IndeksP O R T A LCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Buta Warna??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 15:15

Apakah warna yang dilihat hanya hitam putih saja?

Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa “Dunia” penderita Buta Warna itu hanya ada dua warna membosankan, yaitu hitam dah putih. Namun ternyata salah besar, karena ternyata penderita Buta warna berbeda jenisnya.

Ada juga kok penderita buta warna yang bisa melihat warna diluar hitam putih. Untuk tahu lebih lanjut simak pembahasan di bawah ini.
Jenis Buta Warna
1. Trikromasi

Yaitu mata mengalami perubahan tingkat sensitivitas warna dari satu atau lebih sel kerucut pada retina. Jenis buta warna inilah yang sering dialami oleh orang-orang.

Ada tiga klasifikasi turunan pada trikomasi :

Protanomali, seorang buta warna lemah mengenal merah
Deuteromali, warna hijau akan sulit dikenali oleh penderita
Trinomali (low blue), kondisi di mana warna biru sulit dikenali penderita.

2. Dikromasi

Yaitu keadaan ketika satu dari tiga sel kerucut tidak ada.

Ada tiga klasifikasi turunan :

Protanopia, sel kerucut warna merah tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang
Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau
Tritanopia, sel kerucut warna biru tidak ditemukan.


3. Monokromasi

Monokromasi sebenarnya sering dianggap sebagai buta warna oleh orang umum. Kondisi ini ditandai dengan retina mata mengalami kerusakan total dalam merespon warna. Hanya warna hitam dan putih yang mampu diterima retina.
Penyebab Buta Warna

Buta warna adalah kondisi yang diturunkan secara genetik. Dibawa oleh kromosom X pada perempuan, buta warna diturunkan kepada anak-anaknya. Ketika seseorang mengalami buta warna, mata mereka tidak mampu menghasilkan keseluruhan pigmen yang dibutuhkan untuk mata berfungsi dengan normal.
Fakta Tentang Buta Warna

1. Buta warna lebih sering terjadi pada seseorang berjenis kelamin lelaki dibandingkan perempuan. Sebanyak 99% seorang buta warna tidak mampu membedakan antara warna hijau dan merah. Juga ditemukan kasus penderita yang tak bisa mengenali perbedaan antara warna merah dan hijau.

2. Cacat mata ini merupakan kelainan genetik yang diturunkan oleh ayah atau ibu.

3. Belum dapat dipastikan berkaitan jumlah penderita, akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan sebesar 8 -12% lelaki Eropa adalah pengidap buta warna. Sementara persentase perempuan Eropa yang buta warna adalah 0,5 -1%. Tingkat buta warna di benua lain tentu bervariasi.

4. Tidak ada cara untuk mengobati buta warna, karena ia bukan penyakit melainkan cacat mata. Bisa jadi seorang buta warna akan merasa tersiksa dengan keadaan ini. Sebagian perusahaan menetapkan syarat bahwa pekerjanya harus tidak buta warna.

5. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita buta warna, dilakukan tes dengan menggunakan plat bernama Ishihara.

6. Banteng ternyata buta warna. Kesan yang ditimbulkan warna merah mengakibatkan binatang tersebut melonjak emosinya, bukan akibat warna merah itu sendiri.

7. Pada Perang Dunia II, serdadu yang buta warna dikirim untuk melakukan misi tertentu. Ketidakmampuan mereka untuk melihat warna hijau dialihfungsikan untuk mendeteksi adanya kamuflase yang dilakukan pihak lawan.
8. Setiap orang yang buta warna,sudah terlahir dengan buta warna (dari umur 0 tahun sudah buta warna).

9. Penyandang buta warna selalu dihantui oleh pertanyaan “Warna apakah ini?”

Apakah Anda Buta Warna? Ikuti Test di bawah ini :
Soal 1

Carilah sebuah kotak, lingkaran dan bintang pada kartu dibawah ini :


Soal 2

Dalam tiga detik, temukan sebuah lingkaran, persegi atau sebuah bintang dari gambar berikut.


Soal 3

Perhatikan baik-baik gambar di bawah ini.
Spoiler:
 

Spoiler:
 

Spoiler:
 


Lalu coba cari gambar salah satu benda yang ada di gambar atas pada gambar yang ada dibawahnya.
Spoiler:
 
Ini Jawabannya :
Jawaban 1 : Semua orang dapat melihat gambar persegi, bintang dan lingkaran.
Jawaban 2 : Orang dengan buta warna hanya bisa melihat gambar persegi.
Jawaban 3 : Orang dengan buta warna tidak akan melihat gambar apa-apa.
Sumber: http://www.apakabardunia.com/post/tahukah-kamu/fakta-menarik-dan-jenis-jenis-buta-warna



Semoga bermanfaat good ditunggu ya CP nya hihihi...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
VJ
Advanced
Advanced


Age : 22
Contribute : 41
Jumlah posting : 655
Lokasi : Accelarated World

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 15:18

nice info hankz, kasih cp deh... good
TS buka ya...:
 
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 15:23

rofl tenang.. saya itu orangnya baik ko hihihi...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 18:08

nice info sebanernya sich udh tau.. maknan sehari" malah
gpp dech cp+ good
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 18:27

makanan sehari"? bengong
jangan" koryu..... Hah

CP sent back good
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 18:34

Hankz wrote:
makanan sehari"? bengong
jangan" koryu..... Hah

CP sent back good

maksudnya udah biasa basah itu aku kan orang ksehatan hehehehee...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 18:38

kirain buta warna HAMMER HEAD

emang di kesehatan banyak tes buta warna ya?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 18:55

Hankz wrote:
kirain buta warna HAMMER HEAD

emang di kesehatan banyak tes buta warna ya?

i tahun sekali tes buta warna...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 19:13

emang orang yang normal bisa tiba" buta warna ya bengong
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
blue_berry
Advanced
Advanced


Contribute : 45
Jumlah posting : 1840

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 19:26

good nice info ka.. CP+
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 19:38

Hankz wrote:
emang orang yang normal bisa tiba" buta warna ya bengong

gak bisa donk kak...
buta warna thu keturunan jadi hanya orang" tertentu aja yg buta warna
bisa juga klo kakek/ neneknya buta warna cucunya ikt buta wrna tapi anknya engak....

