklleekk #dddoooooorrrrr#,,mledak,,,jka itu normal jga,

mka saya tdak tau hrus gmna lagi,,,

itu mrpkan cra tr aman
JAWABAN TIDAK DITERIMA
ALASAN: TIDAK ADA BUKTI DAN MOTIF Jabat tangan
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Tue 8 May 2012 - 22:49

Coba jawab lagi yach.
ada 2 kemungkinan lagi yach. dan jawaban soalnya aku gabung saja dalam satu kronologi yach..
_________________________________________________________________
Analisa pertama

Klo dilihat dari semua jawaban yang kamu utarakan tidak ada sayatan di selang gas, tidak ada komponen pada tabung yg lepas, regulator tetap aman pada tempatnya, selang tidak terlepas dari tempatnya. jadi menurut perkiraan saya gas yang digunakan untuk meledakkan dapur adalah gas yang keluar langsung saat korban menyalakan kompor,. dan yang membuat ledakan pemicu tadi adalah benda yang ada di atas kompor gas.

yach kalo mikirin logika sich, pasti kalo mau masak nggak langsung ngidupin komporkan, pasti yang pertama adalah ambil alat yang akan dipakai naikkan diatas panci, naikkan bahan-bahan yang dipakai terus nyalain kompor.

tapi biasa juga sich naikin alatnya setelah kompor dinyalakan.
terus apa masalahnya dengan hal itu. ?
yach perkiraan saya sich, bahan pemicu ledakan disimpan dibawah atau dioleskan dibawah alat rumah tangga yang akan digunakan untuk memasak. kemungkinan bahan yang digunakan sangat banyak, banyak sekali bahan kimia yang tidak berbau dan berwarna yang bisa digunakan untuk membuat ledakan dengan cara ini. jadi aku tidak tahu bahan apa yang TS maksud..

dan orang yang bisa melakukan itu semua adalah sama dengan yang sebelumnya yaitu LITA.
namun sekarang aku memakai alasan lain,
yach aku buang anggapan kalo lita membawa tabung kerumah mang Didi, dan disini nggak pengaruh hal itu. paling tidak hal itu aku hilangkan untuk analisa pertamaku ini,..

Jadi lita yang sudah merencanakan pembunuhan ini, bersiap-siap melakukan pembunuhannya. dia langsung akan mengolesi bagian bawah peralatan sesuai pernyataanya
" Lalu saya kembali lagi ke sini untuk membantu membereskan peralatan barbeque "

Sebenarnya dia akan melakukan aksinya itu setelah acara barbeque selesai, namun semua rencananya jadi ditunda karena dia tiba2 melihat gasnya habis, karena itulah dia segera pergi kerumah Mang Didi untuk meminta tolong dibelikan gas. Setelah pulang dari rumah Mang didi, dia akan memulai rencananya lagi, namun semuanya telah dibereskan oleh Dion dan Dika. karena untuk mengurangi kecurigaan, maka lita memakai alasan untuk mencuci peralatan itu, dan saat itulah dia menjalankan aksinya. dia mengolesi semua peralatan yang memungkinkan dipakai untuk memasak.

yach memang, kalo hanya dengan alasan itu saja semua saja bisa melakukannya namun hanya Lita yang memungkinkan rencana ini berhasil..
alasan saya mengatakan itu adalah karena hanya lita yang masuk kedalam dapur bersama ibunya.
lita mungkin saja memakai alasan karena dia ingin membuat kopi untun dion dan ayahnya. Tapi knapa hanya untuk mereka berdua yach.. padahal kalo dari alasannya ini
"
saya kemudian membuatkan kopi untuk ayah dan Dion karena saya melihat mereka sudah bangun "

kenapa dia hanya membuat 2 kopi, padahal yang sudah bangun bukan hanya mereka berdua.
ada ardi dan juga ricky yang juga ada didalam ruangan keluarga, kalo menurut saya sich. masa lita tidak melihatnya, apalagi dia menonton TV pasti sangat berisik. terus kenapa dia tidk membuatkan kopi untuk mereka berdua.

alasannya pasti karena membuat kopi bukanlah alasan pertama dia untuk masuk kedalam dapur, tapi hanya untuk memastikan kalo ibunya sudah siap untuk memasak, agar nantinya tidak salah target..
dan alasan kedua Lita hanya membuat 2 kopi, karena dia sudah tidak punya waktu untuk membuat kopi lagi. karena alasan ini.
"
ibu bersiap untuk memasak "

Hehehe, ternyata takut juga dia kena ledakan, ya iyalah siapa yg mau kena jebakan sendiri. karena alasan itulah karena dia ,melihat korban sudah bersiap memasak sehingga dia mengatakan
"
Saya kemudian pergi mandi "

setelah melihat ibunya bersiap masak dia langsung pergi kekamar mandi, karena dia tahu akan terjadi ledakan. karena itulah dia masuk kamar mandi. untuk menghindari ledakan..
dan kemungkinan alasan lain kenapa dia hanya membuatkan kopi untuk mereka berdua adalah karena kalo dari cerita hanya dia yg sempat berinteraksi dengan lita, jadi dia menggunakan mereka berdua sebagai pembuat alibi, jika lita hanya masuk untuk membuat kopi, bukan untuk melakukan tindak kejahatan. itu saja.

Untuk buktinya kemungkinan masih ada dibagian bawah panci atau wajan, pasti kalo benda ini tidak akan dicurigai jika berserakan didalam dapur. kemungkinan lita tidak mengoleskan di satu panci atau wajan, karena dia tidak tahu mana yg akan digunakan. tapi mungkin bahannya sudah berkurang karena menjadi tambhan peledak saat terjadi ledakan tadi..

dan motifnya masih sama kayak yang dulu..
mungkin maslah keluarga. atau Lita masih belum terima karena ayahnya menikahi ibunya dion.
klo
dilihat dari karakternya, lita sangat baik, dan penyayang. mungkin dia
sangat sayang sama ibunya, tapi ayahnya malah menikahi orng lain.
mungkin lita pura" menerimanya, padahal ternyata dia marah..
*nggak tahu juga sich, cuman itu yg sempat kepikiran...

_________________________________________________________________

Analisa kedua..
Pada analisa kedua ini saya akan lebih berkutat pada tabung gas itu..

pertama saya cuma mau bilang kalo perkiraan ini saya ambil dari analisa beberapa org yg lain. jadi kalo merasa ketikung saya minta maaf.

