IndeksP O R T A LCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Case File: Ledakan di Dapur

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next

genre case untuk next case?
Chronology Case
65%
 65% [ 15 ]
Code Case
35%
 35% [ 8 ]
Total Suara : 23
 

PengirimMessage
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 29 Apr 2012 - 11:27

First topic message reminder :

PERHATIAN:
 

OPEN!:
 

CASE BEGIN! yahooo....
Dua hari lagi Dion bersama keluarganya akan pergi menginap di villa. Hari itu bertepatan dengan ulang tahun ibunya yang ke-48. Sudah menjadi suatu tradisi dalam keluarga Dion untuk menginap di villa milik keluarganya ketika ada anggota keluarganya yang berulang tahun. Dion adalah seorang remaja berusia 19 tahun, mahasiswa jurusan akuntansi di sebuah universitas negeri ibukota. Ia memiliki seorang ibu dan seorang ayah, dua orang kakak laki-laki dan seorang kakak perempuan, serta seorang adik laki-laki. Kakak laki-laki Dion yang pertama telah berkeluarga karena saat ini usianya memang sudah cukup untuk berkeluarga, 27 tahun.

Suatu sore yang agak mendung, hari ini adalah tepat sehari sebelum ulang tahun ibu Dion. Persiapan pun dilakukan, Lita, kakak perempuan Dion menelpon Mang Didi, penjaga villa untuk mempersiapkan villa dan hal-hal lainnya di villa. Dika, kakak laki-laki Dion yang masih melajang, pergi ke pasar swalayan untuk membeli keperluan untuk di villa nanti, buah, sayur, makanan ringan, daging untuk barbeque, dan bahan-bahan makanan lainnya. Ayah Dion sibuk mengecek mesin mobil, yah memang butuh pengecekan yang detail karena menimbang tempat tujuan adalah puncak yang tentu menanjak, jadi mesin harus dalam keadaan prima agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Dion dan Ricky, adik Dion, memiliki tugas untuk mempersiapkan barang bawaan seperti pakean dan segala macamnya untuk diangkut ke mobil. Sedangkan Ardi, kakak Dion yang telah berkeluarga belum datang ke rumah Dion. Ardi memutuskan untuk tinggal terpisah dengan keluarganya setelah menikah, ya tujuannya untuk lebih mandiri dan memang tak enak juga jika sudah berkeluarga namun masih tinggal serumah dengan keluarga. Tepat jam 4 sore Ardi dan sang istri, Citra, datang. Citra sedang hamil 2 bulan, memang belum terlihat tanda perut membesar yang jelas, tapi Ardi dan Citra sudah mengeceknya ke dokter kandungan.

“Yak, persiapan selesai! Are you ready???” kata ayah Dion. “READY!” anggota keluarga yang lain menjawab dengan serempak. Kemudian semuanya bergegas masuk ke dalam mobil, ada dua mobil yang digunakan, karena jika hanya satu mobil tentu takkan bisa mengangkut semuanya ditambah lagi banyak barang-barang bawaan yang dibawa, tentu akan terasa sangat sesak di dalam mobil. Mereka pun berangkat.

15 menit sejak keberangkatan, mereka menemukan pom bensin dan memutuskan untuk mengisi bensin agar tak kehabisan bensin saat menuju puncak. Mereka mengisi bensin sampai penuh, tentu saja untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Setelah selesai dengan pengisian bensin, mereka pun melanjutkan perjalanannya. Wajah mereka tampak riang dan menikmati perjalanan ini, dalam hati mereka sudah bisa membayangkan apa yang akan mereka lakukan dan rasakan di villa nanti. Mereka tentu akan bersenang-senang merayakan hari ulang tahun ibu Dion.

“Akhirnya sampai juga!” kata Ricky sembari meregangkan tubuhnya yang sudah 3 jam berada di dalam mobil selama perjalanan menuju puncak. “Iya ya, hhhmmmmm.” Lenguh Dion sembari menarik nafas panjang-panjang. Saat itu sudah jam 8 malam, mereka segera memasukkan barang-barang ke dalam villa dan membereskannya. Malam ini akan ada acara barbeque, mereka tak makan malam di villa, karena memang sudah makan malam di rumah makan dalam perjalanan tadi.

Barbeque dimulai jam 12 malam, semua sudah siap saat jam 11, mereka kemudian berkumpul di halaman belakang villa dan bernyanyi-nyanyi gembira sambil menunggu jam 12 malam tiba. “Wah sudah jam 11:50, 10 menit lagi kita mulai acara barbeque-nya ya!” kata ayah Dion mengingatkan dan dijawab dengan sorakan gembira dari yang lainnya. Jam 12 tiba, mereka memulai acara barbeque. Daging sapi, ayam, jagung bahkan ubi pun mereka jadikan bahan barbeque mereka. Tak lupa mereka mengucapkan selamat ulang tahun kepada ibu Dion dan sebuah upacara yang biasa dilakukan saat perayaan ulang tahun, tiup lilin dan make a wish. Malam itu mereka lewati dengan sangat gembira. Acara barbeque berakhir jam 3 pagi dan dilanjutkan dengan beristirahat.

Saat jam 8 pagi, ibu Dion sudah akan menyiapkan sarapan. “cklek” “BOOOMMM!” terdengar ledakan dari arah dapur. Semuanya terkejut dan bergegas ke arah dapur. Ibu Dion sudah tewas terbakar, tersisa tabung gas yang diduga sumber dari ledakan itu. Mereka tidak percaya, wajah mereka mengekspresikan ketakpercayaannya dan kesedihan yang amat sangat. Tak lama kemudian ambulance dan polisi tiba di villa.

