IndeksP O R T A LCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 9 Kejanggalan Kasus Antasari

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Jimmy Bullseye
Advanced
Advanced
avatar

Age : 37
Contribute : 5
Jumlah posting : 116
Lokasi : DKI Jakarta

PostSubyek: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Tue 4 Jan 2011 - 16:48



KabarIndonesia - Langit mendung masih terus menggelayut di bumi Nusantara. Semboyan para penegak hukum, “Keadilan harus ditegakkan meskipun langit runtuh!” (dari frase Latin, “Fiat justitia, ruat coelum”) akan diucapkan oleh dua orang berlawanan: yang satu dari dalam keteguhan hatinya (yang tulus), dan yang lain dari mulut dan kekuatan ("vulus"), ya uang ataupun kepentingan lainnya. Rakyat bingung tentang penegakkan hukum di negara hukum kita.

Seperti pemberitaan umumnya, Antasari Azhar diduga bekerja sama dengan pengusaha Sigid Haryo Wibisono untuk membunuh Nasrudin Zulkarnaen, direktur PT Rajawali Putra Banjaran dengan alasan yang belum jelas. Antasari menolak semua tuduhan termasuk perselingkuhan yang menjadi motif utama pembunuhan tersebut dan mengaku tetap setia kepada Ida Laksmiwati yang telah menjadi istrinya selama lebih dari 26 tahun.

Statusnya sebagai tersangka membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 4 Mei 2009 memberhentikannya sementara dari jabatannya sebagai ketua KPK. Antasari pun didakwa dengan hukuman mati dan divonis penjara selama 18 tahun pada sidangnya yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, tanggal 11 Februari 2010.

Dalam persidangan, Ketua Majelis Hakim Herry Swantoro menyatakan, semua unsur sudah terpenuhi antara lain, unsur barang siapa, turut melakukan, dengan sengaja, direncanakan, dan hilangnya nyawa orang lain. Majelis hakim menyatakan perbuatan terdakwa sudah memenuhi unsur Pasal 55 KUHP sehingga majelis hakim tidak sependapat dengan pledoi terdakwa dan kuasa hukumnya. Atas vonis tersebut, Antasari merencanakan akan mengajukan banding dengan hasil putusan dissenting opinion: dua Hakim Agung menguatkan putusan dan satu hakim Agung tidak sepakat Antasari dihukum.


Sembilan Kejanggalan

Pertama, motif pembunuhan direktur PT. PT. Rajawali Putra perlu diperdebatkan secara serius. Betapa pun ada komunikasi Antasari Azhar dengan Rani, sehebat apa Rani menjadi begitu istimewa.

Kedua, perlakuan terhadap Rani selama tahapan penyelidikan dan penyidikan menimbulkan banyak kontroversi. Rani diproteksi secara berlebihan oleh Kepolisian dan menimbulkan tanya di tengah masyarakat.

Ketiga, dakwaan terhadap Antasari Azhar yang disampaikan jaksa Cirus Sinaga, selain membingungkan Antasari Azhar sesama bekas korps Kejaksaan, dakwaan oleh Cirus Sinaga menjadi babak keanehan tersendiri. Tanggal 8 Oktober 2009, Antasari menyatakan tidak memahami dakwaan Jaksa. Cirus menjawab, "Secara gamblang bahwa yang didakwakan kepada terdakwa adalah perbuatan melakukan pembujukan bersama-sama dengan Sigid Haryo Wibisono dan Kombes Pol. Wiliardi Wizar untuk melakukan pembunuhan menghilangkan nyawa korban Nasrudin Zulkarnaen. Adapun orang yang dibujuk saksi Eduardus Ndopo Mbete," jelas Cirus.

Keempat, manipulasi seksualitas Rani-Antasari, dianggap bahkan melampaui batas kepatutan di sebuah persidangan dengan tanpa manfaat hukum, kecuali pemburukan citra calon terdakwa untuk mendapat pengaminan publik.

Kelima, penarikan BAP oleh Pelaku di Lapangan Eduardus Ndopo Mbete.

Keenam, penarikan BAP oleh Kombes Wiliardi Wizard. Hari Selasa (10/11/2009), ia memutuskan untuk mencabut semua pernyataannya di BAP karena itu semua dibuat atas dasar rekayasa penyidik polisi. “Saya nyatakan semua BAP tidak berlaku. Yang (akan) kami pakai adalah BAP tanggal 29 April 2009 dan 30 April 2009 dan yang (kami) katakan di sini,” kata Williardi mengawali kesaksiannya. Pernyataan lainnya, sehari sebelumnya, “Malam ini juga saya siap disumpah mati kalau saya menugaskan itu, saya siap disumpah mati karena ini demi keluarga saya. Tidak ada perintah dari saya kepada mereka untuk menghabisi orang itu (Nasruddin),” kata Williardi di Pengadilan Negeri Tangerang, Senin (9/11/2009).