Masalahh tabung itu.
tabung itukan sudah lama nggak kepakai, kan villa baru akan dipakai setiap ada yg ultah.
jadi kalo berdasarkan dari yg dikatakan dalam case, bahwa tabung yang tertinggal dilokasi kejadian adalah tabung yang berkarat, maka dari sini bisa dikatakan kalo tabung yang terpasang tidak diganti.
karena kalo memang tabung sudah diganti maka pasti tidak akan berkarat tabungnya, karena pertamina tidak akan mengecer tabung yang sudah berkarat karena dapat membahayakan. jadi kemungkinan tabung tidak diganti.
Gas LPG yg sudah lama tidak dipakai akan sangat berbahaya jika awal dipakai, karena biasanya gas yg keluar seperti habis, tiba" keluar lagi, melengket lagi dan tiba" keluar lagi. aku juga tidak tahu persis knapa bisa begitu, aku hanya baca di internet, apa yg terjadi pada tabung yg sudah kadaluarsa saat digunakan. dan begitu yang kubaca. bahwa gasnya kadang keluar kadang tidak.
jadi kemungkinan saat kompor tidak nyala korban memakai korek api untuk memicu pembakaran, krena korban mengira kompornya yg rusak. namun saat itulah ternyata gasnya tiba" keluar, dan menyambar api yg tiba" membesar menjadi ledakan. atau bisa saja saat kompor sudah menyala, dan gas tiba" keluar dengan besar, maka akan membuat ledakan besar..

jadi kemungkinannya adalah antara 2 orang.
begini diinternet juga aku baca kalo biasanya pada tabung yg sdh kadaluarsa tiba" pembacaan dirgulator jadi kayak habis , jadi kemungkinan ini yg menjadi alasan lita mengatakan kalo gasnya habis padahal belum.

jadi pelakunya kemungkinan.
antara Lita atau Mang Didi.
dan cara memilihnya adalah dengan memeriksa TKP.
Jika disekitar rumah ditemukan tabung gas yg masih baru maka pelakunya lita, karena lita yg menukar tabung asli yg sudah dibawa oleh mang didi. dan memasang kembali tabung yang sudah tidak layak pakai itu. dan lita berpura-pura mengatakan tabung habis, padahal dia hanya ingin memfitnah mang didi.

tapi jika tidak ditemukan tabung gas yang masih baru, maka pelakunya adalah Mang didi, kemungkinan mang didi membawa tabung baru, namun karena melihat kalo ini bisa dijadikan kesempatan untuk membunuh Lita. yach jadi target sebenrnya kalo mang didi pelakunya adalah Lita.
karena ada kesempatan membunuh maka Mang Didi tidak menukar Tabung karatan yang sudah tidak layak pakai itu..

Kalo pelakunya lita motifnya sama dianalisa pertama.

namun jika pelakunya mang didi maka motifnya adalah, karena dia mungkin sering dimarahi oleh lita, atau dia merasa tersinggung dengan perbuatan lita.
jadi mang didi menargetkan Lita, karena setahu mang didi yang akan memasak adalah Lita, tapi dia tidak menyangka yg terkena adalh ibunya dion.

buktinya. tabung yang karatan itu. menandakan kalo tabung yg terpasang adalah tabung yang sudah lama tidak dipakai..

--------------------------------------------------------------------

Sekian Analisa Saya.
Mohon Maaf Jika Ada Kesalahan.
saya sengaja menulis 2 analisa langsung, karena saya
malas mempost secara berulang-ulang.
Mohon Dicek
Thanks before..

IeNDhrA_L


Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Wed 9 May 2012 - 13:53

Iendhra L:
 
analisa pertama:
1. alasan hanya berdasar teori Razz
2. zat kimia yg digunakan harus jelas dan terbukti ada di TKP atau skitarnya, klo yg ente bilang kn gak jelas tuh ntah ada atau gak, dgn kta lain klo gak ada brrti otomatis analisa ente SALAH Very Happy
3. untuk buktinya jga gada zat smcam itu Very Happy

analisa kedua:
1. pakai korek? gada bekas korek =D
2. tabung tuh berat lho sweat repot bgt Lita bawa2 tabung HAMMER HEAD aplgi smbunyiin dskitar villa, bakal lgsg ktauan donk bengong
3. bagaimana bsa tau klo tabungnya berkarat bengong yg berkarat kn bagian dalamnya itu lho bengong

yah analisanya udh mulai mengarah, tpi skali lgi ilmunya belum tepat Very Happy
jangan terfokus pada pelakunya, tapi pada kasusnya Very Happy

ganbare dadah...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
tanz~
Newbie
Newbie


Age : 19
Contribute : 0
Jumlah posting : 3
Lokasi : pontianak

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Wed 9 May 2012 - 15:09

siapa yang memasang tabung gas itu?
apa ada barang mencurigakan yang bisa dijadikan bukti? :derp:
Lita mengatakan bahwa dia membuat kopi untuk yang lain, apa lita mengunakan kompor untuk memasak air? atau memang sudah tersedia air panas?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Wed 9 May 2012 - 15:53

tanz~ wrote:
siapa yang memasang tabung gas itu?
apa ada barang mencurigakan yang bisa dijadikan bukti? :derp:
Lita mengatakan bahwa dia membuat kopi untuk yang lain, apa lita mengunakan kompor untuk memasak air? atau memang sudah tersedia air panas?
silakan introduce dlu di http://www.netdetectiveindonesia.org/f1-member-introduction Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
aza_aja
Newbie
Newbie


Contribute : 0
Jumlah posting : 66

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Wed 9 May 2012 - 17:15

ehh,,,seth,,q dah revsi ulang tu jawabn q,,bner gak
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Wed 9 May 2012 - 19:51

aza_aja:
 
1. udh berkali saya tulis di post saya, Lita gak pake kompor untuk memanaskan air.
2. caranya kurang lebih sama dgn yg dikatakan solver lain Very Happy dan bukan seperti itu caranya Very Happy
3. lgipula klo caranya sperti itu, kapan Lita melakukannya, ente gak jelasin kapan dia melakukan hal itu Very Happy dsmping itu, hal2 tsb tdak trbukti dlm case ini Very Happy

maaf msih salah Very Happy
cba lagi dadah...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
hidehiro
Newbie
Newbie


Contribute : 0
Jumlah posting : 21
Lokasi : jawa barat

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Wed 9 May 2012 - 23:51

saya coba jawab ya Smile

dari jangka waktu mang didi pasang gas baru, maka interval waktu kosong yaitu dari jam6-jam7. menurut saya yang mungkin adalah lita dan dion karena dika adalah orang yang susah bangun tidur kemungkinan lita bergerak bebas melancarkan aksinya lebih besar,dan lita membangunkan dion bisa jadi itu adalah cara lita membuat alibi


sebenarnya saya kurang yakin dengan cara pertama ini,soalnya belum ada keterangan pasti hanya saja saya sering menghindari penggunaan HP jika sedang menggunakan gas jadi malu

yupzz...mungkin cara pertama yaitumenggunakan sinyal hp,karena sebelumnya tidak ada kebocoran dll di TKP. apalagi lita orang terakhir yang meninggalkan korban di TKP.


yang kedua, biasanya untuk menyalakan arang yang saya tau menggunakan minyak tanah, dari minyak tanah ini bisa jadi adanya pemicu ledakan.


motifnya kemungkinan lita menyimpan dendam tersendiri pada ibu tirinya, dari sikapnya yang kurang menyenangkan.


sekian analisis saya,maaf jika ada kesalahan peaceee....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Thu 10 May 2012 - 0:48

hidehiro:
 
1. sinyal HP? gmna cranya?
2. minyak tanahnya diapain smpe bsa trjdi ledakan?
3. harap dijelaskan, jangan hanya memberikan jawaban tanpa adanya penjelasan dan prosedurnya Very Happy
4. dan analisa ente juga gak terbukti Very Happy

msih salah, silakan cba lgi Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Thu 10 May 2012 - 21:56

Wahh, sdh pusing banget nich.aku sudah bingung dengan trik sederhana yang bisa digunakan.
kalopun nantinya ada triknya. aku sangat penasaran dengan trik yang digunakan, pasti sangat jarang orang yang tahu dech...

sekarang kayaknya aku mau jawab dengan yang agak berbeda dengan yang sebelumnya.
( Ada 2 Analisis Yach, kan nggak boleh DOPOST )
dalam case ini saya coba beranggapan kalo tidak orang yang bohong, semuanya berbicara sesuai dengan yang sebenarnya. ada beberapa hal yang coba aku jelaskan.