“Selamat siang, Pak. Apakah bapak suami korban?” seorang polisi bernama Marwan menyapa ayah Dion. “Benar, pak. Saya Zaenal.” Kata ayah Dion. “Saya turut berduka atas kejadian ini. Bisakah anda memberikan keterangan mengenai kejadian ini pada saya, pak?” tanya Pak Marwan. “Jadi hari ini adalah hari ulang tahun istri saya, Pak. Keluarga kami memang biasa merayakan ulang tahun di villa ini, oleh karena itu kami berada di sini sekarang.”
“Villa ini milik anda?”
“Benar, pak.”
“Lanjutkan.”
“Iya, kami sampai di villa ini sekitar jam 8 malam, pak. Kemudian beres-beres dan jam 11 malam kami berkumpul di halaman belakang itu untuk acara barbeque. Acara barbeque selesai jam 3 pagi kemudian kami tidur, pak. Kemudian tadi saya bangun jam setengah 8 dan duduk di kursi depan villa sembari minum kopi. Lalu saat saya minum kopi, terdengar suara ledakan dari arah dapur sampai-sampai kopi saya tumpah ke pakaian saya.” Kata ayah Dion sembari menunjukkan noda kopi di baju yang dikenakannya.
“Bagaimana dengan yang lainnya? Apa saja yang dilakukan tadi malam setelah barbeque hingga kejadian tadi?” tanya Pak Marwan kepada anggota keluarga yang lain.
“Setelah merayakan ulang tahun ibu tadi malam, saya langsung tidur karena sudah merasa ngantuk sekali. Lalu bangun jam 6 pagi untuk berjalan-jalan ke kebun teh di depan villa itu. Ya saya sendirian saat itu. Kemudian kembali ke villa jam setengah 8 pagi, tanya saja ayah jika anda tak percaya. Lalu saya mengambil air di kulkas dan duduk di depan televisi di ruang keluarga.” Kata Ricky.
“Saya dan istri saya juga langsung ke kamar, tapi saya sempat mandi sebelum tidur. Tentu di kamar mandi dalam kamar kami. Sedangkan istri saya sepertinya langsung tidur, dia merasa mengantuk sekali dan sedang hamil jadi seharusnya tidak tidur terlalu larut. Pagi harinya saya bangun jam 7 tadi, kemudian duduk di depan televisi untuk menonton siaran sepak bola. Saat itu istri saya masih tidur.” Kata Ardi.
“Benar apa yang dikatakan suami saya, saya sedang hamil jadi saat perayaan barbeque selesai, saya langsung tidur meskipun sebenarnya saya tidak tertarik untuk ikut acara ini, tapi...” “Tak seharusnya kamu ngomong begitu sekarang!” tiba-tiba Ardi memotong penjelasan istrinya itu. “Ya intinya saya tidur kemudian bangun saat mendengar suara ledakan itu.” Kata Citra melanjutkan.
“Semalam saya membereskan peralatan barbeque bersama kak Dika, kemudian kami mengobrol sebentar di ruang keluarga hingga akhirnya kami tertidur di sana. Entah itu jam berapa. Kemudian saya bangun karena dibangunkan oleh kak Lita dan dibuatkan kopi oleh kak Lita. Sementara kak Dika saat itu belum bangun, dia memang sulit dibangunkan.” Kata Dion.
“Ya begitulah, Pak. Saya merasa sangat ngantuk jadi saya tidak bangun saat Lita membangunkan saya. Kemudian saya bangun ketika mendengar ledakan yang cukup membuat saya terkejut. Dan bergegas ke dapur ternyata tabung gas meledak.” Kata Dika.
“Semalam saya pergi ke rumah Mang Didi, penjaga villa ini, untuk meminta tolong untuk membeli gas untuk pagi ini karena ternyata gas kami habis. Lalu saya kembali lagi ke sini untuk membantu membereskan peralatan barbeque, tapi ternyata sudah dibereskan oleh Dion dan Dika, jadi saya memutuskan untuk mencuci peralatannya saja. Setelah itu saya tidur. Kalau saya tak salah ingat, saat itu ibu dan ayah sudah kembali ke kamar mereka karena kelelahan. Saya bangun jam 7 pagi bersama ibu, saya kemudian membuatkan kopi untuk ayah dan Dion karena saya melihat mereka sudah bangun, sedangkan ibu bersiap untuk memasak. Saya kemudian pergi mandi, saat itu mungkin sekitar jam setengah 8. Dan baru saja saya mau keluar kamar mandi, saya mendengar ledakan yang mengejutkan, ternyata itu dari arah dapur.” Kata Lita.
“Hmm, begitu ya.” Kata Pak Marwan. “Terima kasih atas keterangan yang diberikan.” Katanya lagi.
Pak Marwan kemudian memerintahkan salah seorang polisi untuk memanggil Mang Didi.
“Anda Mang Didi? Saya Marwan.” Kata Pak Marwan ketika Mang Didi sudah datang.
“Benar, Pak. Ada yang bisa saya bantu?” Mang Didi menjawab.
“Apakah benar anda yang membeli gas yang di dapur itu?”
“Benar, dini hari tadi non Lita menyuruh saya untuk membeli gas untuk dipakai pagi ini, jadi saat jam 5 pagi saya pergi membeli tabung gas di bawah, cukup jauh memang, jadi saya harus pergi pagi-pagi agar tidak telat saat keluarga Pak Zaenal akan memakainya. Jam 6 saya sudah kembali dan menaruh gasnya di dapur, lalu saya kembali ke rumah saya karena harus mengurus kebun teh juga di depan sana.” Kata Mang Didi.
“Hmm baiklah, terima kasih, Mang.” Pak Marwan menyalami Mang Didi.

Diketahui bahwa korban adalah istri kedua Pak Zaenal, istri pertamanya sudah meninggal dunia sejak lama. Ardi, Dika, dan Lita adalah anak dari istri pertama Pak Zaenal sedangkan Dion dan Ricky anak dari istri kedua Pak Zaenal yaitu korban.

Polisi masih sibuk memeriksa TKP, apakah ini hanya kecelakaan ataukah ada unsur kesengajaan? Entahlah, polisi masih mencari jawabannya, yang tersisa di dapur hanyalah tabung gas yang sudah mulai berkarat, mayat ibu Dion sudah dibawa oleh ambulance sejak tadi.
Misteri kematian ibu Dion masih belum terkuak, apa yang sebenarnya terjadi...


__________________________________________________________________________________________________

RULE:
- NO CS LIMIT Siul-siul
- NO JUNK, SPAM, PERTAMAX, OOT, RUSUH ---> langsung ane CP- Siul-siul
- NO DOPOST, klu mau edit jawaban atau postingan ente, gunain fasilitas edit di pojok kanan atas postingan ente Jabat tangan
- LIMITED INVESTIGATION, investigasi dibatasi sampai page 2, selebihnya tidak akan ada investigasi, dengan pertimbangan bahwa case ini sudah memuat info yang dibutuhkan Jabat tangan
- NO CLUE! jangan berharap saya akan memberikan clue Jabat tangan
- JAWABAN TANPA ALASAN (BRUTEFORCE) = GAK AKAN DITANGGAPI = SALAH Jabat tangan
- JAWABAN BENAR, ALASAN SALAH = SALAH Jabat tangan
- Tikung menikung dihalalkan :hohoho: hati2 jgn smpe tertikung :hohoho: efek tikungan di luar tanggung jawab TS Jabat tangan
- CS full 1, gada pembagian. Ane hanya menerima jawaban yang lengkap, gak setengah-setengah. jawaban diharapkan mendekati 90% karena faktor tertentu yang tak memungkinkan kebenaran 100%
- Jawaban yang gak lengkap gak akan ditanggapi Jabat tangan



Pertanyaan:
Kemukakan analisa ente untuk mecahin case ini, LENGKAP!


keterangan:
Jawaban lengkap meliputi:
- PELAKU + ALASAN (kalo emang pembunuhan)
- TRIK (jika memang memiliki trik tertentu)
- BUKTI
- MOTIF
__________________________________________________________________________________________________
Selamat menikmati jadi malu


Terakhir diubah oleh Seth D. Kei tanggal Mon 30 Apr 2012 - 9:19, total 2 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com

PengirimMessage
Yanto_Kudou
Case Solver
Case Solver


Age : 21
Contribute : 69
Jumlah posting : 1058
Lokasi : Sekadau, West-Borneo

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Fri 4 May 2012 - 22:45

pundung kan ane nggak bilang kalau Lita masaknya pake kompor, tapi pemanas air ( yang listrik ) bukan ?

berarti sejauh ini hanya hanya trik dan bukti saja yang salah ? bengong\


CMIIW Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://MyZone-MyBlogz.blogspot.com
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Fri 4 May 2012 - 22:47

Yanto_Kudou wrote:
pundung kan ane nggak bilang kalau Lita masaknya pake kompor, tapi pemanas air ( yang listrik ) bukan ?

berarti sejauh ini hanya hanya trik dan bukti saja yang salah ? bengong\


CMIIW Very Happy
yg jelas jwaban ente masih salah, saya gak bsa ksih tau yg mna yg bner atau salah Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Yanto_Kudou
Case Solver
Case Solver


Age : 21
Contribute : 69
Jumlah posting : 1058
Lokasi : Sekadau, West-Borneo

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Fri 4 May 2012 - 23:04

Nanya dulu seth... Very Happy

masih page 2 bukan ? Very Happy


nanya :

Apakah ada serbuk putih di dekat tabung gas, atau berserakan di lantai ?



Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://MyZone-MyBlogz.blogspot.com
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Fri 4 May 2012 - 23:41

Yanto_Kudou wrote:
Nanya dulu seth... Very Happy

masih page 2 bukan ? Very Happy


nanya :

Apakah ada serbuk putih di dekat tabung gas, atau berserakan di lantai ?