Maaf cuman itu yg aku tau... masih belajar
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 19:53

berry: makasi berry kagum +CP sent back.

koryu: lah ko harus 1 thn 1x ya tes buta warnanya. padahal cukup 1x aja seumur hidup bengong
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 20:05

Hankz wrote:
berry: makasi berry kagum +CP sent back.

koryu: lah ko harus 1 thn 1x ya tes buta warnanya. padahal cukup 1x aja seumur hidup bengong

bkn cman tes buta warna aja tapi tes kesehatan... masa ank ksehatan orgnya skit"an...?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 20:12

gt ya.. tapi ada temen yg kuliah di farmasi malah sering sakit kalo lg bnyak fikiran
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 20:15

Hankz wrote:
gt ya.. tapi ada temen yg kuliah di farmasi malah sering sakit kalo lg bnyak fikiran

huft yha wajar donk kak... farmasi thu cpek bgt.. banyak hapalannya... banyak prakteknya... de el el... >> kok malah curhat HAMMER HEAD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 20:27

tapi kan apoteker juga harus ngejaga fisik dan mental..
dokter juga jarang keliatan sakitkan HAMMER HEAD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 21:21

Hankz wrote:
tapi kan apoteker juga harus ngejaga fisik dan mental..
dokter juga jarang keliatan sakitkan HAMMER HEAD

kak klo waktu sekolah/ kuliah thu berat bgt lho... bisa di bilang harus tau smua tgs orng kesehatan...
banyak ngapalin obat yang buat semua jenis penyakit..... bukan cuman 1 macam penyakit... hrus bsa ini.. bisa itu.. yha capek banget pokoknya....

wajar donk klo org yg gak terbiasa sakit <- curhat lagi HAMMER HEAD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
blue_berry
Advanced
Advanced


Contribute : 45
Jumlah posting : 1840

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 21:36

ka hank HAMMER HEAD padahal ga usah CP balik good
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Wed 15 Feb 2012 - 22:10

ngakak iya juga sih. salah ngasi obat bisa jadi masalah besar.


blue: ga papa blue.
kalo ada orang yg bilang makasih harus menjawab dengan kata sama-sama.
aku juga gt ber peaceee....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
blue_berry
Advanced
Advanced


Contribute : 45
Jumlah posting : 1840

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Thu 16 Feb 2012 - 0:02

Hankz wrote:
ngakak iya juga sih. salah ngasi obat bisa jadi masalah besar.


blue: ga papa blue.
kalo ada orang yg bilang makasih harus menjawab dengan kata sama-sama.
aku juga gt ber peaceee....

oke deh ka... makasih ya good
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
se7en
Case Maker
Case Maker


Age : 22
Contribute : 34
Jumlah posting : 1463
Lokasi : Purwokerto

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Fri 17 Feb 2012 - 17:26

cp hankz good
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ryuzakifaiz.blogspot.com/
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Fri 17 Feb 2012 - 17:54

CP sent back hihihi...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
nekochan
Advanced
Advanced


Age : 20
Contribute : 41
Jumlah posting : 1100
Lokasi : INDONESIA

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Sat 18 Feb 2012 - 11:30

koryusai wrote:

huft yha wajar donk kak... farmasi thu cpek bgt.. banyak hapalannya... banyak prakteknya... de el el... >> kok malah curhat HAMMER HEAD

tapi kayak nya seru kagum
kia jadi tau, kalo ngebunuh orang harus nge bunuh gimana biar langsung mati..
kan dosa kalo nyiksa dulu terus di bunuh.. kagum
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Dr.Hankz
Case Maker
Case Maker


Contribute : 43
Jumlah posting : 1351
Lokasi : Pangandaran

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Sat 18 Feb 2012 - 12:45

nekochan wrote:
koryusai wrote:

huft yha wajar donk kak... farmasi thu cpek bgt.. banyak hapalannya... banyak prakteknya... de el el... >> kok malah curhat HAMMER HEAD

tapi kayak nya seru kagum
kia jadi tau, kalo ngebunuh orang harus nge bunuh gimana biar langsung mati..
kan dosa kalo nyiksa dulu terus di bunuh.. kagum

Hah yang namanye ngebunuh tetep aja dosa kan :woy:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
koryusai
Advanced
Advanced


Age : 21
Contribute : 30
Jumlah posting : 687
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Buta Warna??   Sat 18 Feb 2012 - 17:37

nekochan wrote:
koryusai wrote:

huft yha wajar donk kak... farmasi thu cpek bgt.. banyak hapalannya... banyak prakteknya... de el el... >> kok malah curhat HAMMER HEAD

tapi kayak nya seru kagum
kia jadi tau, kalo ngebunuh orang harus nge bunuh gimana biar langsung mati..
kan dosa kalo nyiksa dulu terus di bunuh.. kagum

tambahan: kita juga bisa buat racun sendri buat TNT sendiri... hehehehee...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Buta Warna??   Today at 2:38

Kembali Ke Atas Go down
 

Buta Warna??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Net Detective Indonesia :: Warung Net Detective Indonesia :: Re-Post and Re-Discuss!-