Kata TS.
" Saat jam 8 pagi, ibu Dion sudah akan menyiapkan sarapan. “cklek” “BOOOMMM!” terdengar ledakan dari arah dapur "

Kata Lita
" saat itu mungkin sekitar jam setengah 8. Dan baru saja saya mau keluar kamar mandi, saya mendengar ledakan yang mengejutkan, ternyata itu dari arah dapur "

2 keterangan ini coba saya gabungkan yach. menurut TS yang pasti benar keterangannya, tidak mungkin TS bohong dalam casenya. jadi kejadiannya jam 8.terus dari pendapat Lita, dia mengatakan kalo saat jam setengah 8 ibunya sudah bersiap-siap untuk memasak, dan saat itu juga dia sudah bersiap untuk mandi. berarti kejadian yang diceritakan lita terjadi setelah jam setengah 8.sedangkan kejadian yang sesuai dengan keterangan TS, maka kejadian terjadi saat jam 8.
dan satu lagi pendapat Lita yang lebih menjelaskan yaitu pendapat yang mengatakan

" Dan baru saja saya mau keluar kamar mandi "

kata" itu mengisyaratkan kalo Lita mendengar ledakan itu saat lita sudah selesai mandi dan akan keluar dari kamar mandi. kalau lita masuk kamar mandi jam setengah 8. dan dia mandi.

*pengalaman pribadi, biasanya kakakku yg cewek mandi kurang lebih setengah jam

berarti kejadiannya sudah jelas jam 8.dan kalo berdasarkan keterangan tersangka.
yang dimana saya beranggapan semuanya jujur yach.. setelah jam setengah 8, semuanya memiliki kegiatan.

pak zaenal : minum kopi, sambil baca koran.
Ardi, dion, dika, ricky : semuanya ada diruang keluarga, dengan kesibukan masing"
Citra : masih tidur dikamarnya.
Lita : sedang mandi.

jadi saat ini saya kemungkinan mengatakan kalo semua yang terjadi adalah Kecelakaan saja..
jadi kemungkinan saat korban memasak ada sesuatu kesalahan yang dia perbuat sehingga membuat, atau memicu ledakan. kalo untuk kesalahan yang lain mungkin aku belum bisa terlalu tahu apa yang terjadi..

_____________________________________________________
_____________________________________________________

Hehehe, mungkin itu analisa saya kalau misalnya kejadian ini sebuah kecelakaan, tapi kayaknya msih terlalu aneh dech kalo ini sebuah kecelakaan.
sebenarnya aku punya satu teori lagi. tapi nggak terlalu yakin sich, cuma modal searching saja. soalnya nggak terlalu paham soal bahan" kimia.dalam teori ini ada 2 kemungkinan yang menjadi pelaku.

ok saya sebutkan dulu yach triknya..
menggunakan bahan yang sangat tidak terduga, dan gampang banget ditemukannya.bahan ini biasanya digunakan pada pembuatan film Action, karena ledakan yang dihasilkan bahan ini cukup besar, dan bagusnya lagi bahan ini akan segera hilang setelah terjadi ledakannya. pada perfilman bahan ini sering dipakai karena untuk mencegah bekas ledakan merusaki properti yang akan digunakan. karena itulah bahan ini sering digunakan menggantikan minyak dan mesiu.

Dan bahan yang saya maksud adalah KOPI.

mungkin terasa aneh yach. saya juga bingung tidak ternyata, setelah baca" diinternet saya mendapat informasi kalau ternyata kopi bisa digunakan untuk membuat ledakan.baik dalam bentuk bubuk, maupun dalam bentuk bahan semprotan.

jadi bahan kopi bertindak sebagai arang pembakaran yang denganya maka akan trjadi ledakan yang cukup besar.dalam kasus ini saya tidak jelas cara apa yang digunakan apakah dengan cara menyimpan bubuk kopi didekat pembakaran kompor. dan saat itulah kopi meledak dan bekas" kopi akan menghilang tanpa ada sisa sama sekali. sangat susah untuk mengetahui jejak kopi yang telah menghilang.

atau bisa juga dengan meggunakan alat semprot untuk membuat partikel" kopi memenuhi udara. namun biasanya kalo memakai cara ini, ledakannya akan sangat luar biasa besar. karena cara inilah yang dipakai di dunia perfilman.

Terus pelakunya menurut saya yang memungkinkan adalah
antara Lita dan Pak Zaenal.

terus bagaimana cara mengeliminasinya.
yach berdasarkan tulisan saya yg bagian awal tadi.
masalh waktu yang dituliskan oleh TS.
kalo memang penjelasan TS benar bahwa saat itu kejadiannya jam 8.

maka Lita akan terbebas dari tuduhan.alasan saya membebaskan Lita.Untuk memasang trik ini pasti lita akan melakukannya sebelum ibunya masuk kedapur. jadi kalo memang lita keluar jam setengah 8, dan ibunya memasak setengah 8. maka jika lita telah memasang jebakan kopi ini sebelum jam setengah 8., pasti saat ibu lita masuk dan langsung menyalakan kompor pasti akan langsung terjadi ledakan. tapi jika memang benar kejadian ledakan terjadi jam 8. maka saat lita keluar jam setengah 8. dan ibunya memasak jam itu, berarti belum ada ledakan, kalo bukan lita yg pasang jebakannya. dan saat ibu sudah memasak saat itulah ayah datang, tapi dia hanya di pintu dapur. dia menyemprotkan kopi kedalam dapur, dan saat merasa sudah udara sudah terpenuhi kopi maka dia akan pergi. dan menunggu udara membawa partikel kopi, sehingga nantinya akan tersulut api dan terjadi ledakan.dan kemungkina kopi yg tumpah dibajunya adalah bekas saat mempersiapkan bahannya. jadi saat dia melihat kopi itu dia jadi berpikir untuk melakukan pembunuhannya.

namun peluang ayah melakukannya sangatlah kecil. karena dia hanya diberikan kopi oleh Lita. bisa juga ini untuk membuat alibi juga.pembuatan alibi yang dilakukan lita.

sekarang motifnya.
kalo lita pelakunya maka motifnya sama dengan motif sebelumnya.
tapi kalo pelakunya adalah Pak zaenal.
kemungkinan motifnya adalah, karena dia tidak suka dengan cara hidup istrinya. istrinya kemungkinan punya masalah dengan beberapa anak pertama pak Zaenal, yg membuat pak zaenal berpikir kalo dia tidak cocok untuk menggantikan istrinya yang dulu.
atau bisa juga ada masalah suami istri lainnya.

dan buktinya, sangat sulit yach.
- coba periksa dibagian dapur, kalo ada serbuk kopi yg tersisa kemungkinan trik ini benar.
- periksa bagian dekat perapian kompor, korban mungkin tidak curiga kalo ada serbuk kopi di dekat kompor. berarti kalo ditemukan sudahp pasti pelakunya Lita. karena tidak mngkin ada orang yg mau menyimpan kopiny saat kompor nyala. berarti kopi disimpan sbelum kompor nyala.
- kalo ditemukan alat semprot yang berisi unsur" kopi, maka ini akan lebih menarik. karena kemungkinan pelakunya bisa jadi 2.kalo begitu saya mau tanya sama TSnya.
jam berapa sebenarnya kejadian sebenarnya. kalo jam 8, berarti pelakunya pak zaenal. tapi kalo jam setengah 8, yaitu saat korban menylakan kompor dan langsung meledak, berarti kopi disemprot sebelum korban masuk, jadi pelakunya Lita.
- hanya tambahan yach, kopi juga bisa sich untuk membuat sebuah bahan dari besi cepat berkarat. tapi menurut saya masa sich bisa secepat itu. nggak tahu lach. aku nggak paham ilmunya.