Ketujuh, bila hakim berkeyakinan akan tindakan Antasari Azhar, maka hukumannya seharusnya Penjara Seumur Hidup karena tingkat kejahatan, penyertaan dan konspirasi oleh pejabat negara. Dihukum 18 tahun “saja”, mestinya mengherankan dari sudut pandang dan alasan hakim yang menjatuhkan vonis.

Kedelapan, banding pada tingkat Mahkamah Agung, adanya dissenting opinion. Dari tiga hakim, satu yang menghendaki Antasari dibebaskan.

Kesembilan, adanya dugaan konspirasi dalam kasus Antasari Azhar mestinya mendapat perhatian SATGAS Mafia Hukum. Masyarakat (mestinya) terkejut dan bertanya, bila menyadari kalau Satgas Mafia Hukum tampak membiarkan dan tidak melakukan apapun untuk membela hak-hak hukum Antasari. Seluruh kejanggalan menimbulkan kejanggalan-kejanggalan lainnya dengan sendirinya.

Ketika hari Senin (3/1/2011) Antasari dipindahkan ke Lapas Cipinang, Jakarta, seluruh proses hukum atas dirinya menjadi bagaikan awan pekat berarak menuju gerbang-gerbang penegakkan hukum dalam benak saya. Antasari Azhar, tentu bukan malaikat seperti sebagian kita. Tetapi, ia tidak patut dihukum untuk sebuah perkara yang mestinya ditertawakan masyarakat.

Tetapi sukses perapihan perkara ini sebagai suatu kriminal, hanya "bersih" untuk masyarakat kebanyakan. Bagi praktisi hukum (mestinya), segala proses ini telah menjadi sebuah tragedi hukum, bagi mereka yang memiliki common-sense. Pernah menjadi seorang mantan Jaksa berprestasi, Ketua KPK yang disegani, tiba-tiba menjadi pesakitan. Jenis keadilan seperti apa yang sedang kita tegakkan, jika langit benar-benar runtuh? (*)

Oleh : Berthy B Rahawarin | 04-Jan-2011, 01:41:04 WIB
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://thecrawlingbullseye.tumblr.com/
D'
Villain
Villain
avatar

Contribute : 77
Jumlah posting : 1741

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Wed 5 Jan 2011 - 22:20

pertamax gan !!! Siul-siul
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
The Dark Angelo
Case Maker
Case Maker


Age : 22
Contribute : 15
Jumlah posting : 837
Lokasi : didekat tikungan,belok sedikit

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Thu 6 Jan 2011 - 14:41

nyimak dlu gan...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
kirashi
Advanced
Advanced
avatar

Age : 24
Contribute : 5
Jumlah posting : 158
Lokasi : DKI Tebet

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Tue 11 Jan 2011 - 3:30

soal motif pembunuhannya itu udah fix gara" cw bukan sih ? study
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kirashiselamanya.blogspot.com
Jimmy Bullseye
Advanced
Advanced
avatar

Age : 37
Contribute : 5
Jumlah posting : 116
Lokasi : DKI Jakarta

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Fri 14 Jan 2011 - 8:20

Belum fix cewe juga sich... bahkan ini masih dipertanyakan... apakh benar ANtasari yang mebunuh..

semua korban, saksi, bukti seperti udah disiapkan..

bahkan... menurut pengacara antasari..... Ada satup bukti yang hilang...

apa itu? kita kurg tau
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://thecrawlingbullseye.tumblr.com/
M.O.P.
Advanced
Advanced
avatar

Age : 27
Contribute : 31
Jumlah posting : 1336
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Sat 22 Jan 2011 - 14:39

diatas g dsebutin mslh pistolny ya?

kesaksian supir: dia (pelaku) mnembak 3x, & temponya cpet

tapi. .

pstol yg dpake eksekutor g mngkin bsa dpake ma eksekutorny. . dy bkn ahli tmbak. .

aq liat tngannya, dgn tngan bgitu dy g bsa nmbak scepat itu dgn tipe pistolnya. . (aq lpa tipenya. .)

power pstolnya tinggi, untuk bsa stabil mnembak pke itu, hrus udh ltihan minimal 3000 pluru. .

g mngkin plaku latihan dlu. . kcuali. . dy emg prnah platihan menembak. . (udh tw lah, yg dpt platihan mnembak di indonesia sp aj. .)

sngkatnya, eksekutor asli bkanlah org itu. . tpi org lain. .