:derp:
gada deh, cma gosong2 gtu gara2 ledakan :derp:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 7:42

langsung jawab saja dech.
pelakunya Ricky. alasannya. bgmn yach mungkin ini juga sdh trmaksud bagian dari kronologinya. jadi langsung kronologi saja yach. jadi pertanyaan nomor 1 dan 2 saya gabung.

begini. dengan logika ada 2 cara yach untuk mengecek apakah gas sudah habis atau belum. cara yg pertama yaitu dengan melihat regulator, tapi biasanya sich yach coba langsung saja dinyalain kompornya, dan untuk amannya yach, dengan cara keduanya. pertama coba nyalain kompor, lalu lihat gas.

jadi klo memang lita nyalain kompor pada malam hari dan belum terjadi ledakan, maka trik ini bukan dipasang pada malam hari, dan yg kedua setelah saat mang Didi memasang gas pada kompor, sama dengan yg tadi, sesuai logika saat memasang tabung, tidak mungkin begitu saja langsung pasang langsung pergi. pasti saat sudah tidak tercium bau gas pasti langsung coba nyalain kompornya, jadi trik dilakukan setelah jam 6 pagi.
dan dari sini lach saya ambil kesimpulan, klo tidak ada keterangan yg bohong, maka pelakunya adalah orang yg cepat bangunnya, dan dia adalah Ricky.
kenapa bukan yg jam 7, kan korban juga bangun jam 7, klo trik baru akan dimulai saat jam 7 maka korban akan melihatnya... jadi dia akan ketahuan, kenapa bukan mang Didi. entahlah tidak ada motif, dan alibinya cukup jelas, sebagaimana luasnya itu kebun teh, pasti tetap kita akan terlihat oleh orang lain yg juga sedang melakukan pekerjaannya di kebun teh, pasti mang Didi memiliki alibil. sedangkan ricky tidak memiliki alibi yg cukup kuat. dan kalo memang dia menggunakan trik klo dia ada di tempat saat kejadian, nach itulah hebatnya dia, membuat alibi dengan cepatnya. dia langsung masuk kedalam sebelum kejadian terjadi. dan langsung pergi kedekat ardi menonton TV untuk memperkuat alibi yaitu sdh ada org yg melihatnya. OK trik sudah siap dan Alibi sudah sempurna maka kita sudah terbebas dari tuduhan.

dan trik yg digunakan adalah.
membuat gas dengan limbah yg tidak terpakai, biasa disebut dengan biogas, gas yg dihasilkan berupa gas methana, gas yg tidak berbau, tidak berwarna , tapi dapat membuat ledakan yg cukup besar. apalagi diruangan itu ada gas, yg dapat membuat ledakannya lebih membesar.
saya tidak terlalu mngerti dengan cara mebuatnya, tetapi yg pasti biogas biasanya dibuat dari bekas bahan organik, seperti sampah sayuran, daging. dan berbagai bahan lainnya.
dan bisa juga gas biogas yg telah jadi dibawa dari tempat tinggalnya, atau juga bisa dibuat ditempat baik dengan proses Asidifikasi setelah itu dia membuat produksi metan, dengan menggunakan bakteri pembuat gas methan, entah apa namanya, yg pasti waktu SMA saya pernah lihat, karena ada salah satu lab yg dapat membuat sampah eceng gondok jadi bahan gas dan etanol cair.

tapi dalam case ini digunakan trik pembuatan gas methan dengan sampah organik. jadi yg bisa membawa dengan mudah barang2 yg dibutuhkan, ricky juga akan sangat mudah membawanya, karena ricky adalah salah satu orang yg membawa barang kedalam mobil, jadi dengan itu ricky akan mudah membawa barang" yg dibutuhkan untuk membuatnya, atau juga dia bisa membawa gas yg sdh jadi kedalam mobil.

jadi triknya sdh jelas. sekarang kronologi kejadian.
pagi hari ricky bangun dan membawa segala persiapannya kedekat dapur, mungkin dia melakukan trik ini dengan menyambungkan selang kedalam dapur, setelah itu dia memasukkan kedalam dapur. dan akhirnya setelah merasa sudah cukup banyak dan telah siap dia akhirnya pergi dari tempat persembunyiannya, dengan membawa barang" keperluannya.
dan dari tempatnya juga itu dia melihat gerak gerik orng yg ada dalam dapur. dan saat targetnya sudah ada dalm dapur diapun melakukan triknya itu, dan setelah itu pergi.

mungkin hanya itulah trik yg dilakukan.
dan apa motifnya.
yach sebenarnya pelaku bukan menrgetkan Ibu itu ( nggak tahu namanya )
tapi yg dia tergetkan adalah kakak tirinya yaitu Lita.
sebenarnya yg pelaku lihat pertama kali masuk adalah lita, dan saat itulah dia memasukkan gasnya, namun ternyata lita tidak memasak dengan kompor tapi dengan mggunakan kompor listrik. dan itulah yg membuat trik ini gagal terhadap lita.
Pelaku tahu kebiasaan lita, yaitu membuatkan kopi untuk ayahnya pada pagi hari. karena mereka semuakan tinggal satu rumah. kecuali ardi itu.. jadi pasti ricky sudah mengetahui kebiasaan lita.

namun setelah pelaku pergi, hal yg dluar dugaan terjadi, lita keluar dan akhirnya ibunya yg terkena ledakan itu. jadi sebenarnya pelaku salah untuk menjebak korbannya.

dan motif yg sebenarna adalah, mungkin adalah keirian antara saudara tiri.
kalo dilihat dari semua kejadian yg ada, lita adalah anak yg sangat baik, dia selalu melakukan perbuatan yg sangat baik, membantu ibu tirinya, menyayangi ayahnya, bahkan dia baik pada dion. hal itulah yg membuat Ricky iri.
dan kemungkinan lita lebih diperdulikan oleh kedua orang tuanya, terlebih lita lebih disukai oleh ibu ricky, padahal ricky adalah anak kandungnya.

ricky adalah anak bungsu jadi dia maunya dimanja, namun mugkin ortunya lebih suka dengan lita, karena itulah dia marah, dan memilih membunuh lita, tapi sayangnya dia malah salah dan membunuh orang tuanya sendiri.

mungkin sudah cukup yach,
kalo masih ada yg kurang, saya mohon maaf Maaf
dan untuk kekurangannya mungkin akan saya tambahkan di post lainnya.
karena saya sendiri blum terlalu yakn,. karena pada dasarnya saya hanya berpikir logika, namun dalam membuat case didunia maya,. kadang ada hal yg tidak sesuai logika. karena semuanya berdasar pada imajinasi TS, tapi saya tidak bisa menyalahkan hal itu.
mohon dicek ...

CMIIW Maaf
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 8:52

Wammy_I wrote:
langsung jawab saja dech.
pelakunya Ricky. alasannya. bgmn yach mungkin ini juga sdh trmaksud bagian dari kronologinya. jadi langsung kronologi saja yach. jadi pertanyaan nomor 1 dan 2 saya gabung.

begini. dengan logika ada 2 cara yach untuk mengecek apakah gas sudah habis atau belum. cara yg pertama yaitu dengan melihat regulator, tapi biasanya sich yach coba langsung saja dinyalain kompornya, dan untuk amannya yach, dengan cara keduanya. pertama coba nyalain kompor, lalu lihat gas.

jadi klo memang lita nyalain kompor pada malam hari dan belum terjadi ledakan, maka trik ini bukan dipasang pada malam hari, dan yg kedua setelah saat mang Didi memasang gas pada kompor, sama dengan yg tadi, sesuai logika saat memasang tabung, tidak mungkin begitu saja langsung pasang langsung pergi. pasti saat sudah tidak tercium bau gas pasti langsung coba nyalain kompornya, jadi trik dilakukan setelah jam 6 pagi.
dan dari sini lach saya ambil kesimpulan, klo tidak ada keterangan yg bohong, maka pelakunya adalah orang yg cepat bangunnya, dan dia adalah Ricky.
kenapa bukan yg jam 7, kan korban juga bangun jam 7, klo trik baru akan dimulai saat jam 7 maka korban akan melihatnya... jadi dia akan ketahuan, kenapa bukan mang Didi. entahlah tidak ada motif, dan alibinya cukup jelas, sebagaimana luasnya itu kebun teh, pasti tetap kita akan terlihat oleh orang lain yg juga sedang melakukan pekerjaannya di kebun teh, pasti mang Didi memiliki alibil. sedangkan ricky tidak memiliki alibi yg cukup kuat. dan kalo memang dia menggunakan trik klo dia ada di tempat saat kejadian, nach itulah hebatnya dia, membuat alibi dengan cepatnya. dia langsung masuk kedalam sebelum kejadian terjadi. dan langsung pergi kedekat ardi menonton TV untuk memperkuat alibi yaitu sdh ada org yg melihatnya. OK trik sudah siap dan Alibi sudah sempurna maka kita sudah terbebas dari tuduhan.

dan trik yg digunakan adalah.
membuat gas dengan limbah yg tidak terpakai, biasa disebut dengan biogas, gas yg dihasilkan berupa gas methana, gas yg tidak berbau, tidak berwarna , tapi dapat membuat ledakan yg cukup besar. apalagi diruangan itu ada gas, yg dapat membuat ledakannya lebih membesar.
saya tidak terlalu mngerti dengan cara mebuatnya, tetapi yg pasti biogas biasanya dibuat dari bekas bahan organik, seperti sampah sayuran, daging. dan berbagai bahan lainnya.
dan bisa juga gas biogas yg telah jadi dibawa dari tempat tinggalnya, atau juga bisa dibuat ditempat baik dengan proses Asidifikasi setelah itu dia membuat produksi metan, dengan menggunakan bakteri pembuat gas methan, entah apa namanya, yg pasti waktu SMA saya pernah lihat, karena ada salah satu lab yg dapat membuat sampah eceng gondok jadi bahan gas dan etanol cair.