Lebih Kurang Mohon di maafkan
Mohon Dicek. dan diperiksa biar paham apa yg kurang..
Good Case
Thanks.

IeNDhrA_L
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Thu 10 May 2012 - 22:40

Iendhra L:
 
1. kalopun itu sebuah kecelakaan, silakan jelaskan mekanisme bagaimana kecelakaan itu bisa terjadi. jika terjadi kesalahan, kesalahan dlm hal apa dan bagaimana hingga kecelakaan dapat terjadi Very Happy
2. ente bilang "pada perfilman bahan ini sering dipakai karena untuk mencegah bekas ledakan merusaki properti yang akan digunakan", artinya dgn menggunakan kopi, ledakan memang mungkin bisa terjadi namun tidak bersifat destruktif, artinya kemungkinan korban tewas bisa dikatakan kecil.
3. bekas trik tsb memang hilang di TKP Very Happy maka bukti triknya harus ditemukan selain di TKP Very Happy
4. jika demikian, bagaimana bsa plaku melakukan triknya? bukankah dgn trik tsb pelaku harus standby di TKP? apalagi untuk trik semprot Very Happy

masih salah, memang benar bendanya sangat mudah ditemukan dan takkan menyangka bahwa benda itu yg digunakan, tapi bukan kopi Very Happy
dan triknya tidak seperti itu Very Happy

semangat! dadah...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Thu 10 May 2012 - 23:13

maaf cuma mau ngejelasin jawaban kamu yach.
nggak ada maksud OOT.

yg sya maksud merusak properti adalah bekas ledakan.
biasanya kalo pakai bubuk mesiu untuk membuat film, sisa ledakan yg dikeluarkan oleh mesiu masih dapat merusak, beda dengan kopi. kopi hanya meledak. dan sisa ledakannya tidak berbahaya.
bukan berarti ledakannya tidak berbahaya..

tapi klo memang bukan ini triknya.
tdk papalach, saya akan cari lagi..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Thu 10 May 2012 - 23:28

Iendhra L wrote:
maaf cuma mau ngejelasin jawaban kamu yach.
nggak ada maksud OOT.

yg sya maksud merusak properti adalah bekas ledakan.
biasanya kalo pakai bubuk mesiu untuk membuat film, sisa ledakan yg dikeluarkan oleh mesiu masih dapat merusak, beda dengan kopi. kopi hanya meledak. dan sisa ledakannya tidak berbahaya.
bukan berarti ledakannya tidak berbahaya..

tapi klo memang bukan ini triknya.
tdk papalach, saya akan cari lagi..
lho klo gtu ngapain ente bilang gak mrusak properti klo mksudny adlh gak mninggalkan bekas. kn di jwaban ente jga bilang bekasnya ilang, tujuannya apaan bilang 2 kali hal yg sama dgn kata2 berbeda? Very Happy
MERUSAK tidak sama dengan MENGINGGALKAN JEJAK Very Happy
jadi gak bisa dibenarkan bahwa maksud dri tidak merusak adalah tidak meninggalkan jejak ledakan Very Happy
di mana2 bung, SISA ledakan gada yg berbahaya, bom sekalipun klo udh mledak bakal ninggalin sisa atau bekas, emgny brbahaya? klo brbahaya, gak bakal bsa dianalisa atau diperiksa Very Happy
ingat ya, yg ente sebutkan adalah SISA, bukan BAHAN Very Happy
skali lgi, klo memang kopi, bagaimana melakukan trik tsb? klo gak bsa dijelaskan, sama aja hanya teori Jabat tangan
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 12 May 2012 - 11:15

jawab lagi ach. tetap semangat...
semangat semangat semangat

untuk yang kopi itu, saya nggak tahu lach bgmn teorinya aku saja nggak terlalu ngerti,.. ternyata biasanya memang kopi hanya untuk membuat efek ledakan, pada sebuah perfilman, jadi kyknya memang nggak terlalu berbahaya..

Untuk yang satu ini kemungkinan ledakannya sangat nyata, antara tahun 1980-2005 telah ada 281 ledakan serupa di Amerika yang memakan 119 nyawa.
dan bahannya adalah GULA

sekarang kita ke casenya.

kemungkinan pertama adalah kecelakaan, jadi krononya gini.
dari yang saya baca, banyaknya kejadian ledakan karena gula semuanya dari bergabungnya partikel gula dengan oksigen udara, yg jika tersulut api maka akan langsung terjadi ledakan.

kejadiannya begini, saat ibu lita memasak dia melihat Lita telah membuatkan kopi untuk Dion dan pak Zaenal, tetapi dia belum membuatkan kopi untuk ardy dan Ricky. karena itulah korban membuat kopi dan saat memasukkan gula, tiba" ada gula yg tertumpah dan korban membersihkannya. saat itulah partikel" gula itu bercampur dengan udara. apalagi didaerah puncak, yg biasanya kadar oksigen sangat tinggi, dan ditambah dengan tumbuhan teh. yg depat dengan mudah membentuk oksigen. oksigen ini bercampur dengan debu gula, dan saat itulah terjadi peledakan.

Ini juga bisa jadi kasus pembunuhan, pelakunya Lita dia yg sengaja membuat debu gula entah dengan cara apa, yg pasti dia membuat debu gula didalam ruangan. cara sederhana membuat debu gula dengan cara meniup serbuk gula dan akhirnya debu gula akan beterbangan didalam ruangan, dan saat disulut api maka akan terjadi ledakan..
atau dia juga bisa membuatnya dengan sengaja menghamburkan gula atau menumpahkan gula, dan nantinya akan beterbangan sendiri debu gulanya..

Kejadian seperti ini banyak terjadi, sebuah pabrik gula meledak, karena didalam pabrik sangat banyak debu gula yg beterbangan sehingga dapat trjadi ledakan.

namun untuk disebut sebuah pembunuhan sangat sulit, karena masa sich Lita tiba" berpikir ingin membunuh hanya karena malihat gula..
dan kemungkinan terjadinya juga nggak terlalu besar..

meskipun kemungkinan terjadinya tetap sangat besar, tapi kita tetap tidak bisa mengharapkan akan terjadi ledakan, karena kalo semua debu gula menjadi ledakan pasti gula tidak akan diproduksi lagi.
kecuali Lita sudah merencanakannya dari awal, dan sudah mengetahui kalo didaerah puncak debu gula akan lebih mudah terbang..


jadi ledakan ini hanyalah sebuah kecelakaan yang diakibatkan oleh debu gula.

buktinya apa yach...
mungkin bisa diperiksa sekitar kejadian, gula yg beterbangan sudah pasti menghilang karena ledakan, tapi pasti masih ada sisa bahan gula, yg tidak menjadi debu, dan hanya terjatuh dilantai, atau masih berserakan.
atau bagaimana lach cara menguji kandungan gula dalam ruangan..