Polisi udh trtipu, atau mreka udh nyiapin trsangka palsu. .
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://masterofpuzzle.blogspot.com/
kirashi
Advanced
Advanced
avatar

Age : 24
Contribute : 5
Jumlah posting : 158
Lokasi : DKI Tebet

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Sun 20 Feb 2011 - 4:20

hei hei hei :menggila:
ini kasus masih mengambang kah ? study
soalnya cw yang bikin antasari di penjara katanya abis beli 2 mobil mewah dan buka udaha rumah makan gitu loh... hihihi...

___________
Cinta yang hilang , atau cinta yang pergi , sesungguh nya dia hanya bersembunyi . dan tetap menunggu untuk di temukan kembali .
Spoiler:
 

SAYANG KALIAN SEMUA..... ngacir
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kirashiselamanya.blogspot.com
Abby
Newbie
Newbie
avatar

Age : 24
Contribute : 0
Jumlah posting : 1
Lokasi : Depok

PostSubyek: Brilliant Trap   Fri 22 Apr 2011 - 11:29

Kemungkinan itu jebakan yang dilakukan orang-orang kotor yang waspada pada pak antasari!!!!!!!!!!!!! Evil or Very Mad
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
phantom
Case Maker
Case Maker
avatar

Age : 24
Contribute : 2
Jumlah posting : 441

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Sun 24 Apr 2011 - 12:14

yang paling ini sih ada konspirasi juga sih
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Furamori
Newbie
Newbie
avatar

Age : 26
Contribute : 0
Jumlah posting : 11
Lokasi : Furamori's Castle

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Sun 24 Apr 2011 - 17:40

kemungkinan hal itu karena status antasari saat itu menjadi ketua KPK dan menangani berbagai kasus korupsi beberapa petinggi negara, secara simple mungkin ada sedikit campur tangan pemerintah dalam status antasari yg saat ini menjadi terdakwa, soal kasus pembunuhan mohon diingat bahwa saat itu sang korban menjadi informan antasari dalam menangani kasus korupsi di perusahaan korban jd ini adalah dua kasus berbeda yg saling memanfaatkan Smile
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.monseurbutterfly.wordpress.com
e_y_y_i
Newbie
Newbie


Contribute : 0
Jumlah posting : 12

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Sat 22 Oct 2011 - 19:03

haish...yang korupsi berpuluh2 milyar aja gak sampai segitunya kok dihukumnya. bzz banget deh hukum di negara ini -..-
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
e_y_y_i
Newbie
Newbie


Contribute : 0
Jumlah posting : 12

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Sat 22 Oct 2011 - 19:05

haish...pejabat yang korupsi sampai bermilyar-milyar aja gak segitunya kok dihukumnya.. bzz banget sih hukum di negara ini -..-
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Ceretos
Newbie
Newbie


Contribute : -5
Jumlah posting : 82

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Tue 20 Dec 2011 - 12:18

loh kok kalian tuduh Rani sih ?? kan sejak awal mulanya Rani itu Istri sekian dari Nasrudin!
nah aneh dari keterangan Rani dulu di MetroTv adalah
Rani ikut dibawa oleh Nasrudin buat ketemu ama Antasari .

catatan : Rani kena Nasrudin di lapangan Golf soal Rani bertugas sebagai pembawa tongkat Golf dan pengantar pemain Golf di Lapangan Golf di Jakarta .

intinya dari situ berbuah cinta akhirnya nikah deh , catatan juga Antasari juga suka bermain golf di tempat yang sama .

menurut Rani , Antasari dan Nasrudin ga saling kenal , jadi di lapangan golf itu Rani juga kenal Antasari .

nah suatu hari setelah menikah , Nasrudin minta Rani bantuin saudara Nasrudin soal pekerjaan ke Antasari .
( di sini aku mulai bingung )
entah gimana aku rada lupa tiba2 pertemuan untuk membantu saudara Nasrudin diadakan di hotel !
nah Rani janjian ketemu Antasari di hotel , tapi dianteri Nasrudin , tapi Nasrudin ga ikut masuk ke kamar tapi sarani Rani buat nyalain HP - jadi klo ada apa2 Nasrudin bisa bantuin Rani .

abis itu bla - bla , Nasrudin masuk nuduh Antasari apa - apain Rani .

intinya Antasari minta maaf !
cuma anehnya Rani bilang putus asa.... Antasari ga melakukan pelecehan seksual ato lebih parah dari itu lebih tepatnya Antasari agak marah gitu .

akhirnya Nasrudin dan Rani pergi .
tapi masalah belum selesai menurut Rani , Antasari pernah telepon ke HP menanyain kok masalah di Hotel belum selesai , isi SMS ditayangi juga Rani di MetroTV .
aku rada isi pesan tapi intinya Antasari minta , masalahnya diselesaikn baik dan dia merasa tidak melakukan kesalahan dan jangan terlalu percaya kata Istrimu .
( maybe ingatan kira isi pesan mendekati sekitar 50% )
dan pesan berikutnya aku lupa deh .

abisnya yah Rani ga tau apa2 !!


Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
kimiapalu
Newbie
Newbie


Age : 25
Contribute : 0
Jumlah posting : 9
Lokasi : Palu

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Tue 17 Sep 2013 - 23:29

Sampe hari ini, saya juga merasa aneh dengan kasus antasari, seperti ditutupi oleh kabut. Kesaksian palsu, bukti yang dibuat-buat ekesekutor yang tampak mencurigakan. Seperti ada dalang dibalik ini semua. Mungkin ini konspirasi untuk menjatuhkan kredibilitas KPK untuk membongkar kasus korupsi beasr di negeri ini terutama Polri
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Takatsuka Naito
Advanced
Advanced
avatar

Age : 25
Contribute : 22
Jumlah posting : 248
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Wed 18 Sep 2013 - 0:24

Saya coba menganalisa kejanggalan-kejanggalan yang ada.

Pertama, ada kesan bahwa penyidik kepolisian membuat-buat motif pembunuhan Nasrudin dengan terburu-buru. Motif pembunuhan hanya karena Rani adalah sesuatu yang aneh dan konyol untuk seseorang seperti Antasari (Antasari punya banyak urusan lain yang lebih penting ketimbang Rani). Disini terlihat sekali bahwa ada ketakutan yang berlebihan dari pihak kepolisian terhadap Antasari dan juga Nasrudin, karena yang Antasari adalah ketua KPK dan Nasrudin adalah orang yang memberikan informasi kepada Antasari terkait kasus korupsi yang menyeret beberapa petinggi negara.

Kedua, proteksi yang berlebihan terhadap Rani kemungkinan besar adalah cara polisi untuk memuluskan niat jahatnya dalam memalsukan kesaksian Rani. Dengan proteksi yang berlebihan, maka polisi lebih banyak mendapat porsi waktu untuk bersama Rani, sehingga polisi dapat mempengaruhi Rani untuk membuat kesaksian palsu yang memberatkan Antasari. Selain itu Rani juga akan semakin sulit untuk bertemu dengan Antasari dan orang-orang lainnya, sehingga pengaruh dari polisi tidak akan berbenturan dengan pengaruh dari Antasari dan orang-orang lainnya.

Ketiga, Antasari tidak paham dengan dakwaan Jaksa Cirus Sinaga karena mungkin Antasari bingung dengan dakwaan yang entah asalnya dari mana, dengan menyeret nama-nama yang sebelumnya tidak terseret kasus ini pula. Tandanya Cirus Sinaga juga sudah bermain dengan para petinggi dan penyidik kepolisian. (Akhirnya kan Cirus juga dinyatakan bersalah di dalam kasus lain yang terkait ini)

Keempat, penarikan BAP oleh Kombes Wiliardi Wizard memperlihatkan bahwa ia sebenarnya pada awalnya tidak mengetahui apa-apa, namanya diseret oleh Cirus Sinaga yang berkerjasama dengan penyidik kepolisian.

Kelima, hakim menjatuhkan 18 tahun saja kepada Antasari meskipun hakim yakin Antasari membunuh Nasrudin (padahal seharusnya seumur hidup), itu karena hakim juga sudah terlibat permainan. Hakim tahu bahwa Antasari selama di tahanan mungkin bisa diajak kerjasama (dengan suap atau iming-iming pemulihan nama baik mungkin) untuk menghentikan semua kasus korupsi yang sedang diselidiki KPK, sehingga Antasari masih diberi kelonggaran hukum sebagai imbalan apabila Antasari mau bekerjasama dengan polisi.

Keenam, SATGAS Mafia Hukum bungkam karena mungkin sudah terlibat juga di dalam konspirasi ini.

Btw, kasus Antasari ini akhirnya tenggelam juga dengan munculnya kasus-kasus lain, yang sebenarnya itu juga disetting untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari kasus ini, dengan memanfaatkan pemberitaan melalui media.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://naito-intelligent.weebly.com
Chezella Eclair
Case Solver
Case Solver
avatar

Age : 23
Contribute : 100
Jumlah posting : 795
Lokasi : Alice's Wonderland

PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    Sat 1 Feb 2014 - 11:23

sudah ada yg mengungkap kebenaran tentang kasus ini. meski dia sembunyiin identitasnya lewat twitter. menurutnya itu semua sudah diatur sama si bejat yg tertinggi disini. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://dearchiigo.blogspot.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: 9 Kejanggalan Kasus Antasari    

Kembali Ke Atas Go down
 

9 Kejanggalan Kasus Antasari

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Net Detective Indonesia :: Net Detective Office :: Real Case File-