tapi dalam case ini digunakan trik pembuatan gas methan dengan sampah organik. jadi yg bisa membawa dengan mudah barang2 yg dibutuhkan, ricky juga akan sangat mudah membawanya, karena ricky adalah salah satu orang yg membawa barang kedalam mobil, jadi dengan itu ricky akan mudah membawa barang" yg dibutuhkan untuk membuatnya, atau juga dia bisa membawa gas yg sdh jadi kedalam mobil.

jadi triknya sdh jelas. sekarang kronologi kejadian.
pagi hari ricky bangun dan membawa segala persiapannya kedekat dapur, mungkin dia melakukan trik ini dengan menyambungkan selang kedalam dapur, setelah itu dia memasukkan kedalam dapur. dan akhirnya setelah merasa sudah cukup banyak dan telah siap dia akhirnya pergi dari tempat persembunyiannya, dengan membawa barang" keperluannya.
dan dari tempatnya juga itu dia melihat gerak gerik orng yg ada dalam dapur. dan saat targetnya sudah ada dalm dapur diapun melakukan triknya itu, dan setelah itu pergi.

mungkin hanya itulah trik yg dilakukan.
dan apa motifnya.
yach sebenarnya pelaku bukan menrgetkan Ibu itu ( nggak tahu namanya )
tapi yg dia tergetkan adalah kakak tirinya yaitu Lita.
sebenarnya yg pelaku lihat pertama kali masuk adalah lita, dan saat itulah dia memasukkan gasnya, namun ternyata lita tidak memasak dengan kompor tapi dengan mggunakan kompor listrik. dan itulah yg membuat trik ini gagal terhadap lita.
Pelaku tahu kebiasaan lita, yaitu membuatkan kopi untuk ayahnya pada pagi hari. karena mereka semuakan tinggal satu rumah. kecuali ardi itu.. jadi pasti ricky sudah mengetahui kebiasaan lita.

namun setelah pelaku pergi, hal yg dluar dugaan terjadi, lita keluar dan akhirnya ibunya yg terkena ledakan itu. jadi sebenarnya pelaku salah untuk menjebak korbannya.

dan motif yg sebenarna adalah, mungkin adalah keirian antara saudara tiri.
kalo dilihat dari semua kejadian yg ada, lita adalah anak yg sangat baik, dia selalu melakukan perbuatan yg sangat baik, membantu ibu tirinya, menyayangi ayahnya, bahkan dia baik pada dion. hal itulah yg membuat Ricky iri.
dan kemungkinan lita lebih diperdulikan oleh kedua orang tuanya, terlebih lita lebih disukai oleh ibu ricky, padahal ricky adalah anak kandungnya.

ricky adalah anak bungsu jadi dia maunya dimanja, namun mugkin ortunya lebih suka dengan lita, karena itulah dia marah, dan memilih membunuh lita, tapi sayangnya dia malah salah dan membunuh orang tuanya sendiri.

mungkin sudah cukup yach,
kalo masih ada yg kurang, saya mohon maaf Maaf
dan untuk kekurangannya mungkin akan saya tambahkan di post lainnya.
karena saya sendiri blum terlalu yakn,. karena pada dasarnya saya hanya berpikir logika, namun dalam membuat case didunia maya,. kadang ada hal yg tidak sesuai logika. karena semuanya berdasar pada imajinasi TS, tapi saya tidak bisa menyalahkan hal itu.
mohon dicek ...

CMIIW Maaf
answer no acceptable Jabat tangan
reason: NO PROOF Jabat tangan
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 9:34

Seth D. Kei wrote:
Wammy_I wrote:
langsung jawab saja dech.
pelakunya Ricky. alasannya. bgmn yach mungkin ini juga sdh trmaksud bagian dari kronologinya. jadi langsung kronologi saja yach. jadi pertanyaan nomor 1 dan 2 saya gabung.

begini. dengan logika ada 2 cara yach untuk mengecek apakah gas sudah habis atau belum. cara yg pertama yaitu dengan melihat regulator, tapi biasanya sich yach coba langsung saja dinyalain kompornya, dan untuk amannya yach, dengan cara keduanya. pertama coba nyalain kompor, lalu lihat gas.

jadi klo memang lita nyalain kompor pada malam hari dan belum terjadi ledakan, maka trik ini bukan dipasang pada malam hari, dan yg kedua setelah saat mang Didi memasang gas pada kompor, sama dengan yg tadi, sesuai logika saat memasang tabung, tidak mungkin begitu saja langsung pasang langsung pergi. pasti saat sudah tidak tercium bau gas pasti langsung coba nyalain kompornya, jadi trik dilakukan setelah jam 6 pagi.
dan dari sini lach saya ambil kesimpulan, klo tidak ada keterangan yg bohong, maka pelakunya adalah orang yg cepat bangunnya, dan dia adalah Ricky.
kenapa bukan yg jam 7, kan korban juga bangun jam 7, klo trik baru akan dimulai saat jam 7 maka korban akan melihatnya... jadi dia akan ketahuan, kenapa bukan mang Didi. entahlah tidak ada motif, dan alibinya cukup jelas, sebagaimana luasnya itu kebun teh, pasti tetap kita akan terlihat oleh orang lain yg juga sedang melakukan pekerjaannya di kebun teh, pasti mang Didi memiliki alibil. sedangkan ricky tidak memiliki alibi yg cukup kuat. dan kalo memang dia menggunakan trik klo dia ada di tempat saat kejadian, nach itulah hebatnya dia, membuat alibi dengan cepatnya. dia langsung masuk kedalam sebelum kejadian terjadi. dan langsung pergi kedekat ardi menonton TV untuk memperkuat alibi yaitu sdh ada org yg melihatnya. OK trik sudah siap dan Alibi sudah sempurna maka kita sudah terbebas dari tuduhan.

dan trik yg digunakan adalah.
membuat gas dengan limbah yg tidak terpakai, biasa disebut dengan biogas, gas yg dihasilkan berupa gas methana, gas yg tidak berbau, tidak berwarna , tapi dapat membuat ledakan yg cukup besar. apalagi diruangan itu ada gas, yg dapat membuat ledakannya lebih membesar.
saya tidak terlalu mngerti dengan cara mebuatnya, tetapi yg pasti biogas biasanya dibuat dari bekas bahan organik, seperti sampah sayuran, daging. dan berbagai bahan lainnya.
dan bisa juga gas biogas yg telah jadi dibawa dari tempat tinggalnya, atau juga bisa dibuat ditempat baik dengan proses Asidifikasi setelah itu dia membuat produksi metan, dengan menggunakan bakteri pembuat gas methan, entah apa namanya, yg pasti waktu SMA saya pernah lihat, karena ada salah satu lab yg dapat membuat sampah eceng gondok jadi bahan gas dan etanol cair.

tapi dalam case ini digunakan trik pembuatan gas methan dengan sampah organik. jadi yg bisa membawa dengan mudah barang2 yg dibutuhkan, ricky juga akan sangat mudah membawanya, karena ricky adalah salah satu orang yg membawa barang kedalam mobil, jadi dengan itu ricky akan mudah membawa barang" yg dibutuhkan untuk membuatnya, atau juga dia bisa membawa gas yg sdh jadi kedalam mobil.

jadi triknya sdh jelas. sekarang kronologi kejadian.
pagi hari ricky bangun dan membawa segala persiapannya kedekat dapur, mungkin dia melakukan trik ini dengan menyambungkan selang kedalam dapur, setelah itu dia memasukkan kedalam dapur. dan akhirnya setelah merasa sudah cukup banyak dan telah siap dia akhirnya pergi dari tempat persembunyiannya, dengan membawa barang" keperluannya.
dan dari tempatnya juga itu dia melihat gerak gerik orng yg ada dalam dapur. dan saat targetnya sudah ada dalm dapur diapun melakukan triknya itu, dan setelah itu pergi.