Untuk lebih jelasnya masalah ledakan dengan gula, bisa dibaca di artikel ini. semua yang berhubungan ada di artikel ini. segala proses, dan kejadiannya ada di artikel ini..

http://wahyuriyadi.blogspot.com/2008/07/betulkah-gula-dapat-menyebabkan-ledakan.html

itu saja dulu, saya betul" bingung mau jawab apalagi, keterbatasan ilmu masalah hal ini, membuat saya tidak bisa terlalu banyak menganalisa kejadian ini. karena itulah saya cuma mencari teorinya di internet. dan menghubungkan teori ini dengan segala kejadian ini..

Mohon maaf
atas segala kekurangan..
Maaf Maaf Maaf
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 12 May 2012 - 11:35

Iendhra L:
 
teori yang sangat bagus, dan cukup mencengangkan Applause
CP+ deh karena ini menambah pengetahuan saya tentang teori ledakan XD

tpi sayang skali msih salah Very Happy
Lita mengatakan bahwa ibunya tidak membuatkan kopi untu Ardy dan Ricky, jika pun membuatkan kopi untuk mereka berdua tentu akan ditemukan dua gelas berisi kopi, meskipun terjadi ledakan tentu akan meninggalkan sebuah bekas bahwa gelasnya udah diberi kopi. karena tak mungkin kn memberi gula dulu lalu setelah itu kopi, lazimnya adalah memberi kopi lalu gula lalu air dan diaduk XD
dan lagi gada bekas gula di TKP Very Happy

sejauh ini sudah semakin mengarah, hanya saja belum benar Maaf
berpikir sederhana akan membawamu pada kebenaran XD

semangat semangat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 13 May 2012 - 23:07

hahaha... salah lagi yach
sudah nggak tahu lagi mau jawab apa.
kalo menurut kamu ini sudah terlalu lama, kamu boleh tutup case ini.
aku penasaran sama jawaban sebenarnya..
tapi itu terserah kamu saja...
_______________________________________________________________

Coba lagi yach..
Ini kemungkinan kejadian kecelakaan.
kejadian ini terjadi didaerah Puncak. dimana sangat banyak hal yg dapat mempengaruhi, atau faktor yg berbeda dengan yang ada dikota.
mulai dari perbedaan suhu, cuaca, kadar oksigen, dan juga berbagai perbedaan dari segi udara.
hal inilah yang mungkin mengakibatkan kecelakaan ini, hal yang mungkin biasa dilakukan dikota, juga dilakukan korban didaerah puncak, namun karena adanya perbedaan tadi sehingga membuat kecelakaan ini terjadi..

untuk bahan yang dapat memicu ledakannya, sementara ini saya tidak tahu.
sebenarnya selain kopi atau gula, banyak lagi bahan masakan yang tadinya tidak berbahaya, tapi bisa berubah jadi berbahaya.
bahan" yang mengandung banyak karbohidrat dapat menjadi pemicu ledakan,
selain gula, bisa juga tepung, roti, nasi, dan banyak lagi bahan yang dapat jadi pemicunya.
selain itu bisa juga bahan yang mengandung kadar soda yang tinggi, karena bisa menjadi bahan yang berfungsi seperti karbit, ditambah dengan oksigen udara yang tinggi,. dan saat disulut api , maka saat itulah terjadi ledakan.
saya tidak bisa menentukan apa bahan yg spesifik karena sangat banyak kemungkinan.

untuk kronologi kejadian.
ada kemungkinan saat korban memasak dia tidak sengaja menjatuhkan bahan yang sedang dia masak atau goreng.
kalo bahannya seperti tepung juga bisa mengurai diudara seperti gula dan juga menjadi bahan peledak.

tapi untuk bahan yg padat, jika terhatuh didekat api maka akan terjadi ledakan.
saat korban mau memasak, dia mempersiapkan bahan"nya dan diapun tidak mengira kalo bahan yang dia akan olah berbahaya, karena memang biasanya tidak berbahaya.

saat dia akan memasak dia tidak sengaja menjatuhkan bahan yang akan diolah didekat api kompor dan menyalakan apinya.

dan hal lain juga bisa terjadi andaikan korban menggoreng.
mungkin korban tidak melihat kompor dan saat korban menggoreng karena terlalu panas maka apinya menembus panci dan apinya membesar sehingga membuat api muncul diatas penggorengan.
ini yg biasa terjadi pada chef" saat memasak.

dan bahan yg berbahaya tadi mungkin mengakibatkan ledakan dan memicu terjadinya ledakan besar ..

berhubung ibu mau mempersiapkan sarapan, jadi ada kemungkinan dia akan memanggar roti dengan wajan pembakaran, mungkin tidak ada pembakaran otomatis, jadi dia membakar roti dengan penggorengan.
dan hal yg tadi terjadi, sehingga bahan yg mengandung karbohidrat seperti roti dapat menjadi pemicu ledakan itu.

ledakan juga bisa terjadi akibat koslet listrik, tapi ini peluangnya kecil, krena kompor baik" saja. tidak ada gas yg keluar. karena biasanya ledakan juga terjadi jika gas bocor dan terjadi korslet listrik.
tapi dari keterangan tidak ada gas yg keluar, jadi hal ini diabaikan..

buktinya mungkin, dapat dilihat semua bahan yang akan diolah dan dibuat makanan oleh korban, kemungkinan ada bahan yg dapat membuat ledakan, yg terjatuh disekitar kompor korban.
bahan yg mungkin berpengaruh yaitu bahan seperti yg saya jelaskan sebelumnya.
dan untuk bahan yg serbuk seperti gula tadi, bisa dilihat juga apa ada bahan yg tertumpah di lokasi, karena jika ada maka bisa saja bahan itu bercampur diudara dan menjadi serbuk diudara dan meledak.
mungkin bahan seperti tepung, dan sejenisnya..
kalo kmu meminta saya mnyebutkan apa bahan yg spesifik, saya belum terlalu jelas.
karena yg saya temukan diinternet sangat jaran yg menyebutkan bahan secara spesifik, hanya menyebutkan kandungannya secara umum.

Thanks.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 13 May 2012 - 23:25

Iendhra L:
 
nope, saya belum bosen dgn case ini...
klo memang gtu, hrusnya sblum2nya pas mreka k puncak bakal trjdi kjdian yg sama donk? kn bukan pertama kalinya mereka ke sini...
yah spertinya analisanya mmiliki kemajuan, hanya saja belum terfokus pada pokok dari case ini yang sebenarnya saya tuliskan dalam case.
memang benar tidak berbahaya, hanya berbahaya jika dalam kondisi tertentu.
selebihnya msih salah Very Happy
keep trying semangat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Yanto_Kudou
Case Solver
Case Solver


Age : 21
Contribute : 69
Jumlah posting : 1058
Lokasi : Sekadau, West-Borneo

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 14 May 2012 - 2:43

Hanya berbahaya jika dalam kondisi tertentu ya... Hmm


Test lagi...
Jika dipikir logika dalam alibi, Mang Didi, dan Lita cocok menjadi tersangka... Hmm

Tapi, dianalisa mengenai ledakannya. Sepertinya bukan ledakan yang direncanakan... Hmm
Intinya, Analisa saya kali ini adalah, kematian korban karena KECELAKAAN.