mungkin hanya itulah trik yg dilakukan.
dan apa motifnya.
yach sebenarnya pelaku bukan menrgetkan Ibu itu ( nggak tahu namanya )
tapi yg dia tergetkan adalah kakak tirinya yaitu Lita.
sebenarnya yg pelaku lihat pertama kali masuk adalah lita, dan saat itulah dia memasukkan gasnya, namun ternyata lita tidak memasak dengan kompor tapi dengan mggunakan kompor listrik. dan itulah yg membuat trik ini gagal terhadap lita.
Pelaku tahu kebiasaan lita, yaitu membuatkan kopi untuk ayahnya pada pagi hari. karena mereka semuakan tinggal satu rumah. kecuali ardi itu.. jadi pasti ricky sudah mengetahui kebiasaan lita.

namun setelah pelaku pergi, hal yg dluar dugaan terjadi, lita keluar dan akhirnya ibunya yg terkena ledakan itu. jadi sebenarnya pelaku salah untuk menjebak korbannya.

dan motif yg sebenarna adalah, mungkin adalah keirian antara saudara tiri.
kalo dilihat dari semua kejadian yg ada, lita adalah anak yg sangat baik, dia selalu melakukan perbuatan yg sangat baik, membantu ibu tirinya, menyayangi ayahnya, bahkan dia baik pada dion. hal itulah yg membuat Ricky iri.
dan kemungkinan lita lebih diperdulikan oleh kedua orang tuanya, terlebih lita lebih disukai oleh ibu ricky, padahal ricky adalah anak kandungnya.

ricky adalah anak bungsu jadi dia maunya dimanja, namun mugkin ortunya lebih suka dengan lita, karena itulah dia marah, dan memilih membunuh lita, tapi sayangnya dia malah salah dan membunuh orang tuanya sendiri.

mungkin sudah cukup yach,
kalo masih ada yg kurang, saya mohon maaf
dan untuk kekurangannya mungkin akan saya tambahkan di post lainnya.
karena saya sendiri blum terlalu yakn,. karena pada dasarnya saya hanya berpikir logika, namun dalam membuat case didunia maya,. kadang ada hal yg tidak sesuai logika. karena semuanya berdasar pada imajinasi TS, tapi saya tidak bisa menyalahkan hal itu.
mohon dicek ...

CMIIW
answer no acceptable
reason: NO PROOF

apa yach buktinya, karena semuanya masih sebuah spekulasi. jadi kalo hal ini salah maka pasti analisanya salah. dan karena sudah page 3, jadi tidak bisa bertanya lagi. jadi yach. tinggal spekulasi saja dech.

mungkin barang yg digunakan ada disebuah tempat disekitar vila, dan kalo memang sudah dibuang maka bukti sudah hilang.
kalo begitu buktinya mungkin adalah sampah bekas pesta barbeque, mungkin sampahnya agak berkurang, dan ada beberapa sampah yg hilang seperti sampah bekas buah2an dan sayuran, dan juga bekas daging, yg digunakan untuk membuat gas merhan itu.
untuk pengujian gas methan pasti sdh tidak bisa karena gasnya sdh habis saat proses pembakaran.

dan satu hal lagi, pertanyaanku yg sebelumnya, tentang bekas ledakan. kalo hanya ledakan gas lpg biasa. klo dari jarak sedekat itu nggak mungkn hanya terbakar. pasti akibat ledakan akan membuat tubuh korban agak hancur.

korban hanya terbakar karena tubuh korban dikelilingi oleh gas methan yg memang efeknya hanya membakar, dan untuk ledakan itu terjadi saat gas methan membakar tabung gas itu..

dan bukti dari motifnya adalah jawaban kamu, atas jawaban sipa tuch. pokonya jawabanmu kalo hubungan lita sama korban sangat baik..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 9:59

klo emg pke gas metana emg diwadahin pke apaan? didiemin gtu aja gtu? bengong
yeh kirain udh ngrti mksudny trbakar itu gmna sweat
trbakar kena ledakan gas yg pasti badannya jga gak cuma gosong sweat trnyata malah gak ngrti sweat
metana efeknya gak cma membakar kok, tpi meledak jga bengong
sampahnya gak brkurang kok bengong

wah bukti yg saya mksud adlh bukti yg memang konkrit selayaknya barang bukti yang akan dibawa ke kantor polisi hihihi...

msih salah XD
silakan coba lagi semangat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 11:10

coba jawaban ini yach.

bagaimana kalo jawabannya lita. alasannya karena hanya dia yg masuk kedalam dapur. dan bisa melakukan trik yg nantinya akan sya jelaskan. kenapa dia harus repot" ngecek gas pada saat malam hari. padahalkan dia bisa ngelakuinya setelah saat sampai dirumah. dan knp dia sampai repot" sampai membawa gas kerumah mang didi. padahalkan dia punya nomr telepon mang didi. mungkin dia membawa tabung gas itu karena kemungkinan tabung itu sudah dibuat habis isinya dengan sendirinya. yach, Lita pada malam hari mengeluarkan gas tabungnya. untuk membuat ledakan itu. klo cara menghilangkan bau nanti dijelaskan pada triknya. yg pasti intinya dia yg telah mengeluarkan gas dalam tabng yg sebelumnya, dan dia yg telah membawanya ke Mang didi.

tapi sebenarnya bisa juga kalo gas dikelurakan saat pagi harinya dan tujuan Lita mengeceknya pada malam hari adalah untuk memastikan gas tidak habis, atau mungkin gasnya sedikit dan tidak cukup untuk melakukan aksinya. karena itulah dia membawa langung gas kerumah mang didi. tidak menelepon mang didi langsung saja.

sekarang yg paling penting triknya.
atau yg harus saya bilang trik menghilangkan bau mercaptan, tanpa menghilangkan fungsi gasnya.
yach. mercaptan adalah senyawa yg ada dalam gas LPG, yg dimasukkan agar saat terjadi kebocoran pada selang LPG, maka akan tercium bau gas, dan kita bisa langsung melakukan tahapan dalam mencegah ledakan. terus bagaimana cara menghilangkan bau mercaptan, atau cara mnetralizir bau mercaptan.
setelah googling, akhirnya dapat juga caranya. yaitu dengan mencampurkan bahan mercaptan dengan bahan yg memiliki nilai Basa tinggi. seperti senyawa Naoh, maka dngan itu bau gas dapat berkurang. senyawa NaOH ini banyak ditemukan diberbgai produk rumah tangga. yg kemungkinan dengan hal itulah Lita mnghilangkan bau mercaptan.
bahkan bau sabun cuci, juga sdh mampu membuat mercaptan hilang, dan masih banyak lagi bahan yg lazim ditemukan dirumah tangga yg dpat menghilangkan bau mercaptan. nggak tahu benar atau tidak aku hanya baca disini.
http://www.asc.co.id/?idm=3&id=11&ids=0&idcat=0&lang=1&chl=1
http://putrachemi.indonetwork.co.id/2245323/caustic-soda-flake-naoh-sodium-hydroxide.htm

aku baca di 2 link itu, yg kesimpulannya kalau hanya bau gas mercaptan pada LPG, banyak cara yg dapat menghilangkan baunya.

Buktinya, mungkin dapat dilihat tabung gas yg dibawa Lita ke Mang didi, kemungkinan gasnya belum habis, hanya saja gasnya tinggal sedikit, yg membuat lita tidak bisa membuat ledakan yg dapat membunuh..

karena itulah dia datang langsung membawa kerumah mang didi tidak meneleponnya saja, karena kalo mang didi yg datang langsung, dia bisa melihat kalo ternyata gasnya belum habis.
bukti kedua, kalo memang tabung gasnya masih baru, pasti isinya masih full, tapi kalo Lita menggunakannya untuk melakukan trik ini, pasti isi tabung berkurang, silahkan cek isi tabung. kalo memang isi tabung berkurang, padahalkan masih baru, berarti memang lita telah mengurangi isinya.

Motifnya.
mungkin maslah keluarga. atau Lita masih belum terima karena ayahnya menikahi ibunya dion.
klo dilihat dari karakternya, lita sangat baik, dan penyayang. mungkin dia sangat sayang sama ibunya, tapi ayahnya malah menikahi orng lain. mungkin lita pura" menerimanya, padahal ternyata dia marah..
* nggak tahu mikir motifnya, karena kurang banget dialognya..

bukti tambahan.adalah
- lita yg membuat kopi, dengan menggunakan kompor listrik. kenapa dia tidak membuatnya dengan kompor gas. padahal dia sudah nyuruh org gant tabungnya.
- lita menyuruh mang didi mengganti tabungnya pada malam hari. dan lita tahu kalo ibu tirinya sudah mau memasak. secara logika kalo memang Lita bukan pelakunya, pasti lita akan mengecek apakah tabung sudah diganti atau tidak, dan kalo memang mang didi, atau orng lain yg membuat trik ini. pasti lita yg akan terkena ledakan. apalagi kalo kita lihat karakter lita, yg sgt baik. pasti lita akan mengecek apakah tabung sudah diganti atau tidak.
tapi intinya kenapa lita tdk mengeceknya..
- bukti lain menyusul kalo telah saya temukan..

mohon dicek yach..

CMIIW Maaf
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
blue_berry
Advanced
Advanced


Contribute : 45
Jumlah posting : 1840

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 11:48

waktu liat-liat di google, ketemu tentang kompor gas yang meledak gara-gara dekat bensin. kalau benar-benar pake bensin, bukti dan lain-lainnya akan terhapus dengan cepat.

dan kalau memang dengan cara itu, pelakunya adalah ardi, sebagai salah satu supir mobil dalam perjalanan ke puncak.
ayahnya juga memang menjadi supir. tetapi dia bangun jam setengah 8. jam segitu korban sudah ada di dapur. jadi kalau datang bersama korban bisa langsung ketahuan.

chrononya, ardi tau kebiasaan ibunya yang suka masak tiap pagi/setelah bangun langsung masak. jadi dia bangun jam 7 melebihi ibunya. saat keluar kamar dia diam-diam menuju dapur untuk mengolesi bensin lalu kembali bergabung bersama yang lain dan tinggal menunggu.

untuk baunya, mungkin memakai sesuatu agar baunya tidak tercium HAMMER HEAD untuk motif, dia sangat membenci ibu tirinya itu. entah kenapa tapi yang jelas dia menyembunyikan sesuatu dari yang lain. buktinya saat citra sedang memberi penjelasan kepada polisi, dia menyuruh istrinya untuk diam. pastinya ada apa-apakan?

mungkin segitu aja dulu HAMMER HEAD Maaf
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 11:55

Wammy_I:
 
selang bocor gak menyebabkan ledakan lho bengong
mungkin perlu dipelajari bagaimana bsa tabung gas LPG bsa mledak bengong
jangan memakain pengetahuan org awam, ini ada ilmunya :hohoho:

silakan coba lagi XD

blue_berry:
 
klo pke bensin, pasti bakal kcium lho, yg k dapur kkn bukan hanya korban, lita jga k dapur, shrusny lita bilang klo ada bau sblum ldakan saat ia di dpur bengong
klo pke sesuatu, sesuatu itu apa? bengong

tanpa tabung gas jga klo bensin ktmu api bakal trbakar dan saya rasa itu bsa bunuh krban, jdi apa gunanya tabung ini sepele

msih salah XD
cba lgi semangat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Kudo Shinichi
Case Solver
Case Solver


Age : 28
Contribute : 23
Jumlah posting : 1421
Lokasi : Baturaja

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 19:22

Pelakunya adalah Lita, triknya sangat mudah namun memang tidak mudah untuk di ketahui oleh orang awam.

Alibi pelakulah yang mengatakan semua ini, saya rasa pembunuhan ini sebelumnya tidak di rencanakan, namun saat Lita mencuci semua peralatan barbeque rencana jahatnya mulai terpikir, setelah membereskan peralatan Lita langsung menuju kompor gas untuk melakukan niat jahatnya.

setelah itu dia memerintahkan Mang Didi membeli gas sekaligus memasangkan gas tersebut, setelah itu baru dia merancang triknya, ya Deterjen atau pembersih bekas kotoran yang ada di alat berbeque yang dia gunakan sebelumnya, dia mengoleskan deterjen tersebut pada sekitar tabung gas, mulai dari selang sampai ke tabungnya, ini tujuanya agar bau gas yang bocor tidak tercium, tahukah kalian senyawa kimia yang ada di deterjen mengalahkan bau gas yang ada.

Setelah semua itu di lakukan dia baru membuat selang menjadi bocor, mungkin menggunakan benda tajam seperti pisau yang ada di dapur, ini bisa menjadi bukti pertama, karna dipisau ada sidik jari pelaku dan bisa di ketahui melalui tim forensik jika terdapat gas dan bekas diterjen.

Untuk melengkapi bukti tersebut, periksa selang gas dan sekitar tabung gas, periksa juga kamar mandi, disana pasti masih ada bekas diterjen yang di gunakan pelaku, orang yang pertama masuk kamar mandi duluan hanya dia, dan inilah bukti kuat agar pelaku tidak bisa lagi mengelak.

Motifnya karna pelaku tidak menyukai ibu tirinya.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sat 5 May 2012 - 20:39

Kudo Shinichi:
 
brrti dgn kta lain tercium bau semacam sabun gtu ya :derp:
klo misalkan gas bocor kn trcium jelas baunya, dan katanya klo ada detergen bsa mgalahkan bau gas yg bocor itu, brrti baunya lbih tajam, lbih trcium, bgtu kn? :derp:
klo gtu kn shrusnya anggota kluarga yg lain notice hal itu, tpi sepertinya memang gak trcium bau apapun gtu Hmm

di pisau cuma ada sidik jari korban karena memang Lita hanya membuat kopi pagi itu bengong

selang telah diperiksa, menurut hasil pemeriksaan, tak ditemukan bekas sayatan atau benda tajam di selangnya :derp:

masih salah XD
silakan coba lagi semangat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Kudo Shinichi
Case Solver
Case Solver


Age : 28
Contribute : 23
Jumlah posting : 1421
Lokasi : Baturaja

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 6 May 2012 - 8:29

Tidak di temukan adanya sayatan di selang ya Hmm

Baik saya coba lagi..

Kalau begitu kompor memang sengaja di bocorkan oleh pelaku dengan cara membuka knop kompor, knop kompor gas ada dua, kalaupun bukan knopnya, berarti regulatornya sengaja dirancang agar gasnya keluar, untuk bau gas kenapa tidak bisa tercium semoga saja kasus ini sama seperti pengalaman saya, dulu saya pernah menghilangkan bau gas di tangan dengan menggunakan minyak goreng, minyak goreng bisa menetralkan bau gas, sebelum menghilangkanya dengan sabun saya mengoleskan tangan saya terlebih dahulu dengan minyak goreng.

Pelakunya tetap Lita, untuk kronologinya sama seperti sebelumnya hanya saja deterjen diganti dengan minyak goreng.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 6 May 2012 - 10:44

Kudo Shinichi wrote:
Tidak di temukan adanya sayatan di selang ya Hmm

Baik saya coba lagi..

Kalau begitu kompor memang sengaja di bocorkan oleh pelaku dengan cara membuka knop kompor, knop kompor gas ada dua, kalaupun bukan knopnya, berarti regulatornya sengaja dirancang agar gasnya keluar, untuk bau gas kenapa tidak bisa tercium semoga saja kasus ini sama seperti pengalaman saya, dulu saya pernah menghilangkan bau gas di tangan dengan menggunakan minyak goreng, minyak goreng bisa menetralkan bau gas, sebelum menghilangkanya dengan sabun saya mengoleskan tangan saya terlebih dahulu dengan minyak goreng.