Dilihat dari bahan dapur, memang ada bahan dapur yang bisa menyebabkan ledakan. Tapi, dari analisa Iendhra, belum menemukan bahan yang menyebabkan ledakan.

Ledakan memang dapat ditimbulkan karena instalasi bahan bakar untuk penggunaan di dapur seperti tabung gas atau instalasi pipa gas.

Tapi, menurut saya Salah satu penyebab ledakan yang mungkin tidak terduga adalah mungkin karena keberadaan septictank di villa itu dengan konstruksi yang salah.

Penjelasannya :

Septic tank itu merupakan suatu fasilitas penampung kotoran dari toilet untuk suatu unit rumah atau bangunan lainnya. Bentuk septic tank biasanya berupa suatu bak yang biasanya berada di dalam tanah dan tertutup dari permukaan tanah. Untuk menampung kotoran, tentu saja harus ada saluran berupa pipa untuk tempat masuknya kotoran. Dari sisi konstruksi, selain pipa masuk mestinya juga ada saluran pipa untuk pembuangan luapan air dan juga pipa pembuangan gas. Kalau di kota-kota besar dimana tersedia jasa penyedotan septic tank, maka ukuran bak ini dapat tidak terlalu besar, namun setiap selang waktu tertentu harus dilakukan penyedotan. Apabila memang tersedia lahan yang relatif mencukupi tentu saja, ukurannya dapat disesuaikan dengan perkiraan jumlah kotoran yang dihasilkan.

Mengingat septic tank adalah tempat penampungan kotoran, tentu saja akan berbau tidak enak. Karena alasan inilah, terkadang orang berpikir untuk menghindari bau dan caranya adalah dengan membuat septictank yang tertutup rapat tanpa ada pipa pembuang gas. Konstruksi seperti ini dianggap dapat menghindarkan dari bau busuk yang muncul, tetapi di sisi lain akan menimbulkan bahaya. Seperti diketahui kotoran manusia di dalam septictank akan mengalami proses biologis yang mengakibatkan dekomposisi atau peruraian bahan dengan bantuan mikroba. Dari hasil peruraian tersebut akan dihasilkan produk uap air dan gas-gas seperti gas metana (CH4) dan karbondioksida (CO2) serta gas lain dalam jumlah relatif sedikit seperti gas hidrogen sulfida (H2S) atau amoniak (NH3). Gas metana merupakan suatu senyawa hidrokarbon fraksi ringan yang memiliki sifat mudah terbakar. Metana merupakan komponen utama dalam produk liquid natural gas (LNG) atau yang lebih dikenal sebagai gas alam, yang merupakan sumber devisa Indonesia selain minyak bumi. Dalam jumlah yang relatif sedikit dari hasil dekomposisi bahan di dalam septic tank, gas-gas ini akan diproduksi dan dikeluarkan melalui pipa pembuangan gas.

Dalam jumlah kecil seperti ini tidak akan mengakibatkan bahaya kecuali penyebaran bau tidak enak dari keberadaan gas H2S dan NH3 tersebut. Untuk menghindari bau ini dapat diatasi dengan membuat pipa pembuang yang menjulur ke atas lebih tinggi dari ukuran tubuh manusia, kira-kira sekitar 2 meter. Gas ini akan terbuang ke udara dan tidak tercium oleh manusia di sekitarnya.
Apabila tidak ada pipa pembuang gas, tentu saja gas-gas akan terkumpul dan menghasilkan tekanan. Sampai pada waktu tertentu, tekanan gas di dalam septic tank akan semakin besar. Pada kondisi inilah, apabila tekanan sudah cukup besar dan mungkin dipicu oleh temperatur di sekitarnya maka akan dapat mengakibatkan konstruksi tidak kuat sehingga terjadi retakan. Gas akan keluar dan tercampur dengan udara luar, hal ini akan dapat mengakibatkan reaksi pembakaran secara spontan yang kemudian berefek menghasilkan ledakan keras. Dari sinilah penyebab terjadinya ledakan seperti di dapur itu.

Bisa jadi pula disebabkan tekanan gas dalam kolam Penampungan limbah(septic Tank) Terlalu Tinggi, jika ada sulutan api sedikit saja maka ia akan Meledak.


Nah, Kronologinya :

Pagi itu, Korban dan Lita bangun jam 7 pagi, Korban bersiap untuk meyiapkan sarapan. Lita melewati ruang keluarga dan membangunkan Dion lalu ke dapur untuk membuatkan kopi untuk Dion dan ayahnya. Setelah itu, Lita pergi mandi. Nah, saat Lita di kamar mandi, mungkin saja Lita ada membuang kotoran ( BAB ). Lalu, dari septic tank yang terbuka itu menyebarkan bau tidak sedap di dapur. Saat mau memasak, Ibu yang tidak tahan dengan bau itu lalu menghindari bau dengan cara dengan membuat septictank yang tertutup rapat tanpa ada pipa pembuang gas.
Saat itu, korban tidak menyadari betapa bahayanya kondisi seperti itu. Juga pada saat itu ada gas metana (CH4) dan karbondioksida (CO2) serta gas lain dalam jumlah relatif sedikit seperti gas hidrogen sulfida (H2S) atau amoniak (NH3) yang telah tersebar di dapur itu. Nah, Saat itulah korban tidak menyadari jika dia sedang dalam bahaya. Ketika menyalakan kompor, Lalu terjadilah ledakan.


sekian dari analisis saya...


CMIIW Very Happy



Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://MyZone-MyBlogz.blogspot.com
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 14 May 2012 - 11:01

Yanto_Kudou:
 
analisa yg keren Applause
tpi, dgn trik atau cara yg ada pda analisa ente, tentu akan menghasilkan bau dari gas tersebut jika memang retak dan gasnya keluar sehingga berinteraksi dengan udara luar dan menyebabkan ledakan. jika demikian, seharusnya saya menuliskan bahwa tercium bau, tapi saya gak nulis itu... tpi ada hal yg saya tuliskan yg merupakan petunjuk penting dlm kasus ini hihihi...
oh ya, dgn keadaan sprti analisa ente, psti bakal kcium jga baunya stelah ledakan, penyidik/polisi psti bakal sadar donk Hihi

msih salah Very Happy
CP+1 untuk tambahan pengetahuan dlm analisa ente good

keep trying semangat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Fri 18 May 2012 - 14:06

coba jawab lagi,.
sudah berapa kali yach. mungkin sudah hampir 20x joget stress joget stress

tapi aku tetap semangat semangat semangat

langsung saja yach.
ini kejadian kecelakaan.
penyebabnya karena beberapa faktor pemancing, dan karena memang hal ini tidak terlalu diperdulikan, tapi siapa kira hal ini bisa jadi berbahaya.

penyebab ledakan adalah, karena korban BERSENDAWA.