Pelakunya tetap Lita, untuk kronologinya sama seperti sebelumnya hanya saja deterjen diganti dengan minyak goreng.
klo knop kompor terbuka, seharusnya korban menyadarinya :derp:
regulator pun sepertinya tidak terbuka, dan tak ada gas yang keluar :derp:
jika memang bocor, dan baunya dihalangi oleh minyak goreng, sebanyak apa minyak goreng yg dbutuhkan? untuk menghilangkan baunya mungkin minyak goreng tersebut harus menguap dlu kn sehingga menjadi gas dan baunya menetralkan bau gas (bersamaan fase gas)... bengong

masih salah XD
silakan coba lagi semangat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 6 May 2012 - 12:04

coba jawab lagi yach, cuman mau nambahin dari hasil analisis yg keduaku itu.

aku tidak tahu kenapa analisisku diatas salah, kan aku cuma bilang bagaimana caranya menghilangkan bau mercaptannya. sya tidak bilang cara mengeluarkan gasnya. tapi kyknya trik yg digunakan bukan begitu yach.
kalo tidak ada bekas sayatan berarti kabel selang gas tdk dipotong yach.

dan berdasarkan dugaan saya sebelumnya, knp Lita langsung membawa tabung kerumah Mang Didi langsung, padahalkan dia bisa meneleponnya saja..
jadi diri sini saya bisa ambil kesimpulan kalo ada sesuatu yg memang sdg direncanakan.

lita mungkin akan melakukan sesuatu terhadap properti kompornya. jadi dengan menyuruh Mang Didi mengganti tabung dan memasangnya dia akan bebas dari tuduhan kalo nantinya polisi menemukan kejanggalan yg terjadi.
jadi Lita membuat trik itu setelah tabung diganti oleh mang didi.

kalo menurut perkiraan saya sich kyknya ada trik khusus, yg tidak terlalu rumit, karena waktunya tidak banyak.
dalam analisis ini sya akan langsung menyebutkan beberapa trik yg bisa dilakukan untuk membuat ledakan tanpa sebelumnya ada tercium bau gas.

- kalo memang tidak tercium bau gas berarti bisa saja bukan gas yg meledak, melainkan ada sesuatu yg meledak yg memicu tabung untuk meledak.
yach bisa saja seperti korek gas, yg disimpan dekat pembakaran kompor, sehingga saat kompor dinyalakan maka korek akan meledak, dan memicu ledakan besar yg diakibatkan oleh gas LPG itu.
- trik lain adalah dengan mempermainkan komponen yg ada pada tabung dan gas. salah satu komponen yg ada dalam tabung dan yg cukup penting adalah cincin penyekat yg ada dibagian dalam tabuung. benda ini kecil tapi bisa sangat berbahaya jika terjadi masalah. hal yg bisa dimanfaatkan adalah dengan menukar benda kecil ini. dengan memanfaatkan gas yg ada dalam tabung, jadi saat korban menyalakan kompor maka gas akan dipompa keluar, dan kemungkinan cincinnya diganti dengan cincin penyekat yg rusak saat terkena gas dalam tabung, cincinnya kemungkinan trerbuat dari bahan yg dapat melepuh atau robek akibat terkena dorongan gas yg besar. jadi saat kompor dinyalakan gas akan keluar karena cincin penyekatnya rusak, dan mengakibatkan ledakan. jadi intinya, awalnya memang bau tidak tercium, tapi setelah dinyalakan maka gas baru akan keluar. jadi masalah pertama mungkin ada yg dilakukan trhadap cincin penyekatnya.
- komponen kedua bisa saja yg dipermainkan adalah regulator, regulator awalnya berfungsi untuk mengeluarkan gas yg ada dalam tabung, dengan cara menekan katup pembuka dalam tabung. jadi saat katup itu ditekan maka gas akan keluar. jadi yg bisa dipermaiknkan disini adalah pengunci regulator, entah diapakan yg pasti intinya kait pengancing pada regulator yg berfungsi untuk menahan regulator agar tidak terlempar saat mendapat dorongan gas, dibuat longgar sehingga saat kompor menyala dan gas terus keluar maka rgulator akan terbuka dan saat itulah gas yg keluar akan memicu ledakan. jadi komponen yg dapat dipermaikan kedua adalah Regulator dan juga kait pengancing regulator. jadi bisa diperiksa regulatornya.
- komponen ketiga adalah sambungan antara selang dan regulator, disitu biasanya ada pengikat agar saat kabel dipenuhi dengan gas maka pengikat itu akan menahan tekanan gas agar gasnya tidak keluar. jadi mungkin pelaku membuat sambungan kabel dengan regulator longgar, jadi saat kompor dinyalakan dan kabel gas dipenuhi oleh gas, dan karena dorongan gas dari dalam kabel, membuat sambungan terlepas dan gas yg ada dalam kabel memicu ledakan besarnya. jadi yg dipermainkan adalah sambungan kabel dan regulator.

beberapa kemungkinan diatas jika dilakukan maka tidak akan terjadi masalah sebelum kompor dinyalakan, karena yg digunakan disini adalah senyawa gas itu sendiri, jadi saat kompor dinyalakan baru gas akan keluar dan mengakibatkan ledakan denga sangat cepat. dan membuat korban tidak sempat lari. meskipun dia sempat melihat ledakan pemicu, apalagi dari jarak sedekat itu kemungkinan meski hanya ledakan pemicu tetap akan membuat korban tdk sempat bergerak sebelum terjadi ledakan besar..

Analisa lain ditambahkan dari analisa sebelumnya...
Thanks.

CMIIW Maaf
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 6 May 2012 - 12:32

Wammy_I:
 
ya sepertinya gak dipotong Hmm
memangnya ada keterangan yg mnyebutkan klo Lita membawa gas ke rumah Mang Didi? bengong
1. klo pke korek, brrti ada bekas koreknya kn di TKP? tpi gak dtmukan XD
2. cincin penyekat ya Hmm jdi sharusnya cincin tersebut jga dtmukan di TKP atau di sekitar villa kn ya Hmm gada tuh XD
3. berarti regulatornya terlempar ya dan gak nempel di tabung gas gtu ya Hmm tpi sepertinya regulatornya gak terlempar sebelum meledak deh XD
4. yg sambungan brrti nasibny sma kaya regulator kn ya? Hmm gak lepas sebelum ledakan keknya Hmm
msih salah XD
silakan coba lagi XD

ada satu poin yg memang benar, tapi salah penerapan =D
semangat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Iendhra L
Case Solver
Case Solver


Contribute : 24
Jumlah posting : 526

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 6 May 2012 - 12:53

wahh, bersih banget tuch ledakan kalo semuanya nggak ada yg terlepas, jadi kalo semua komponen masih terpasang, dan bukan korek api yg meledak berarti saya beranggapan kalo yg bermasalah adalah kompornya iyakan.

mungkin pada proses pembakarannya.
yaitu bagiaan pematik apinya. biasanya disini yg dibutuhkan hanyalah percikan api saja, bahkan yg gas butuhkan hanya sedikit panas.

mungkin pelaku memberikan semacam peningkat percikan, jadi yg harusnya hanya percikan. berubah jadi api, sehingga gas itu akan menjadi bahan pemicu ledakan.

percikan apikan skala pembakarannya kecil, tapi jika diperbesar maka akan menjadi pemicu ledakan yg sangat besar.

masalah lita membawa tabung atau tidak, itu tdk jadi masalah yg penting dia kenapa sampai harus repot" kerumah Mang Didi untuk hal seperti itu. padahal dia bisa menelepon..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 6 May 2012 - 13:04

Wammy_I wrote:
wahh, bersih banget tuch ledakan kalo semuanya nggak ada yg terlepas, jadi kalo semua komponen masih terpasang, dan bukan korek api yg meledak berarti saya beranggapan kalo yg bermasalah adalah kompornya iyakan.

mungkin pada proses pembakarannya.
yaitu bagiaan pematik apinya. biasanya disini yg dibutuhkan hanyalah percikan api saja, bahkan yg gas butuhkan hanya sedikit panas.

mungkin pelaku memberikan semacam peningkat percikan, jadi yg harusnya hanya percikan. berubah jadi api, sehingga gas itu akan menjadi bahan pemicu ledakan.

percikan apikan skala pembakarannya kecil, tapi jika diperbesar maka akan menjadi pemicu ledakan yg sangat besar.

masalah lita membawa tabung atau tidak, itu tdk jadi masalah yg penting dia kenapa sampai harus repot" kerumah Mang Didi untuk hal seperti itu. padahal dia bisa menelepon..
lho yg saya bilang kn SEBELUM ledakan bengong
Lita: klo nelpon trus gak kedengeran sama Mang Didi gimana? kn saat itu Mang Didi juga udah tidur sweat
kalo saya pelakunya, mana buktinya, jangan hanya mengeluarkan teori2 tanpa adanya bukti. pemantik atau apapun itu saja saya tak punya dan tak menyimpannya.
menurutmu dengan semua teori2 itu bsa mmbuat org dpnjara tanpa ada bukti? :woy:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Kudo Shinichi
Case Solver
Case Solver


Age : 28
Contribute : 23
Jumlah posting : 1421
Lokasi : Baturaja

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 6 May 2012 - 13:53

Sepertinya bukan Lita pelakunya :hohoho:

Ini analisa terakhir jika salah selamat case anda memang cukup berkualitas..

Tabung gas ada batas kadarluarsanya “Jika anda beli gas, harap diperiksa lebih dahulu, kapan tabung gas tersebut berakhir masa pakainya. Penulisan kadaluwarsa berupa “alfa code“. Contoh ” A 09 ” A = Januari – Maret B = April – Juni C = Juli – September D = Oktober – Desember maka A 09 adalah : Jan- Mart tahun 2009.

Jadi ini adalah sebuah kecelakaan, untuk bukti lihat tabung gas, apakah benar yang saya sebutkan ini !!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Yanto_Kudou
Case Solver
Case Solver


Age : 21
Contribute : 69
Jumlah posting : 1058
Lokasi : Sekadau, West-Borneo

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Sun 6 May 2012 - 22:02

Jika, jawaban Shinichi memang benar... berarti saya keduluan.. Very Happy

tapi, masih ada poin aneh yang kurang bisa masuk di akal jika ini hanya kecelakaan... Hmm

1. mengapa Lita menyuruh Mang Didi untuk membeli gas baru saat dini hari ? ini membuktikan kalau Lita saat itu telah mengecek tabung gas... dengan tujuan apa ?

2. Alibi Ricky, selesai acara sekitar jam 3 subuh... katanya ngantuk sekali.... tapi kok bisa bangun awal sekali ya ? hanya 3 jam tidurnya... lalu bangun paling awal diantara semua anggota keluarga... kalau saya jika tidur jam 3 subuh, paling bangunnya jam 8 atau 9 pagi nanti... kalau bangun jam 6 sih nggak mampu... :hohoho:

3. Jika ini memang kecelakaan, berarti ini merupakan tanggung jawab Mang Didi yang lalai... mengapa ? karena... Sebelum berangkat ke villa, Lita kan sudah menghubungi Mang Didi Kalau semuanya harus di persiapkan sebelum mereka datang, bukan ? dan, Mang Didi tidak menyiapkan gas baru... apa ini di sengajakan ? atau nggak ada uang untuk membeli ? Mikir

4. Jika Mang Didi memang membeli gas LPG yang sudah kadaluarsa, setidaknya Mang Didi memeriksa alfa kodenya sebelum membeli, bukan ? apa ini merupakan kelalaian ? Hmm


tapi,,, saya ingin mencoba kembali,, tes kali ini bukan Lita pelakunya... Very Happy

Saya tetap kan kalau memang LPG itu sudah kadaluarsa. Dan LPG kadaluarsa itu tidak dibeli.
Tetapi, bagaimana jika LPG kadaluarsa itu adalah milik Mang Didi ?

Jadi krononya begini, saat itu kebetulan Lita menyuruh membelikan LPG yang telah habis. Lita memberinya uang.
Lalu, Mang Didi mengingat jika LPG dirumahnya itu sudah kadaluarsa, tetapi nggak ada uang untuk membeli yang baru. Dan akhirnya Mang Didi punya rencana, yaitu menukarkan LPG miliknya dengan yang baru. Lalu, dimulailah rencananya dengan menukarkan LPG milik nya lalu di bawanya ke villa. Dan akhirnya membuat keadaan menjadi kacau, dapurnya meledak gara gara LPG itu...
Jadi Sebenarnya, Mang Didi tidak merencanakan pembunuhan dengan LPG itu...
Jadi motifnya, Mang Didi sedang kesusahan soal keuangan, tidak mampu membeli gas LPG baru, hingga akhirnya terjadi kecelakaan seperti itu..

Buktinya, Bisa di cek dirumah Mang Didi, dan juga tempat Mang Didi beli Gas LPG itu...
jika di rumah Mang Didi, pasti ada Gas LPG baru yang di belinya itu ( pasti masih penuh isi gasnya ) , dan jika di tempat penjual Gas LPG itu, bisa di cek sidik jari, jika benar itu Gas LPG yang sudah habis di villa, pasti ada sidik jari Lita dan Mang Didi...




CMIIW Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://MyZone-MyBlogz.blogspot.com
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 7 May 2012 - 8:05

Kudo Shinichi:
 
sudah saya tuliskan sebelumnya kalau alfa codenya udh gak kliatan jdi gatau deh itu udh kadaluarsa atau belum XD
yg jelas tabungnya berkarat XD

Yanto_Kudou:
 
1. ya kebetulan ngecek aja kn udh lama gak ke villa jdi gatau gasnya udh abs atau blom bengong
2. karena memang harus bangun pagi, kn perayaan hari ultah ibunya, jadi ada acara lagi bengong
3. Mang Didi gak cek gasnya bengong Mang Didi cma membereskan dan membersihkan villa... Mang Didi 'kan gak ada hubungannya dengan tabung gas itu, dia hanya pengurus villa dan org yg dsuruh untuk membelinya, kalaupun kecelakaan, atas dasar apa dia bersalah? saya rasa alasan yg ente sebutin gak cukup kuat untuk mmbuat dia disalahin atas kejadian ini Very Happy
4. apa ente gak bca post saya yg mnjwab prtnyaan ente sblumnya di page 2? Jabat tangan silakan baca sendiri.
5. bukti yg ente sebutkan tidak ada, Very Happy

maaf masih salah Very Happy
silakan coba lagi Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
Ran Suzuki
Newbie
Newbie


Age : 19
Contribute : 0
Jumlah posting : 93

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 7 May 2012 - 12:18

mau nanya.. peaceee....
selain tabung gas, apa ada benda lain yang tersisa di TKP?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Seth D. Kei
Speurder
Speurder


Age : 23
Contribute : 114
Jumlah posting : 4525
Lokasi : Depok, Indonesia

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 7 May 2012 - 12:36

Ran Suzuki wrote:
mau nanya.. peaceee....
selain tabung gas, apa ada benda lain yang tersisa di TKP?
silakan baca RULE case ini di atas Maaf
- LIMITED INVESTIGATION, investigasi dibatasi sampai page 2, selebihnya tidak akan ada investigasi, dengan pertimbangan bahwa case ini sudah memuat info yang dibutuhkan Jabat tangan
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://sikancilmungil.blogspot.com
aza_aja
Newbie
Newbie


Contribute : 0
Jumlah posting : 66

PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Mon 7 May 2012 - 18:24

tersangkanya adalah lita,,karna terakhir yg memakai kompor adalah dia,,utuk mmbuatkan kopi,,,,terjadi kbcoran gas sblum itu,,mka lita yg akan mnggl,,

cra mmbuat ldakan,,kmngkinan,,kompornya yg di rusak,dngan cara mlebarkan sluran gas yg akan klur dri kompor,,dan artinya volume gas akan kluar jauh lbih bsar,,jka bagian itu normal,,cba lhat di regulator,,regulatornya ada knop untuk penyetelan gas kluar jga gakk,,jka ada,,mka lhat rglator tersebut,,dalm stelan yg pas gak,,karna jka terlalu bsar,,mka akan ada tekanan gas yg berlbh terhadap kompor yg dapt mmicu ldakan,,jka normal jga lihat pada bagian penyetelan saluran kluar gas,,di tiap kmpor gas kebanyakan ada,,karna volume gas yg kluar bisa di rubah,,,dan dari ke tga pnybab itu tdak akan bcor gas nya,tdak perlu pmicu,,,,jdan dari ke 3 cra tersebut ika tdak normal atau teralu bsar,,mka ckklleekk #dddoooooorrrrr#,,mledak,,,bukti,,cek dari kompor n regulator,,n bilangin kepolisi gitu,,mesti ketemu,,jka bgtu cranya,,jgan km yg nyari,,jka itu normal jga,

mka saya tdak tau hrus gmna lagi,,,

itu mrpkan cra tr aman

motif,,,mungkin tersangka memiliki dendam karna si korban mrebt ayah nya dri tersangka dan ibu kandungnya,,mngkin jga karna ada sesuatu hal yg mmbuat ibunya psah dri ayahnya atau mnggl

n hruse jwabnya bner,,, yeah


Terakhir diubah oleh aza_aja tanggal Mon 7 May 2012 - 20:37, total 2 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Case File: Ledakan di Dapur   Today at 16:44

Kembali Ke Atas Go down
 

Case File: Ledakan di Dapur

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 4Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Net Detective Indonesia :: Net Detective Locker :: Trash Bin-