terdengar aneh yach, tapi inilach kejadian yg terjadi kepada Vlad cazacu
pemain sirkus asal Rumania, yang tiba" bersendawa saat kejadian, sehingga dia menyebabkan terjadinya ledakan besar. dan diapun terbakar.

alasannya karena saat tampil dia meminum bahan yg mengandung cola sehingga saat dia akan menyembur api, apinya meledak..

lebih jelas kunjungi link ini..
http://uniqpost.com/21094/10-fakta-mengerikan-seputar-kematian/

terus kenapa ini terjadi pada korban, entahlach karena acara malam" itu dapat membuat korban kebanyakan menghirup udara. sehingga dia bisa mudah bersendawa.
tapi apa faktor pendukungnya.
mungkin apa yg dikomsumsi korban selama ini, selama barbeque bisa saja banyak makanan yg mengandung cola yg dia makan..
dan salah satu bahan yg mengandung cola adalah Ubi.

meskipun saya merasa aneh dengan hal ini, saya sangat jarang liat ada barbeque dengan ubi, kalopun ada pasti hanya bahan tambahan. tapi kamu menyebutnya dengan jelas, mungkin memang bahan ini berpengaruh.

yang saya dapatkan diinternet. Di Amerika Serikat ubi jalar diolah menjadi gula fruktosa yang digunakan sebagai bahan baku industri minuman coca cola. yach bahan yang dapat menjadi pemicu ledakan sama yg terjadi pada Vlad tadi..

lebih lengkapnya masalah ubi, klik link ini.
http://tipspetani.blogspot.com/2011/04/prospek-dan-potensi-ubi-jalar.html

dan hal tambahan yg saya dapatkan, mungkin hanya kebetulan,
saat pertama kalo case ini launching aku membaca case ini, dan umur ibunya yg ulang tahun adalah 43 tahun, tapi kamu ubah.
awalnya aku pikir ini mungkin hanya kebetulan,

tapi akhir" ini saya baru berpikir kenapa harus diganti yach, mank ada pengaruhnya. setelah aku baca artikel Vlad itu, aku menemukan hal yg sangat tidak kupercaya, ternyata umur Vlad saat kejadian itu adalah 43 tahun, sama dengan keadaan korban yg awal.
dari situ saya dapat ngambil kesimpulan, bahwa kamu mengganti umurnya untuk menyembunyikan hal ini.

tapi itu hanya tambahan kok, selebihnya sama dengan analisaku tentang kecelakaan sebelumnya.
karena ini kecelakaan maka pasti tidak ada pelaku, trik, dan motif..
Thanks..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Fri 18 May 2012 - 16:04

Iendhra L:
 
anooo~
berarti itu kn si Vlad lgi niup api kn? bengong
dlm kjdian pda case, emangnya buat apa korban niup api? ya mgkin bsa trjdi ledakan dengan sendawa jika kebetulan saat korban hendak meniup api atau posisi mulut dekat dengan api kemudian korban bersendawa hingga menyebabkan ledakan bengong
cba bayangin org lgi masak, apa mukanya dekat dengan api? bengong
memang benar ubi dapat menghasilkan gas selayaknya cola, tapi jika menilik pda pnjelasan saya di atas, sepertinya hampir mustahil terjadi bengong
nope, saya tambagin umurnya karna saya merasa agak aneh klo usia ibunya sgitu tpi anaknya (Dion) udh 19 tahun HAMMER HEAD jdi saya edit Very Happy
sama skali gak pengaruh pda apapun kok umurnya itu Very Happy
apakah tak ada sesuatu yg dapat menuntun ente dri keterangan yg saya tulis dlm case ini?
tabung tersebut berkarat, ya meskipun sudah meledak, tapi masih terlihat dan diketahui bahwa tabung itu berkarat Very Happy
see ya dadah...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
shoryuuken
Newbie
Newbie


Contribute : 0
Jumlah posting : 14

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 21 May 2012 - 16:17

Mau nyoba jawab Maaf :

Apakah ini pembunuhan dengan trik atau murni sebuah kecelakaan
saya akan mencoba menguraikan chronlogy kejadian terlebih dahulu untuk menguraikan hal-hal terlebih dahulu

1 hari sebelum kejadian :

- Lita, kakak perempuan Dion menelpon Mang Didi, penjaga villa untuk mempersiapkan villa dan hal-hal lainnya di villa.

- Dika, kakak laki-laki Dion yang masih melajang, pergi ke pasar swalayan untuk membeli keperluan untuk di villa nanti, buah, sayur, makanan ringan, daging untuk barbeque, dan bahan-bahan makanan lainnya.

- Ayah Dion sibuk mengecek mesin mobil,
alasan : memang butuh pengecekan yang detail karena menimbang tempat tujuan adalah puncak yang tentu menanjak, jadi mesin harus dalam keadaan prima agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

- Dion dan Ricky, adik Dion, memiliki tugas untuk mempersiapkan barang bawaan seperti pakean dan segala macamnya untuk diangkut ke mobil.

- Sedangkan Ardi, kakak Dion yang telah berkeluarga belum datang ke rumah Dion.
alasan: tidak tinggal serumah

jam 4.00 sore hari :

- Ardi dan sang istri, Citra, datang.

- berangkat menuju TKP

jam 4.15 sampai 8.00 malam hari :

- berhenti di POM bensin.
alasan : mengisi gas

- makan di rumah makan

jam 8.00 malam :
- sampai di tujuan
- siap-siap untuk barbecue

jam 11.00 malam :
- berkumpul di halaman belakang villa dan bernyanyi-nyanyi

jam 12.00 malam :
- acara barbeque.

jam 3.00-jam 6 pagi hari :
- dilanjutkan dengan beristirahat.
(Pak Zaenal, Ibu, Ricky)

- Ardi dan istri pergi ke kamar, Ardi sempat mandi sebelum tidur. Tentu di kamar mandi dalam kamar kami. istri langsung tidur, karena sedang hamil + (alasan yang gak jelas)

- Dion membereskan peralatan barbecue Dika, mengobrol sebentar di ruang keluarga hingga akhirnya tertidur di sana. Entah itu jam berapa.

- Lita pergi ke rumah Mang Didi, penjaga villa dan setelah pulang mencuci peralatan
Setelah itu saya tidur. Kalau saya tak salah ingat, saat itu ibu dan ayah sudah kembali ke kamar mereka karena kelelahan

Jam 5.00 pagi hari:
- Mang Didi pergi membeli tabung gas di bawah,

jam 6.00 pagi hari:
- Ricky bangun berjalan-jalan ke kebun teh di depan villa itu
- yang lainnya masih tidur
( Lita, Ardi, (istri ardi) Citra, Dika, Dion, (ayah) Pak Zaenal )
- Mang Didi sudah kembali dan menaruh gasnya di dapur

Jam 7.00 pagi hari
- Ardi duduk di depan televisi untuk menonton siaran sepak bola
- Lita bangun kemudian mencoba membangunkan Dika dan Dion, lalu membuatkan kopi untuk ayah dan Dion karena saya melihat mereka sudah bangun
- Ibu bangun kemudian untuk memasak
- Citra sedang tidur
- Dika sedang tidur

jam 7.30 pagi hari :
- Pak Zaenal bangun dan duduk di kursi depan villa sembari minum kopi
- Ricky pulang dilanjutkan dengan mengambil air di kulkas dan duduk di depan televisi di ruang keluarga.
- Lita Mandi

Jam 8.00 pagi hari :
- terdengar ledakan dari arah dapur.
- Lita baru beres Mandi
- Ayah minum Kopi
- Dika baru bangun
- Citra baru bangun


jika di teliti dari Chronology saya (walopun gak sempurna) dan dicocokan dengan alibi mereka, akan terlihat beberapa kejanggalan :

Need More CLue apakah ini kesalahan CM ato disengaja?,

(padahal udah bikin Chrono nya kalo ini bukan hal penting tidaaaaak... ) curcol pundung


ada yang aneh dari Alibi Lita, pada saat Lita bangun, yaitu sekitar jam 7 pagi, Lita mengaku membuat Kopi karena melihat Dion dan Ayah sudah bangun, nyatanya Ardi sudah bangun dan sedang menonton Bola di ruang tivi Keluarga, sedangkan Ayah Bangun jam 7.30 (setengah delapan)

Lita membuat 2 kopi untuk ayah dan Dion saja?? kok cuman 2 kenapa yang lain (Ardi) gak di buatin???

keterangan saksi (Lita karena dia yang terakhir kali bersama Ibu), Ibu bangun jam 7 dan menurut kesaksian Lita, Ibu mau menyiapkan sarapan, di dapur kan pastinya? selama setengah jam Lita Bikin Kopi (tapi media untuk membuat kopinya gak jelas karena gak pernah disebutin di kasus, mau nyebut teko listrik tapi minum teh ) nah selama setengah jam Lita dan Si Ibu bareng2 kan? harusnya si Lita tau si Ibu lagi ngapain, kenapa gak dikasih tau ke polisi Heh

kalo menurut imajinasi saya si Ibu lagi mencoba memasang gas karena menurut kesaksian Mang Didi Jam 6 saya sudah kembali dan menaruh gasnya di dapur MENARUH doang gak di PASANG ( tapi gak ada saksi lain selain Lita, kalo menurut kronologi sih cocok, ngikutin fakta aja ngacir ) nah selama 1 jam itu ( padahal di dunia nyata masang gas cuman 1 menit aja) anggap aja 1 jam + tetek bengeknya, begitu aja deh

tapi sayangnya kompornya rusak ( seperti kata solver diatas) dan naas bagi Ibu, kompor gas meledak dan tubuhnya terbakar. Bukti bahwa ini adalah sebuah kecelakaan adalah gak ada :trollface:

Maaf kalo salah

tapi masih ada hal aneh yang belum saya analisis seperti

Spoiler:
 

apa sebenernya yang disembunyikan


Terakhir diubah oleh shoryuuken tanggal Mon 21 May 2012 - 16:31, total 2 kali diubah (Reason for editing : mewarnai tulisan + TYPO)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 21 May 2012 - 20:11

shoryuuken:
 
wah sistematis Applause
1. mengenai knapa lita bkin dua kopi, itu udh saya jelasin di sebelumnya deh bengong silakan bca lgi XD
2. memanaskan airnya jga udh saya bahas sebelumnya yaitu di pemanas listrik, bukan dgn kompor Very Happy
3. kn si Lita bilang nyiapin kopi trus mandi bengong
4. ini saya gak ngrti mksud dri analisa ente bengong trus sbnerny kasus ini kasus apa donk mnurut ente? kompor rusak? masa sih? emg saya bilang kompornya rusak? bengong
sori kk, analisanya msih belum terarah n jelas Maaf

silakan cba lgi Very Happy
yg dsmbunyiin dri sang istri? cma masalah kluarga, dan ini udh saya ulas di komen sebelumnya Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
shoryuuken
Newbie
Newbie


Contribute : 0
Jumlah posting : 14

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 21 May 2012 - 22:45

Spoiler:
 

Spoiler:
 

Maaf jadi tadinya saya mau menjelaskan kalo kasus ini kecelekaan, awalnya di mulai dari waktu sebelum kejadian, yaitu saat Lita melihat meteran gas dan mengetahui tidak ada tekanan gas alias kosong, nah lalu Lita pergi ke rumahnya Mang Didi untuk segera membeli gas karna rusak,

saya akan fokuskan kepada saksi (lita) dan korban (ibu)

pagi harinya jam 6 :

- Mang Didi hanya MENARUH tidak MEMASANG gas tersebut dan Mang Didi MENARUHNYA di dapur.

jam 7 pagi:
- Ibu dan Lita Bangun
- Lita memasak air menggunakan Teko Listrik/ pemanas Listrik
karena Lita tahu gasnya Abis dan Belum di pasang
- Ibu MEMASANG gas yang mang Didi Antar karena lita memberi tahu ibu kalo gasnya habis dan belum di pasang

Jam 7.30 pagi :

- Lita pergi mandi setelah menyiapkan 2 cangkir kopi
- Ibu menyiapkan makan pagi (motong2 sayuran ato apapun itu) setelah MEMASANG gas.

Jam 8.00 pagi :

- Lita beres mandi
- saat Ibu mau memulai masak *CKLEK BOOM

jadi begitulah kejadiannya

( sebenernya dari banyak kejadian "gas Meledak" yang meledak bukanlah tabung gas nya, tapi kompor, karena 100% setelah kejadian ini tabung gas masih dalam keadaan utuh (tidak berpencar) dan ada beberapa penyebab dari kasus ledakan ini pertama karena kompor yang tidak menggunakan standard SNI alias mudah rusak, tali katup pada gas yang tidak sesuai SNI alias mudah longgar sehingga gas mudah keluar, Human error (ketidak mengertian cara memasang gas) )

karena TS gak menyebutkan kompor rusak kemungkinannya menjadi tinggal 2 yaitu Tali katup yang tidak sesuai SNI dan Human Error, TS menyangkal solver Kudo Sinichi yang menyimpulkan karena kesalahan katup

Sehingga

tinggal 1 kemungkinan lain yaitu Human Error, Si Ibu gak mengerti cara masang atau instalasi gas dengan benar,

saya menyimpulkan ini sebuah kecelakaan karena Alibi Lita yang blak-blakan, padahal dia bisa di tuduh sebagai pelaku, lalu Alibi Mang Didi juga yang jujur, ditambah Fakta Chronologi.

buktinya: kompor yang meledak dan tabung gas terbakar itu sebenernya bukti, kalo di kasus-kasus seperti ini memang itu yang polisi bawa

kecuali jika pelakunya lebih dari 1 dan sebenernya ada trik yang "Heboh". maka hipotesa saya di atas ini salah besar mati
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Tue 22 May 2012 - 10:54

shoryuuken:
 
maaf tapi memang analisa ente salah besar Very Happy
saya udh nulis di dalam case bahwa tabung gasnya yang meledak, hingga hancur (gak hancur lebur, tapi hancur) Very Happy
jdi klo ente bilang kompornya yg mledak, dan tabungnya gak meledak atau utuh, itu memang salah karna ente gak tliti bca case saya Very Happy
silakan coba lagi, kalau begitu Smile
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Today at 1:22

Kembali Ke Atas Go down
 

Case File: Ledakan di Dapur

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 3 dari 4Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Net Detective Indonesia :: Net Detective Locker :: Trash Bin-